Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis ‘Custom’ Motor

loader

KOMPAS.com - Kepopuleran motor custom membuka peluang bisnis yang bisa sangat menguntungkan. Karena keunikannya, motor custom bahkan jadi tren yang mulai mencuri perhatian banyak kalangan.

Motor custom pun berkembang tak hanya untuk ajang lomba atau kontes saja tapi juga pemakaian sehari-hari. Proses custom motor sendiri bukan sekedar mengubah bentuknya saja tapi bisa sampai meningkatkan spesifikasi motor tersebut. Hal ini tentu membutuhkan biaya yang tak sedikit, hingga banyak penggemar motor yang memilih membeli motor modif yang sudah tersedia.

Ditambah lagi popularitas motor custom saat ini juga meningkat cukup pesat. Hal inilah yang membuat bisnis custom motor semakin dilirik karena peluangnya yang cukup menjanjikan. Terlebih jika dikelola secara serius dengan perencanaan yang matang.

Sebelum benar-benar yakin untuk memulai bisnis custom motor, penting untuk memahami hal-hal terkait dengan bisnis tersebut. Tertarik dengan bisnis yang berhubungan dengan modifikasi motor alias custom?

Jika iya, simak beberapa tips memulai dan mengembangkan bisnis custom motor berikut ini dari Cermati.com yang bisa Anda coba:

1. Kembangkan Koneksi yang Lebih Luas

Di dalam sebuah usaha, keberadaan koneksi dan relasi menjadi hal yang cukup penting untuk mengembangkan jangkauan bisnis yang dijalankan. Hal ini juga akan sangat bermanfaat terutama untuk membantu strategi promosi bisnis.

Selain itu, memiliki banyak relasi juga sangat bagus dalam memperoleh referensi custom motor yang dibutuhkan, sehingga produk custom motor yang ditawarkan jadi lebih beragam dan bisa memenuhi kebutuhan atau permintaan pelanggan.

Salah satu cara untuk mengembangkan koneksi yang lebih luas adalah dengan bergabung komunitas custom motor. Jika memungkinkan, bergabunglah dengan banyak komunitas sekaligus agar semakin memperluas koneksi. Dengan begitu, jangkauan bisnis juga bisa bertambah semakin besar.

2. Buat Sample Produk yang Berkualitas

Tips penting selanjutnya untuk mengembangkan bisnis custom motor adalah dengan membuat portofolio produk jadi atau sample. Pasalnya, keberadaan sample motor custom bisa menjadi magnet yang mampu menarik perhatian dan minat calon konsumen. Dengan begitu, bisa membangkitkan keinginan calon konsumen untuk melakukan pembelian atau transaksi lainnya.

Selain juga tentunya sample produk jadi bisa turut meningkatkan kredibilitas bisnis custom motor yang dimiliki. Karena calon konsumen bisa melihat secara langsung contoh motor custom yang dihasilkan. Oleh karena itu, pastikan untuk membuat sample produk custom motor yang benar-benar berkualitas.

3. Upgrade Bisnis dengan Inovasi

Bisnis custom motor merupakan lahan usaha yang bisa dibilang tak adanya matinya alias selalu berkembang. Ini karena tren dalam custom motor selalu mengalami perubahan dan banyak tren-tren baru yang bermunculan.

Hal ini menjadi salah satu alasan yang cukup penting untuk bisa selalu berpikir secara kreatif dan berinovasi, terutama dalam mengembangkan skill memproduksi custom motor dan menyiapkan produk-produk custom yang sedang diminati. Dengan demikian, bisnis bisa selalu memenuhi permintaan pasar saat ini dan tidak ditinggalkan peminatnya.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Menarik untuk Penggemar Otomotif 

4. Siapkan Peralatan yang Memadai

Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan bisnis custom motor adalah keberadaan peralatan yang memadai dan lengkap. Satu saja ada peralatan yang kurang bisa membuat proyek custom motor urung dilakukan. Hal ini karena memang peralatan yang memadai akan semakin memudahkan proses pekerjaan.

Selain peralatan yang memadai, sparepart untuk motor custom juga perlu disiapkan secara lebih bervariasi. Supaya membuat kepuasan pelanggan semakin meningkat karena pilihan yang ditawarkan cukup beragam.

5. Lakukan Promosi Bisnis Secara Optimal

Mempromosikan bisnis menjadi hal yang cukup penting agar usaha yang dijalankan bisa semakin dikenal dan menjangkau banyak kalangan. Di era digital seperti saat ini, ada banyak media promosi yang bisa digunakan untuk memaksimalkan promosi bisnis, mulai dari media sosial, situs web bisnis dan lain sebagainya.

Pastikan untuk membuat akun media sosial dan situs web bisnis yang dikelola secara profesional. Mulai dari memposting foto, video maupun iklan promosi yang berkaitan dengan perkembangan atau kegiatan custom motor. Hal ini untuk menjaga dan meningkatkan jangkauan bisnis serta interaksi dengan audiens tertarget.

Selain memaksimalkan penggunaan media sosial bisnis, kompetisi modifikasi motor juga bisa jadi ajang untuk promosi bisnis. Karena dengan ikut serta dengan ajang tersebut akan membantu menjangkau calon pelanggan yang lebih banyak lagi. Oleh karena itu, jangan lewatkan ajang-ajang kompetisi yang ada demi mempromosikan bisnis.