Tips Jitu agar Bisnis Kamu Go International

Mengembangkan sebuah bisnis membutuhkan usaha besar. Banyak aral merintang yang akan kamu hadapi di depan, termasuk mengepakkan sayap hingga ke mancanegara.

Siapa yang tidak ingin punya bisnis bermain dalam skala yang lebih luas? Salah satunya adalah go international.

Inilah cita-cita besar setiap para pengusaha. Tidak hanya merajai pasar dalam negeri, namun juga merambah ke luar negeri.

Kedengarannya sulit untuk mencapai ambisi go international. Tetapi tidak ada yang mustahil. Begini caranya agar bisnismu menjadi pemain global:

Baca Juga: Penjual Cerdas, Begini Cara Tentukan Harga Jual Produk di E-Commerce Biar Untung

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Bisnis
Bisnis go international adalah mimpi semua pengusaha

1. Pelajari kelebihan produk

Setiap produk memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing, termasuk produkmu sendiri. Karenanya penting mengenali keunggulan produk untuk memudahkan proses pemasaran.

Tidak hanya sekadar kualitas, tetapi juga harga dan segi packaging. Kelebihan inilah yang akan membedakan produkmu dengan pesaing. Kemudian memudahkan konsumen saat membeli barang.

Sebaiknya cantumkan kelebihan produk dalam kolom deskripsi. Ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan oleh konsumen sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli barang. 

2. Kenali kebutuhan konsumen

Kebutuhan setiap konsumen berbeda-beda dan ini menjadi tugasmu untuk mencari tahu. Sebaiknya lakukan riset pasar untuk mendalami kebutuhan konsumen.

Jadi kamu tahu apakah konsumen membutuhkan produkmu setiap saat atau hanya musiman saja. Riset dapat dilakukan dengan terjun langsung ke lapangan atau melalui fitur Q&A di sosial media.

Riset tersebut sangat berguna untuk mencegah adanya produksi barang yang mubazir. Dengan begitu, setiap barang yang diproduksi atau dijual di pasar benar-benar laku.

Kalaupun ada sisa, jumlahnya dapat dihitung. Poin terpenting adalah kamu tidak merugi. Baik dalam nilai kecil maupun besar.

Baca Juga: 10 Tips Mengatur Keuangan Selama Jadi Pengangguran

3. Tingkatkan kualitasnya

Kualitas produk yang dijual di dalam negeri tentu berbeda dari luar negeri. Namanya juga sudah kancah internasional, kualitasnya harus lebih baik.

Sebab biasanya standar dunia dengan lokal sangat jauh. Oleh karena itu, kualitas produkmu harus terus ditingkatkan.

Peningkatan kualitas dapat dilakukan dengan mengganti material, menambah variasi warna, hingga model dari produk itu sendiri. Jangan sampai produkmu mengecewakan konsumen asing.

Dengan meningkatnya kualitas, kamu sendiri dapat menambah harga jualnya. Jadi, keuntungan dipastikan lebih besar dibandingkan menjual produk di negeri sendiri.

Bisnis
Agar dapat menjadi pemain global, kamu harus punya strategi produk dan pemasaran yang tepat

4. Lakukan pemasaran yang bagus

Tingkat persaingan bisnis di internasional sangat tinggi dengan lebih banyak kompetitor andal. Kamu harus memikirkan strategi pemasaran yang bagus agar produkmu berhasil dikenal masyarat luar negeri. 

Selain menggunakan sosial media atau website, sebaiknya jalin kerjas ama dengan influencer atau content creator lokal di negara tempatmu memasarkan produk. Jadi, proses pengenalan produknya jauh lebih cepat daripada cuma mengadakan promosi di sosial media.

Memang, kamu harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar untuk bisa melakukannya. Tapi, kamu tidak perlu khawatir karena biaya ini nantinya akan sepadan dengan keuntungan yang didapat apabila pemasarannya tepat. 

5. Palajari regulasinya

Regulasi pemasaran di tanah air dan di luar negeri tentu berbeda. Pelajari aturan, hukum perdagangan internasional untuk mengetahui ketentuan berbisnis di negara orang lain.

Pelajari pajak, bea cukai, hingga pendistribusian barang sesampainya di luar negeri. Mengingat persyaratan go international cukup kompleks, ada baiknya luangkan waktu khusus untuk mendalami ilmunya.

Jika kamu gagal, ada kemungkinan bisnismu menjadi mandek atau malah disita di luar negeri. Kamu bisa belajar dari buku, internet, atau sesama pebisnis yang sudah lebih dulu go international. Serap ilmunya, lalu aplikasikan ke bisnismu.

Baca Juga: Pinjaman KTA Buat Dana Darurat, Boleh atau Tidak?

6. Jalin kerja sama dengan pihak logistik

Tips agar dapat go international selanjutnya adalah menjalin kerja sama dengan pihak logistik. Pastikan logistik yang bersangkutan beroperasi di banyak negara, terutama di negara-negara tempatmu mengekspor produk.

Alhasil, kamu tidak perlu menggunakan logistik yang berbeda selama berbisnis. Ketahui harga yang dibebankan per produk yang dikirimkan, bagaimana mekanisme pembayaran, dan melalui bank apa pembayaran dilakukan.

Jika memungkinkan, kamu dapat menegosiasikan ongkos kirim barang untuk meringankan biaya pengiriman kepada konsumen. Misalnya, menetapkan pembelanjaan minimum untuk mendapatkan ongkos kirim gratis.

Bisnis
Ekspansi agar bisnis melangkang buana ke berbagai negara

7. Buat perencanaan sematang mungkin

Mengingat bisnis bukan rencana perjalanan singkat, kamu tidak bisa beraksi tanpa adanya perencanaan yang matang. Hasilnya bisa-bisa kurang maksimal, bahkan berpotensi mendatangkan kerugian yang besar.

Sebaiknya buat perencanaan terlebih dahulu sebelum akhirnya melakukan eksekusi untuk go international. Mulai dari orang-orang yang akan berkontribusi di dalam bisnis, kapasitasmu, dan modal.

Pastikan semuanya terintegrasi dengan baik untuk menghindari adanya miskomunikasi yang dapat menghambat kelancaran perjalanan bisnis, baik hari ini maupun di kemudian hari.

Pelajari Risiko Berbisnis untuk Go International

Jika kamu ingin sukses berbisnis di kancah internasional, silakan terapkan tips-tips di atas dalam perjalanan bisnismu. Satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah pelajari risiko yang mungkin muncul saat berbisnis di negeri orang.

Jadi, kamu dapat membuat perencanaan untuk mengantisipasi risiko-risiko yang nantinya muncul.

Baca Juga: Begini Caranya Bisa Nabung Tanpa Harus Makan Mi Instan Tiap Hari