Tips Jualan Online di TikTok Biar Bisnis Viral dan Banjir Orderan

Sosial media memang menjadi alat paling ampuh untuk memasarkan bisnis dengan cepat. Media sosial yang saat ini digunakan untuk bisnis bukan hanya Instagram dan Facebook saja, tapi juga tak sedikit juga yang memanfaatkan aplikasi joget alias TikTok.

Hal ini mengingat semakin banyak orang dari berbagai kalangan yang menggunakan TikTok, sehingga akan memudahkan pebisnis untuk mengenalkan bisnis dan produk yang dijual. Dengan mengunggah berbagai video koten promosi yang menarik, maka bisnis dan produk akan viral dan mudah mendapatkan target konsumen yang berujung kebanjiran orderan dari pengguna TikTok.

Bagi Anda yang memiliki bisnis dan ingin mencoba TikTok untuk memasarkan produk jualan, ada beberapa tips promosi produk bisnis di TikTok pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Jadikan Akun Bisnis

loader
Jadikan akun bisnis

Agar terlihat lebih professional, Anda wajib menggunakan akun bisnis di aplikasi TikTok. Berikut beberapa tahapan membuat akunnya:

  • Unduh aplikasi TikTok di Google Play untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOs
  • Daftar akun menggunakan data bisnis, mulai dari email, nama akun sesuai dengan nama toko, dan lainnya
  • Alihkan ke akun bisnis dengan cara:
  • Klik ‘Saya’
  • Klik tanda titik tiga yang ada di pojok atas
  • Klik ‘Kelola Akun Saya’
  • Klik ‘Alihkan ke Akun Bisnis’
  • Pilih kategori bisnis yang sesuai
  • Edit profil, mulai dari memasang foto akun yang menarik dan isi bio dengan keterangan bisnis yang lengkap
  • Tambahkan link jualan Anda di e-commerce

2. Buat Konten yang Menarik dan Lagi Tren

Mengunggah video dengan kualitas standar memang ada saja yang menontonnya, tapi kemungkinan besar pengguna TikTok tidak akan tertarik untuk melihat bisnis dan produk yang dijual. Untuk itu, sangat penting sekali membuat konten yang menarik.

Anda bisa secara bertahap dalam membuat konten. Misalnya konten pertama yang akan dibuat memperkenal bisnis, kedua berbagai produk yang dijual, sistem penjualan, packaging dan sebagainya. Anda juga bisa menyisipkan foto terkain konten dalam video. Biar konten promosi bisnis cepat viral, pilih lagu-lagu, filter yang lagi tren di kalangan pengguana TikTok.

Baca Juga: 6 Ide Bisnis yang Bisa Jadi Peluang Usaha Menguntungkan di Era New Normal

3. Maksimalkan Penggunaan Fitur

loader
Maksimalkan penggunaan fitur

Banyaknya fitur di aplikasi TikTok terkadang membuat pengguna jadi malas, padahal dengan memaksimalkan penggunakan fitur TikTok membuat konten video jadi lebih menarik perhatian target konsumen.

Berikut fitur-fitur TikTok yang bisa Anda coba dalam membuat konten promosi yang ciamik, antara lain:

  • Tambahkan musik
  • Voice changer function
  • Pakai sticjer dan Effect
  • Filter
  • Timer
  • Beautify

4. Buat Caption Menarik

Terkadang pengguna aplikasi media sosial, akun bisnis sekalipun hanya memposting konten saja tanpa melengkapi dengan caption yang jelas. Ini tentunya tidak akan menggambarkan produk yang jual.

Namanya ingin memperkenalkan bisnis dan produk tentunya Anda harus membuat caption yang jelas, bagus dan menarik. Misalnya saja, memberitahukan nama produk, bahan produk terbuat dari apa, harga produk dan lainnya.

5. Tambahkan Hastag

loader
Tambahkan hastag

Di media sosial penggunaan hastag sangat berpengaruh, sebab hastag membuat konten promosi bisnis dan produk bisa lebih cepat dikenal banyak orang. Gunakan hastag yang sesuai atau terkait dengan konten yang dibuat.

Contohnya, jika konten yang diposting mengenai produk baju, maka hastag yang digunakan #bisnisbaju #bajutiediye #bisnisrumahan dan lainnya.

Anda juga bisa menambahkan beberapa hastag yang sedang viral agar video konten banyak yang melihat, seperti #fyp #foryoupage #business dan masih banyak lagi. Nah, Anda bisa melihat hastag yang viral ini dengan klik ‘temukan’.

Dihalaman tersebut bukan hanya hastag yang viral saja, tapi juga banyak video-video viral yang bisa Anda jadikan inspirasi

6. Posting Konten di Waktu yang Tepat

Sembarang dalam memposting video tanpa kenal waktu hanya membuat Anda jadi lebih sia-sia. Bisa saja, video promosi yang dibuat tidak banyak dilihat orang. Agar video konten jualan banyak yang lihat dan cepat viral, cari waktu terbaik memposting konten.

Biasanya waktu terbaik adalah antara pukul 10 sampai 1 siang, atau malam hari. Sebab, pada jam tersebut, mulai dari anak sekolah, kuliahan, hingga pekerja akan mengisi waktu luang dengan menonton video TikTok.

Baca Juga: Tips Sukses Jalankan Bisnis Kuliner Saat New Normal

7. Pasang Iklan TikTok

loader
Pasang iklan

Anda juga bisa menggunakan TikTok Ads yang bisa membuat bisnis lebih dikenal luas. Sebelum itu, berikut beberapa jenis iklan yang tersedia dalam TikTok Ads, antara lain:

  • Pre-roll ads: Iklan Video yang dimulai setelah pengguna membuka aplikasi
  • In-feed ads: Iklan Video yang muncul saat pengguna scroll feed
  • Promoted hashtag challenges: Video yang mendorong para pengguna menggunakan tagar khusus
  • Branded effects: Filter efek khusus untuk digunakan oleh pembuat konten di video – mirip dengan yang ada di Snapchat dan Instagram tetapi menampilkan informasi khusus brand

Tidak Ada yang Sulit Jika Mau Belajar

Membuat video memang tidak semudah foto yang tinggal jepret kemudian edit sebentar langsung jadi. Sementara video, harus memikirkan konten, tahapan penghampilan gambar, suara atau lagu yang pas dan masih banyak lainnya.

Namun, bukan berarti Anda menyerah gitu saja. Dengan kemauan belajar yang tinggu untuk membuat video konten promosi menarik di TikTok, semuanya akan menjadi lebih mudah dan tentunya bisa membuat bisnis jadi lebih viral dan banyak yang order produk jualan sehingga mendapatkan untung berkali-kali lipat.

Baca Juga: 10 Tips Bisnis Frozen Food ini Bikin Jualan Laris Manis