Tips Main Saham Online Buat Investor Pemula, Dijamin Aman dan Cuan

Investasi di era serba canggih seperti sekarang ini sangat mudah direalisasikan. Dari konvensional, kini beralih ke online. Di antaranya adalah investasi saham.

Investasi saham dikenal sebagai investasi yang memberikan return atau imbal hasil tinggi. Tetapi besar pula risikonya. Jika dapat mengelola risiko tersebut dengan tepat, Anda akan memperoleh banyak cuan.

Pundi-pundi uang bakal terus mengalir ke kantong hanya dari jual beli saham. Cuma modal mulai dari Rp 100 ribu, Anda sudah bisa trading saham online.

Agar Anda untung, berikut tips main saham online yang bisa dicoba:

Baca Juga: Strategi Jitu Sebelum Jual Beli Saham Bagi Investor Pemula

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Siapkan modal investasi

loader
Siapkan modal investasi

Namanya investasi, pasti butuh modal. Investasi saham berarti Anda membeli saham sebuah perusahaan. Dengan begitu, Anda menjadi bagian dari pemilik perusahaan tersebut. 

Modal investasi sesuaikan dengan kemampuan finansialmu. Bisa diambil dari tabungan agar uang tidak malah berkurang tergerus inflasi. Atau dari anggaran yang sudah Anda alokasikan khusus untuk investasi.

Satuan saham adalah lot. 1 lot = 100 lembar saham. Bila Anda memiliki modal Rp 5 juta, dan tertarik membeli saham perusahaan A seharga Rp 2.000 per lembar sahamnya, berarti Anda mendapatkan 25 lot saham.

Pastikan bahwa modal investasi Anda bukan berasal dari anggaran belanja sehari-hari alias untuk memenuhi kebutuhan pokok, apalagi utang. Sebab investasi tidak selalu untung.

Kalau Anda sedang buntung atau rugi, lalu modal investasi dari utang, Anda akan mengalami gagal bayar utang. Keuangan Anda malah ‘bonyok.’ Terjerat tumpukan utang dan tak mampu melunasinya.  

2. Buka rekening saham atau efek di sekuritas 

loader
Buka rekening saham di perusahaan sekuritas via website IDX

Tanpa rekening efek, Anda bisa transaksi jual beli saham. Untuk itu, buat dulu rekening saham atau efek di salah satu perusahaan sekuritas. Pastikan sekuritas tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Membuat rekening saham, bisa datang langsung ke kantor maupun online. Di masa pandemi seperti ini, lebih baik Anda tetap #dirumahaja dan buat rekening saham online.

Persyaratannya mudah. Biasanya Anda tinggal akses aplikasi atau website pembukaan rekening saham online sekuritas tersebut, isi lengkap data diri, unggah foto e-KTP, NPWP, dan foto selfie dengan e-KTP, serta foto buku rekening tabungan.

Perusahaan sekuritas akan memproses permohonan pembuatan rekening saham online Anda. Jika disetujiui, dalam beberapa hari kerja, Anda akan memperoleh Single Investor Identification (SID) dan rekening dana nasabah (RDN) untuk bertransaksi saham.

3. Cari referensi saham yang menguntungkan 

loader
Cari referensi saham yang menguntungkan

Saat berniat investasi saham, pasti Anda sudah mengincar saham-saham apa saja yang akan dibeli atau dikoleksi. Jangan asal pilih. Perhatikan dengan benar. Cari tahu fundamental atau kinerja perusahaan tersebut dari tahun ke tahun, termasuk prospeknya ke depan.

Anda dapat mengulik kinerja saham-saham tersebut di website Bursa Efek Indonesia, sosial media, atau forum diskusi para investor. Pelajari pula laporan keuangan perusahaan tersebut.

Belilah saham perusahaan yang memiliki kinerja keuangan yang baik. Selain itu, aktivitas bisnisnya berjalan lancar, dan cukup punya nama. Jadi, begitu ada guncangan ekonomi, harga sahamnya tidak turun drastis.

Baca Juga: 8 Artis Ini Makin Tajir Berkat Investasi Saham

4. Transaksi jual beli saham

loader
Transaksi jual beli saham

Kalau membeli saham, Anda harus perhatikan fluktuasi pergerakan IHSG akibat faktor eksternal dan internal, profil dan tingkat likuiditas perusahaan, laba dari investasi pemegang saham, tren pasar, penjualan, serta earning per share growth. 

Sedangkan jika ingin menjual saham, manfaatkan waktu terbaik. Adalah saat harga saham sedang naik atau yang biasa disebut profit taking. Namun, bagaimana jika harga saham turun? Saat tersebut, Anda bisa menjual saham dengan menetapkan cut loss

Cut loss merupakan istilah yang digunakan saat menjual saham dengan harga yang lebih rendah dari harga beli sehingga mengalami loss atau kerugian. Langkah ini mampu mencegah kerugian lebih besar akibat harga yang terus merosot.

Perlu diketahui juga, setiap transaksi jual beli saham, ada biaya transaksi yang akan dikenakan kepada investor. Besarannya setiap sekuritas berbeda. Jadi cari yang menurut Anda sesuai kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.

5. Amati pergerakan dan tren harga saham 

loader
Amati pergerakan dan tren harga saham

Dalam hitungan menit, bahkan detik, harga saham bisa berubah. Banyak faktornya, ada eksternal maupun internal. Jadi, rajin-rajinlah mengamati pergerakan dan tren harga saham agar Anda tahu ke mana arahnya.

Ketika harga saham sudah sesuai target, maka Anda dapat memilih jual. Begitupun dengan tren saham. Misalnya bulan ini saham yang lagi naik daun, saham di bidang farmasi, bulan berikutnya perbankan.

Oleh karenanya, luangkan waktu untuk main saham online sekitar 15-30 menit per sesi. Anda dapat selalu memperoleh informasi terbaru mengenai harga saham dan trennya, serta memaksimalkan keuntungan dari bermain saham.

6. Putar modal atau keuntungan

loader
Putar modal atau keuntungan

Sebaiknya modal atau keuntungan yang diperoleh dari bermain saham diputar kembali. Tidak jauh-jauh, dananya digunakan lagi untuk membeli saham perusahaan lain yang lebih menjanjikan prospeknya.

Jadi, kalau Anda rugi di satu saham atau tidak mendapatkan dividen misalnya, Anda bisa mengantongi dari saham lain. Ada semacam diversifikasi lah, meski sama-sama investasi saham.

Pilih Sekuritas yang Aman dan Terpercaya

Salah satu kunci sukses bermain saham online adalah pemilihan perusahaan sekuritas. Dalam memilih sekuritas, pastikan perusahaan tersebut merupakan anggota BEI dan memiliki izin dari OJK.

Selanjutnya telusuri rekam jejaknya agar kamu aman dan nyaman berinvestasi. Dengan begitu, Anda tidak terjerat investasi di perusahaan bodong. Tidak mau kan modal Anda raib gara-gara salah menaruh dana di sekuritas abal-abal?

Baca Juga: Cara Buka Rekening Saham Online: BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Panin Sekuritas, dan IPOTGO