8 Tips Memilih Resort untuk Liburan

Resort merupakan alternatif penginapan yang banyak diminati oleh wisatawan karena lebih eksklusif. Sangat cocok untuk wisatawan yang benar-benar ingin liburan.

Sayangnya, harga sewa resort yang dua kali lipat lebih mahal daripada hotel menjadi salah satu alasan kenapa wisatawan mengurungkan niatnya untuk menginap di tempat ini. 

Padahal, ada beberapa tips memilih resort untuk liburan agar menghemat budget. Mau tahu tipsnya? Simak ulasan di bawah ini ya!

Baca Juga: Cara Mudah Ngumpulin Dana Traveling dengan Cepat

Bingung cari asuransi perjalanan Covid terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Asuransi Perjalanan Covid Sekarang!  

Tips Memilih Resort untuk Liburan

loader

Tips Memilih Resort untuk Liburan

  1. Ketahui Tujuan

    Pada umumnya, terdapat dua opsi, yaitu untuk bulan madu dan liburan karena harganya mungkin akan berbeda. Resort untuk bulan madu lebih mahal karena konsepnya didesain sedemikian rupa, terdapat fasilitas khusus pula untuk memanjakan pasangan yang menginap.

    Jika tujuannya pure untuk liburan, maka carilah resort yang untuk liburan saja. Pilihlah tempat yang agak ramai untuk menghidupkan suasana liburan, apalagi kalau jumlah anggota yang berangkat liburan cuma sedikit. 

  2. Riset Resort di Kota Tujuan

    Selanjutnya adalah melakukan riset untuk resort yang ada di kota tujuan. Dari sekian banyak resort, pilih 3 - 5 resort saja, lalu bandingkan mana yang terbaik menurut versimu maupun keluarga atau teman-teman.

    Sesuaikan dengan jumlah orang yang menginap. Pilihlah resort yang space-nya lebih besar untuk jumlah tamu yang lebih banyak agar istirahatnya nyaman. 

    Pastikan resort tersebut sesuai dengan budget agar kamu tak gigit jari sepulang liburan nanti. Seringlah melakukan riset untuk mendapatkan resort terbaik, ya!

  3. Menginap Lebih Lama

    Menginap lebih lama merupakan cara terbaik untuk menghemat pengeluaran. Semakin lama menginap, biasanya semakin murah harga penginapannya. Akan tetapi, ada jangka waktu minimum penginapan untuk menikmati keuntungan yang satu ini.

    Misalnya, menginap minimal seminggu akan mendapat potongan langsung sebesar Rp1 juta. Sedangkan menginap selama 2 hari tidak akan mendapat potongan. Kalau dilihat-lihat, lebih untung menginap lebih lama, kan?

    Tips yang satu ini cocok untuk kamu yang sudah ingin liburan panjang. Jadi, pada hari-hari berikutnya tidak perlu sibuk mencari penginapan lain.

  4. Manfaatkan Paket Pembelian

    Jika destinasi liburan ke luar kota dan harus naik pesawat, pertimbangkanlah untuk membeli paket khusus, yaitu penerbangan include penginapan. Alasannya apa lagi kalau bukan karena lebih murah. 

    Penghematannya cukup lumayan. Misalnya untuk harga penginapan saja, kamu bisa dapat diskon sampai 30% per hari. Sangat lumayan untuk menghemat budget. 

    Tak perlu khawatir karena dalam paket ini, kamu bisa menentukan jangka waktu menginap. Kalaupun dua hari kemudian mau pindah resort, sah-sah saja tanpa dikenakan biaya penalti.

  5. Lokasi yang Sesuai

    Jika liburanmu kali ini bukan hanya untuk healing, maka pilihlah lokasi resort yang dekat dengan tempat hiburan. Tujuannya agar waktu liburan bisa diisi dengan aktivitas yang menyenangkan, yang selama ini mungkin ingin dilakukan, tapi selalu ditunda karena urusan pekerjaan.

    Jika kamu ingin ke kafe bagus dan tempat hiburan malam, maka pilihlah lokasi yang ada di perkotaan. 

    Untuk memudahkan pencarian, sebaiknya filter fasilitas resort seperti apa yang diinginkan. Nanti akan muncul beberapa opsi tempat yang bisa dipilih langsung untuk menginap.

  6. Pemandangan Pantai yang Indah

    Harga resort yang mahal tentu akan sebanding kalau menyuguhkan pemandangan pantai yang indah. Setuju? Makanya, memilih lokasi yang tepat sangatlah penting agar liburanmu tidak sia-sia.

    Butuh waktu yang agak lama untuk mencari resort yang sesuai dengan keinginan. Namun, tentu lebih baik lama mencari dan ketemu yang pas daripada asal pilih kemudian menyesal karena uangmu tidak dapat dikembalikan.

    Kamu bisa searching resort yang lokasinya dekat dengan pantai. Jika sudah sesuai dengan keinginan, segera booking sebelum kehabisan.

  7. Tentukan Tanggal Menginap

    Dalam tips memilih resort untuk liburan, penting untuk menentukan tanggal menginap. Pasalnya, tanggal akan memengaruhi harga dan jumlah ketersediaan resort

    Menginap pada tanggal peak season akan menguras energi yang lebih banyak. Biasanya banyak resort yang sudah full booked, jadi kamu harus cari opsi resort lainnya agar rencana liburan berjalan sesuai rencana.

    Selain itu, harganya sudah pasti lebih mahal karena banyak wisatawan yang ingin berlibur juga. Sebaiknya pesan jauh-jauh hari untuk memastikan kamu dapat resort yang diinginkan.

  8. Bandingkan Harga

    Tips terakhir yang penting adalah membandingkan harga. Harga resort akan semakin mahal kalau pemandangan alamnya bagus, fasilitasnya lengkap, dekat dengan bandara, dan ukuran kamarnya luas.

    Penting agar kamu mencari lebih dari satu resort sebagai bahan perbandingan. Jika resort yang satu kemahalan, misalnya, kamu bisa beralih ke resort lain yang harganya lebih affordable.

    Intinya, pastikan harga yang dibayar sesuai dengan yang didapatkan jadi suasana menginap pada liburan kali ini benar-benar berkesan.

Baca Juga: 8 Tempat Short Escape Romantis di Jakarta, Wajib Kesini!

Penting Membaca Testimoni Resort Sebelum Memesan

Sudah tak sabar ingin liburan di resort bagus? Silakan terapkan tips di atas untuk memudahkan pencarianmu. Oh ya, jangan lupa untuk selalu membaca testimoni dari wisatawan yang sudah pernah menginap di resort tersebut karena testimoni mereka dapat menjadi bahan pertimbangan sebelum memesan.

Terakhir, jangan lupa untuk memberi proteksi lebih bagi dirimu dengan membeli asuransi perjalanan. Liburan tenang, hati pun senang!

Baca Juga: Wajib Tahu, 8 Risiko yang Tidak Ditanggung Asuransi Perjalanan