4 Tips Liburan Hemat Menggunakan Kartu Kredit

Aktivitas sehari-hari yang padat tentu saja bisa membuat kamu menjadi suntuk dan bosan. Jika sudah merasakan hal tersebut, tentu saja yang dibayangkan adalah rehat sejenak dari segala macam aktivitas. Liburan bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk mengembalikan mood beraktivitas. 

Namun terkadang banyak yang berpikir ulang untuk liburan karena takut agenda tersebut malah membuat keuangan memburuk. Sedangkan saat ini masih belum memiliki keuangan yang baik untuk melakukan liburan dengan bebas. Karena liburan memang membutuhkan persiapan dana sebelumnya.

Untuk pengguna kartu kredit, ada beberapa tips liburan hemat yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan kartu kredit. Tapi kamu tetap harus mengontrol pengeluaran dan usahakan agar tidak kelewat batas terutama saat menggunakan kartu kredit karena pasti akan membuat keuangan memburuk.

Sudah penasaran apa saja tips liburan hemat dengan kartu kredit? Langsung saja mengenai beberapa tipsnya berikut ini.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Booking Paket Tour

loader

Di internet tersedia banyak paket tour dengan harga murah yang bisa dipilih jika masih takut untuk liburan hemat dengan backpacker. Tersedia banyak pilihan paket yang bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Kebanyakan paket tour sudah memberikan fasilitas lengkap yaitu mulai dari tiket pesawat pulang pergi ke negara yang dituju, pajak bandara dari tempat asal dan juga negara tujuan, hostel, konsumsi atau makan, transport selama dalam rombongan tour, surcharge bandara, sampai tiket masuk ke lokasi wisata tujuan. 

Kelengkapan fasilitas tersebut tergantung dari paket yang dipilih. Semakin mahal paket yang dipilih maka akan semakin baik fasilitas yang diberikan.

Maka dari itu, harus cermat dan jeli saat memilih jasa agen liburan dan juga paket yang disediakan. Jangan terpaku pada fasilitasnya saja. Pilih paket sesuai dengan budget yang dimiliki agar keuangan tidak memburuk setelah liburan. 

Namun pastikan juga bahwa fasilitas yang disediakan sudah layak dan tidak membebani selama perjalanan. Kamu bisa memesan paket tour melalui situs resmi agen travel langsung atau platform lainnya dengan cicilan 0%.

2. Beli Tiket Pesawat

loader

Tiket pesawat kini bisa didapatkan dengan harga murah jika pintar memilih maskapai. Beberapa maskapai murah seperti Tigerplus, Air Asia, dan Jetstar biasanya memberikan promo sehingga harga tiket jauh lebih murah. Bahkan maskapai-maskapai tersebut terkadang juga menyediakan promo berupa tiket gratis.

Namun yang perlu diingat, kebanyakan promo yang diberikan belum termasuk bagasi 20 kg. Jadi tidak boleh membawa banyak barang ketika liburan. Untuk mengetahui detail promo dari maskapai tersebut, kamu harus membaca syarat dan ketentuan dengan baik.

Untuk membelinya, bisa menggunakan kartu kredit yang dimiliki. Manfaatkan promo cashback kartu kredit, promo diskon khusus tiket pesawat, hingga promo cicilan 0% kartu kredit. Dengan promo yang diberikan oleh kartu kredit kamu bisa mendapatkan harga tiket pesawat yang jauh lebih murah.

3. Gunakan Point Kartu Kredit

loader

Kamu akan mendapatkan reward point pada setiap jenis transaksi yang dilakukan menggunakan kartu kredit. Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan point kartu kredit tersebut, salah satunya yaitu menukarnya dengan layanan air milesAir miles tersebut kemudian bisa ditukarkan lagi dengan tiket gratis, diskon tiket, atau bisa juga dengan diskon hotel.

Beberapa contoh air miles diantaranya adalah Kris Flyer Miles milik Singapore Air, Big Points milik Air Asia, dan Garuda Miles milik Garuda Indonesia. Biasanya kamu bisa menemukan besar jumlah reward points tersebut pada billing tagihan kartu kredit yang dikirimkan bank.

4. Gunakan Kartu Kredit Khusus Traveler

loader

Kartu kredit sendiri terdiri dari beragam jenis. Dari banyaknya kartu kredit yang ada di Indonesia, ada beberapa kartu kredit yang dibuat khusus untuk yang hobi liburan. Kartu kredit khusus traveler tersebut ada di Indonesia dan disediakan oleh beberapa bank. 

Kartu kredit khusus traveler bisa membantu untuk liburan dengan hemat karena berbagai fasilitas dan benefit yang diberikan memang khusus untuk mengakomodir kebutuhan liburan pecinta traveling. 

Contoh benefit yang diberikan oleh kartu kredit khusus traveler diantaranya yaitu reward points lebih tinggi jika transaksi dilakukan di luar negeri, bonus air miles, fasilitas concierge, asuransi perjalanan, convert point ke air miles yang lebih mudah dan fleksibel, serta layanan travel assistance 24/7.

Persiapkan Liburan Jauh-Jauh Hari

Persiapkan liburan dari jauh-jauh hari dengan perencanaan matang agar liburan lebih hemat. Apalagi jika kamu merupakan karyawan kantor yang terikat peraturan maka kamu harus mempersiapkan cuti terlebih dahulu agar rencana liburan tidak terganggu atau gagal.