Tips Jitu Memilih Hadiah Natal

Yay! Natal sudah dekat, bagi yang merayakan Natal, tentunya berbagi hadiah atau bertukar kado dengan orang terkasih menjadi salah satu tradisi natal yang tidak boleh dilewatkan. Tradisi tukar kado atau hadiah diyakini tidak hanya membuat suasana Natal semakin terasa tapi juga bisa mempererat hubungan persaudaraan baik dengan keluarga dan kerabat-kerabat dekat.

Karena itu, sangatlah penting untuk bisa memberikan kado yang tidak hanya cantik dan bagus, tapi juga tepat dengan kebutuhan dan kepribadian calon penerima kado kamu.

Tips Temukan Kado Natal yang Tepat untuk Orang Terkasih

Tak dipungkiri, terkadang adanya beragam pilihan hadiah Natal menjelang hari perayaan Natal kerap membuat bingung. Oleh sebab itu, coba untuk luangkan waktu sejenak sembari memikirkan hadiah yang sesuai berdasarkan kesukaan, hobi, atau kepribadian penerima kado Anda. Sebagai inspirasi, berikut tips jitu pilihan ide hadiah natal yang bisa menjadi referensi Anda sebelum membeli kado bagi keluarga, teman dan orang terkasih: 

Hadiah Natal untuk Orang Tua

Cermat Memilih dan Berbelanja Kado Natal via youwall.com

  • Buku/Novel

Buku dengan tema tertentu atau hobi akan menjadi kado natal yang bermakna untuk orang tua Anda. Tips: carilah informasi dan belilah buku/novel atau bacaan lainnya yang sedang menjadi kesukaan atau kegemaran orang tua Anda. Semisal, buku yang mengulas tentang kesehatan, motivasi, cerita perjalanan, dan lain-lain. Jangan lupa, bungkus kado Anda dengan kertas kado bernuasa Natal dan sisipkan kartu ucapan selamat natal.

  • Cetak Foto/Lukisan  

Hadiah sederhana berupa foto atau lukisan wajah kedua orang tua Anda, lengkap dengan bingkai foto indah bisa menjadi kado indah. Tips: Anda bisa mengunakan jasa pelukis wajah yang bisa ditemui di kawasan Kota Tua, Pasar Baru, Blok M Mall, Kalibata Mall, atau jasa melukis online. Sertakan juga kartu ucapan Selamat Natal untuk orang tua terkasih.   

  • Parfum

Parfum dengan aroma kesukaan orang terkasih bisa menjadi kado natal yang berbeda. Tips: beli parfum dengan wangi kesukaan atau merek tertentu yang menjadi favorit orang tua Anda, bungkus dengan kertas kado unik yang dilengkapi dengan kartu ucapan natal.

  • Tiket Liburan/Kuliner

Sepasang tiket liburan atau voucher makan bisa menjadi alternatif kado natal yang bermakna untuk orang tua. Terlebih jika kedua orang tua Anda menyukai jalan-jalan ke tempat baru, wisata kuliner, atau menikmati pemandangan alam. Tips: carilah informasi tempat wisata yang belum pernah dikunjungi. Kado ini akan membuat orang tua merasa bahagia dan senang. Tak perlu tergesa-gesa membeli tiket berlibur atau memesan tempat liburan. Hadiah tiket liburan/voucher makan di restoran favorit ini bisa Anda selipkan di dalam kartu ucapan Anda.

Baca Juga: Tempat Liburan di Bandung yang Memberi Arti Beli Pengalaman yang Sesungguhnya

Hadiah Natal untuk Istri

Perhiasan Menjadi Pilihan Kado Natal yang Menarik via static.shop033.com

  • Perhiasan

Menghadiahkan perhiasan untuk istri tercinta menjadi pilihan kado natal yang indah sekaligus bermakna. Tips:  ketahuilah perhiasan favorit istri, apakah sepasang anting, cincin, kalung, atau gelang. Lalu, berikan kado perhiasan tersebut dengan kartu ucapan natal untuk membuat hadiah natal lebih bermakna.  

  • Sepatu/Tas

Every women love shoes and bags. Kado natal berupa sepatu atau tas bisa menjadi pilihan ide menarik dan bermanfaat untuk istri Anda. Tips: ketahuilah ukuran, jenis sepatu hingga warna atau tipe tas kesukaan pasangan Anda. Lalu, berikan kado yang sesuai dengan keinginan pasangan. Anda juga bisa memberikan kado sepatu dan tas dengan warna yang senada. Dijamin, pasangan Anda akan sangat bahagia menerima kado dari Anda, apalagi jika barang tersebut sudah lama diidam-idamkan.   

  • Jam Tangan

Khusus untuk kado natal, pilihlah jam tangan yang unik dan klasik. Anda bisa juga membeli hadiah sepasang jam tangan couple untuk Anda dan istri. Tips: carilah jam tangan dengan merek, warna, dan tipe yang menjadi kesukaan pasangan Anda agar tidak salah pilih. Ingat selalu untuk belanja sesuai budget ya! 

Baca Juga:10 Tempat Belanja Termurah di Jakarta

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Hadiah Natal untuk Suami

Lego menjadi salah satu hadiah Natal yang edukatif via ibrickcity.com

  • Barang Koleksi

Hadiah berupa barang koleksi akan menjadi kado unik natal untuk suami. Umumnya, pria memiliki koleksi sesuatu yang membuat mereka bangga. Misalnya, koleksi action figure, jam tangan, atau buku komik edisi perdana. Tips: untuk mendapatkan kado yang cocok, carilah tahu apa  koleksi suami Anda lalu belilah kado yang bisa menambah pasangan semangat karena koleksinya menjadi makin lengkap dan bertambah. 

  • Baju Baru

Baju baru seperti kemeja, batik, kaos, maupun celana dengan warna dan merek kesukaan suami bisa menjadi kado natal yang bermanfaat. Tips: kenali ukuran baju suami Anda, carilah warna atau motif yang belum pernah dimiliki. Dijamin, kado pakaian baru akan membuat suami Anda makin bahagia di hari Natal.

Hadiah Natal untuk Anak/Ponakan

Hadiah Natal Anak

Hadiah Natal Anak via spottygreenfrog.co.uk

Pilih hadiah yang bersifat edukatif. Belilah mainan anak-anak yang bisa merangsang anak untuk kreatif dan aktif. Misalnya, buku cerita, buku mewarnai, puzzle, atau lego. Tips: carilah kado mainan edukatif yang sesuai dengan umur anak/ keponakan Anda. Alternatif lainnya, Anda bisa membelikan boneka santa claus, DVD edukasi, maupun lego.

Baca Juga: Belanja Online Jadi Hemat dengan Kartu Kredit dengan 8 Cara Ini  

Hadiah Natal untuk Teman Kerja

Buat Kartu Ucapan Natal Desain Sendiri via americancrafts.com

  • Kue Natal, Parsel, dan Mug Cantik

Beragam kue Natal, paket cemilan khas Natal, atau bingkisan parsel bisa menjadi kado natal yang cocok untuk kerabat maupun teman kerja Anda. Untuk mug, Anda bisa memesan mug kopi/teh cantik dari hasil desain sendiri. Tips: carilah desain yang unik seperti foto beserta kalimat motivasi dari referensi internet. Lalu, Anda juga bisa memesan dan beli mug cantik nan unik secara online dan mengirimkan langsung ke rumah kerabat, bos atau teman kerja Anda. 

  • Kartu Ucapan Natal

Hadiah yang paling sederhana adalah kartu ucapan selamat Natal. Tips: usahakan untuk mendesain sendiri kartu natal versi Anda dengan memanfaatkan beragam ide referensi contoh kartu ucapan Natal dari internet. Lalu, gunakan jasa cetak kartu via online dan jasa pengiriman kartu online kepada kerabat, bos, atau teman kerja Anda. 

Tips Hemat Belanja untuk Tukar Kado/Hadiah di Hari Natal

Tahukah Anda bahwa membeli kado natal yang menarik tidak harus mahal?

Apapun jenis kado natal yang ingin Anda beli untuk orang terkasih, tetap harus disesuaikan dengan anggaran yang ada. Sebab itu, di dalam catatan perencanaan belanja kado Anda, buatlah daftar nama orang-orang terkasih yang akan mendapatkan kado dan sertakan jenis hadiah, hingga dana yang dianggarkan.

Lalu kapan waktu yang pas belanja kado Natal?

Umumnya, seminggu sebelum hari Natal tiba adalah moment yang tepat untuk belanja, apalagi ada banyak promo/diskon digelar di berbagai pusat perbelanjaan atau mall maupun toko online (e-commerce).  

Nah, supaya belanja kadonya tidak kalap dan tetap fokus, sebelum belanja online maupun offilne, sangat dianjurkan untuk membuat perencanaan belanja. Kenapa? Karena cara ini efektif untuk mempermudah Anda menemukan hadiah Natal yang cocok bagi keluarga, istri/suami tercinta, anak atau keponakan tersayang, hingga teman kantor. Selain itu, daftar belanja akan membuat Anda lebih fokus pada tujuan awal yakni menemukan kado Natal bukan belanja untuk kesenangan/keinginan pribadi. 

Cek selalu daftar tersebut agar Anda tidak berbelanja melebihi bujet. Belanja dengan cara ini akan membuat Anda menjadi lebih cermat, hemat dan lebih kreatif dalam memilih kado natal. Tentukan juga jenis pembayaran untuk pembelian kado, apakah uang tunai, debit, atau kartu kredit. Ini karena menjelang natal banyak promo belanja dengan kartu kredit sehingga nantinya akan lebih hemat.

Bijak Memilih Kado Natal

Sekarang, Anda tak perlu bingung ketika harus dihadapkan dengan situasi berbagi kado Natal. Selalu bijak dalam memilih kado Natal itu penting. Membeli kado Natal untuk keluarga, kerabat, teman kerja, hingga orang terkasih akan menjadi hal menyenangkan. Tipsnya, selalu buat perencanaan belanja hadiah, manfaatkan berbagai promo dan diskon kartu kredit dan tegas untuk belanja sesuai dengan budget. Prinsipnya, hadiah Natal yang menarik dan berkesan itu tidak harus mewah atau mahal. Selamat berbelanja.

Baca Juga: 10 Tradisi Natal Unik di Seluruh Dunia