Tips Membuat CV, untuk Kamu yang Tertarik dengan Dunia Marketing

Dunia marketing masih menjadi bidang yang cukup banyak diminati selama beberapa tahun belakangan. Bidang ini bahkan semakin menarik setelah perkembangan dunia teknologi informasi. 

Banyak anak muda yang tertantang untuk menekuninya, barangkali kamu salah satunya. Jika kamu ingin terjun ke dunia marketing secara profesional, maka melengkapi CV dan membuatnya menarik tentu bisa menjadi pertimbangan. 

Pada umumnya orang-orang yang bekerja di bidang marketing memiliki kreativitas yang tinggi, mengingat aktivitas di bidang ini adalah kegiatan promosi. Kamu harus menunjukkan hal ini sejak awal, bahkan sejak kamu menuliskan lamaran ke perusahaan yang kamu incar. 

Hindari untuk mengirimkan CV yang terlalu biasa dan tidak menarik sama sekali. Kamu perlu membuat CV yang tepat dan dapat meyakinkan tim HRD untuk menerima kamu sebagai staf marketing baru di perusahaan mereka. 

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Lengkapi CV Kamu dengan Cara yang Tepat

loader

Berikan kesan pertama yang menarik melalui CV kamu, sehingga peluang kamu diterima bekerja akan menjadi jauh lebih besar. Berikut ini adalah beberapa tips membuat CV, khusus untuk kamu yang ingin terjun ke dunia marketing:

1. Personal summary

Personal summary menjadi salah satu poin penting yang dapat menarik perhatian besar di dalam sebuah CV. Personal summary merupakan ringkasan tentang profil kamu yang dapat kamu buat dalam sebuah kalimat pendek yang menarik. 

Kamu bisa membuat 3 atau 4 pilihan kata terbaik dan tepat yang dapat menggambarkan tentang dirimu. Namun ini tetaplah harus dalam konteks yang profesional dan masih berkaitan dengan posisi yang akan kamu lamar di perusahaan tersebut.

Selain kalimat yang menggambarkan profil kamu, prestasi yang pernah kamu dapatkan juga bisa dicantumkan menjadi highlight pada summary kamu. Melalui summary, tunjukkanlah bahwa kamu adalah sosok yang profesional dan memiliki ketertarikan yang besar terhadap bidang marketing itu sendiri. 

Meski hanya paragraf pendek saja, personal summary ini bisa memberikan kesan yang kuat bagi pihak perusahaan, terutama jika kamu dapat memilih kata-kata yang paling tepat.

2. Experience

Pengalaman kerja juga akan menjadi salah satu pertimbangan perusahaan untuk menerima karyawan baru. Semua pengalaman kerja kamu harus dicantumkan dengan cara yang tepat, terutama yang berkaitan dengan dunia marketing itu sendiri. Pencapaian kamu di dalam bekerja tentu akan sangat membantu, sehingga penting untuk menunjukkannya secara detail.

Cantumkan apa saja posisi yang pernah kamu duduki dan apa yang kamu lakukan selama di sana, termasuk pencapaian target yang sudah kamu lakukan di dalam pekerjaan tersebut. 

Penjabaran singkat dan detail seperti ini akan mempermudah pihak HRD untuk melihat kemampuan kerjamu selama ini, termasuk prestasi terbaik yang pernah kamu capai. Hal ini akan mempermudah mereka mengukur kemampuanmu untuk menangani pekerjaan di perusahaan mereka, sehingga mempermudah mereka dalam mengambil keputusan atas lamaranmu.

Baca Juga: Contoh CV Lamaran Kerja Terbaru Agar Sukses Dibaca oleh HRD

3. Skills

loader

Skills yang kamu miliki juga akan menjadi salah satu poin penting bagi tim HRD dalam mengambil keputusan. Kamu harus mencantumkan ini dengan jelas ketika melamar sebagai staf marketing. 

Jika ingin terjun ke bidang ini, setidaknya kamu harus menguasai beberapa skills penting berikut ini:

  • Interpersonal communication

Pada dasarnya, interpersonal communication merupakan skill dasar yang harus dimiliki oleh setiap pekerja. Namun skill ini akan semakin penting dan wajib dikuasai, jika kamu ingin menekuni karir di bidang marketing. 

Skill ini akan menjadi salah satu kunci kesuksesan kamu di dunia marketing, mengingat dalam pekerjaan ini kamu akan berurusan dengan banyak orang, bahkan pihak-pihak dari luar lingkungan perusahaan itu sendiri. 

Pastikan kamu memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi, sehingga kamu lebih mudah untuk membangun hubungan dengan orang lain yang berkaitan dengan pekerjaanmu nantinya.

  • Writing Ability

Seorang marketer juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam menulis. Aktivitas marketing itu sendiri bisa saja dilakukan dengan banyak cara, baik melalui tulisan maupun konten dalam bentuk lainnya. 

Semua ini akan menjadi jauh lebih mudah, jika kamu sudah memiliki skill yang baik di bidang tulis menulis. Kamu tidak akan kesulitan untuk melakukan aktivitas pemasaran, baik itu secara offline maupun online melalui berbagai media sosial dan yang lainnya. 

  • Digital Savvy

Perkembangan teknologi informasi juga ikut menyentuh dunia marketing, dan kamu harus merespon ini dengan positif. Kamu harus memiliki kemampuan untuk menguasai berbagai platform digital, terutama yang berkaitan dengan pekerjaanmu kelak di bidang marketing. Hal ini wajib, apalagi jika sejak awal kamu memang ingin menjadi seorang digital marketer profesional.

Baca Juga: Tak ada Pengalaman Kerja saat Melamar? Cantumkan Ini di CV

Lengkapi CV dan Dapatkan Pekerjaan dengan Lebih Mudah

Jika kamu tertarik dan ingin terjun ke dunia marketing, pastikan kamu sudah memahami seluk-beluknya dengan baik. Siapkan skills mumpuni yang dapat mendukung perkembangan karir di bidang yang satu ini. Lengkapi juga CV kamu dengan baik dan menarik, sehingga kamu bisa meyakinkan pihak perusahaan untuk menerimamu sebagai staf marketing mereka.

Baca Juga: Wahai Fresh Graduate, Kamu Wajib Tahu Beda CV dan Resume Lamaran Kerja