Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat bagi Kaum Muda

Tidak ada yang bisa menjamin kondisi ke depan akan seperti apa. Yang harus kita lakukan adalah menyiapkan proteksi agar saat risiko menimpa, kita sudah siap dengan solusinya. Salah satunya dengan ikut program asuransi kesehatan.

Asuransi bukanlah jual beli risiko seperti persepsi publik selama ini. Core bisnis asuransi adalah proteksi. Artinya, jika risiko tersebut tidak terjadi, perlindungan asuransi tetap ada dan kita bersyukur karena masih diberi kebaikan oleh yang maha kuasa. Tapi jika risiko tersebut terjadi, maka asuransi yang akan menanggungnya. Itulah pentingnya asuransi, bahkan untuk anak muda sekalipun karena risiko tidak bisa dihilangkan, hanya bisa dikurangi.

Ada banyak kejadian masih muda namun sudah terkena penyakit berbahaya bahkan mengancam jiwa. Bukan hanya untuk kaum muda umumnya, tapi ini menimpa artis yang notabene punya dana cukup untuk membiayai gaya hidup sehat. Ambil contoh saja artis Julia Perez, Olga Syahputra dan sebagainya. Sakit kanker yang cukup lama tentu butuh biaya yang besar. Dari sini banyak anak muda mulai terbuka dengan produk asuransi khususnya kesehatan.

Bagi Anda yang pemula, ada baiknya memperhatikan tips berikut ini sebelum mengambil produk asuransi kesehatan:

Baca Juga: Cermati Daftar Produk Asuransi yang Wajib Anda dimiliki

1. Lebih Cepat Lebih Baik, Makin Ditunda Biaya Makin Mahal

mengajukan asuransi
Ilustrasi Mengajukan Asuransi

Saat fisik masih sehat, premi asuransi kesehatan yang dibayarkan juga kecil karena risiko yang dihadapi juga relatif kecil. Umumnya pihak asuransi akan mempertimbangkan permohonan asuransi yang diajukan dengan mengecek berbagai kondisi kesehatan juga usia. Akibat terlambat bergabung program asuransi adalah setelah sadar dan baru menggunakannya setelah sakit maka biaya premi akan semakin mahal.

2. Biar Hemat dan Praktis, Pilih Asuransi kesehatan Keluarga, Jangan Individu

asuransi keluarga
Asuransi Keluarga

Asuransi menawarkan produk individu maupun perlindungan menyeluruh dalam satu keluarga. Jika ingin praktis dan hemat, bisa mencoba memilih polis untuk bersama, artinya satu polis untuk seluruh anggota keluarga. Kita tidak tahu risiko sakit akan menimpa siapa, dari sinilah perlunya proteksi menyeluruh dalam satu keluarga khususnya bagi yang sudah berkeluarga dan akan lebih baik lagi jika proteksi ditambah untuk orangtua.

 

Dengan membeli satu polis untuk seluruh anggota keluarga, biaya preminya lebih terjangkau dibandingkan masing-masing satu polis untuk setiap anggota keluarga.

3. Jika Berniat Punya Lebih dari Satu Produk Asuransi, Pilih yang Bisa Double Claim

Form Klaim Asuransi
Form Klaim Asuransi

Saat ini semua warga negara wajib ikut program BPJS Kesehatan. Bagi yang punya dana lebih dan ingin mendapatkan layanan kelas premium banyak juga yang mengambil produk asuransi swasta. Hal ini tentu saja makin bagus selama anggaran mencukupi. Namun yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya pilih asuransi yang bisa mengajukan double claim.

Tujuannya adalah agar bisa klaim di dua tempat sekaligus sehingga bisa mendapatkan manfaat maksimal. Karena kadangkala perusahaan asuransi kesehatan tidak ingin menerima kuitansi tanpa legalisir, hal ini bisa membuat Anda tidak bisa klaim doble. Jadi solusinya, cari produk asuransi yang bisa doubel claim dengan kuitansi legalisir.

Bingung cari asuransi kesehatan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Kesehatan Terbaik!  

4. Pahami Produk Terutama Mengenai Proses Klaim

memahami produk asuransi
Memahami Produk Asuransi

Sengketa asuransi hampir selalu terjadi pada proses klaim. Oleh karena itu, penting untuk memahami setiap pasal dan klausul yang tercantum di dalam polis asuransi. Tujuannya untuk menghindari terjadi hal-hal yang tidak sesuai dari harapan akibat pemahaman yang kurang atau salah paham.

5. Pilih Besaran Premi yang Sesuai dengan Kemampuan

premi asuransi
Premi Asuransi

Usia muda identik dengan mengikuti tren gaya hidup masa kini yang seolah tiada habisnya. Tak jarang banyak yang terjebak dalam kehidupan glamor tanpa perencanaan keuangan yang baik. Anda harus sadari hal tersebut sejak dini. Perencanaan keuangan itu penting salah satunya menyangkut persiapan proteksi dari sisi kesehatan.

Buat alokasi anggaran untuk premi asuransi kesehatan, dan sesuaikan besarnya premi yang ingin diambil dengan kemampuan. Jangan sampai memaksakan diri bahkan tidak bisa menikmati hidup akibat beban premi asuransi. Sesuaikan premi yang ingin diambil, dengan gaji setidaknya 10% dari Gaji.

Baca Juga: Cermati Rilis Layanan Asuransi Online

Alasan Kenapa Pentingnya Asuransi Kesehatan Buat Anak Muda

Agar semakin semangat dalam memilih produk asuransi sebagai anak muda, Anda harus berfikir dan bertindak mulai sekarang untuk mewaspadai beberapa kondisi di bawah ini sehingga kebutuhan asuransi tersebut memang diperlukan sejak saat ini:

  • Penyakit kritis semakin mudah menyerang
  • Layanan medis semakin mahal
  • Mengantisipasi kejadian tak terduga
  • Memperoleh keuntungan tambahan jika produk yang diambil adalah unit link (cocok bagi yang masih muda)
  • Pilihan rumah sakit yang memadai
  • Mendapatkan kesempatan lebih luas dalam berkarya karena hidupnya nyaman dan terjamin
  • Tidak menyulitkan orang lain saat meninggal (ingat hidup mati seseorang tidak ada yang tahu, dan tidak ada jaminan yang tua lebih dahulu meninggal)

Memahami realita di atas akan semakin membuat Anda mantap untuk mempersiapkan proteksi kesehatan dengan ikut program asuransi.

Memilih Asuransi Kesehatan dengan Tepat Membuat Hidup Nyaman dengan Biaya Terjangkau

Jika kita memiliki asuransi kesehatan sejak muda, kita tidak perlu khawatir jika risiko hidup seperti kematian, kecelakaan, tertimpa penyakit kritis, terjadi pada kita. Begitupun jika seseorang meninggal dunia, ia dapat mewariskan sesuatu buat anak cucunya. Artinya, hidup seseorang yang mengikuti asuransi akan lebih tenang. Tidak perlu takut atau ragu mengenai biaya premi yang harus dikeluarkan. Makin Anda tunda, biaya kesehatan akan semakin besar.

Baca Juga: Pentingnya Memilih Asuransi Kesehatan yang Meng-cover Rawat Jalan