9 Media Online untuk Melakukan Promosi Bisnis

Hadirnya media sosial yang didukung oleh kekuatan internet saat ini berpotensi mendukung keberhasilan promosi suatu usaha atau produk dengan mudah, cepat dan murah, bahkan tanpa modal sama sekali. Apalagi dengan berbagai sarana beragam internet tools yang ada seperti website, blog, dan media sosial, serta sifatnya yang global, real time, dan praktis membuat kegiatan promosi usaha akan lebih maksimal karena jangkauannya yang luas dan hampir tidak terbatas.

Lantas apa saja media online yang mantap untuk dijadikan media promosi handal untuk bisnis kamu, berikut ulasannya.

Baca Juga: Mengenal Pengertian Testimoni, Manfaat, serta Tips Mendapatkannya dengan Mudah dan Akurat

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Facebook

loader

Facebook (Sumber: www.20minutes.fr)

Media sosial satu ini masih menjadi pilihan banyak orang untuk menjalin komunikasi dengan rekan dan keluarga. Fakta ini menjadi salah satu alasan mengapa Facebook menjadi media sosial yang banyak dijadikan media promosi online selain di situs bisnis.

Penggunaan Facebook sebagai media promosi pun diakui relatif mudah oleh para pemain bisnis online bahkan tidak sedikit dari para pebisnis yang sudah memiliki toko fisik pun memanfaatkan Facebook sebagai media promosi produk.

Tidak jarang juga bisnis yang sukses bermula dari mengenalkan produk mereka melalui Facebook. Bagaimana cara agar promosi melalui Facebook cukup sukses? Pertama, pastikan halaman utama Facebook kamu menarik konsumen karena hal ini akan menjadi daya tarik yang membuat calon konsumen memberikan Like.

Like inilah yang menjadi langkah kedua yang harus didapatkan sebanyak mungkin. Ketiga, jangan lupa untuk mengenali target pelanggan dengan mencari orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan halaman Facebook. Terakhir, fokuslah untuk membuat konten yang menarik.

2. Twitter

loader

Twitter (Sumber: pemmzchannel.com)

Selain Facebook, Twitter juga menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan sebagai media bisnis online. Meski awalnya hanya didesain untuk berbagi status yang terkenal dengan maksimal 160 karakter, kini Twitter mampu menjadi media yang cukup ampuh untuk memasarkan produk. Media ini dinilai mudah dijangkau oleh pelanggan toko online manapun karena dengan ponsel cerdas (smartphone) masyarakat dapat dengan mudah mengakses microweb satu ini.

Beberapa cara untuk memaksimalkan promosi dan pemasaran produk melalui Twitter adalah dengan memperbanyak jumlah follower, mengirimkan tweet secara teratur, mempromosikan situs secara teratur, menentukan waktu posting tweet, menyewa buzzer untuk meningkatkan promosi, atau dengan saling promo akun twitter bisnis online lainnya.

3. Instagram

loader

Instagram

Nampaknya media sosial satu ini sekarang sedang menjadi primadona media bisnis online. Selain karena bisa menampakkan foto produk, di Instagram kamu juga bisa menaruh caption yang lebih panjang dibandingkan Twitter. Instagram juga mudah diakses dari ponsel cerdas dan sedang menjadi media sosial pendongkrak eksistensi paling tinggi di kalangan anak muda.

Inilah kesempatan bagi kamu untuk mempromosikan produk dan bisnis dengan mudah karena calon konsumen pun lebih banyak berkumpul di media sosial ini.

Selain itu, aktif berinteraksi dengan para pelanggan dan membuat video reels juga menjadi salah satu trik yang bisa membuat pelanggan menaruh perhatian lebih pada bisnis.

4. TikTok

loader

TikTok

Selain untuk media hiburan seperti dance, kian kemari TikTok semakin mengembangkan sayapnya ke ranah bisnis. TikTok melengkapi berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan para pebisnis untuk mempromosikan jualannya. Salah satunya, fitur live.

Plusnya lagi, jika kamu menggunakan TikTok, bisnis yang kamu jalankan bisa cepat dikenal banyak orang karena pengguna TikTok yang banyak.

5. Telegram 

loader

Telegram

Media chatting selain WhatsApp yang kini bisa kamu gunakan untuk promosi ialah Telegram. Meski aplikasi ini sudah lama muncul, akan tetapi Telegram booming ketika ada kabar WhatsApp ingin dihapus. Meski begitu, sekarang ini WA dan Telegram jalan beriringan.

Dengan Telegram kamu bisa membuat grup bisnis kamu dengan mengumpulkan reseller dari berbagai daerah. Di grup tersebut, kamu tinggal menginformasikan promo hingga produk terbaru.

Baca Juga: Cari Tahu Apa Itu Video Marketing, Jenis, dan Tips Membuatnya

6. Marketplace

loader

Marketplace (Sumber: hijabq.id)

Nah selain menggunakan media sosial seperti yang disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan situs marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, dan lain-lain. Marketplace ini sangat membantu para pebisnis online untuk memiliki halaman toko mereka sendiri dan melakukan aktivitas promo dan pemasaran produk mereka.

Tidak jarang para pemilik bisnis yang sudah memiliki toko fisik pun membuat halaman toko mereka di berbagai marketplace guna memperluas jaringan dan mendapatkan lebih banyak konsumen.

7. Blog

loader

Blog

Media satu ini memang memiliki kemiripan dengan website secara sekilas namun penggunaan blog hanya sebatas untuk mendukung usaha promosi. Caranya dengan memuat berbagai artikel seputar bisnis dan produk toko online, bahkan kamu juga bisa memuat berita terbaru mengenai toko onlinemu dan menunjukkan prestasi yang sudah diraih.

Untuk semakin mengoptimalkan penggunannya, banyak dari pebisnis online yang menggunakan blog juga menggunakan teknik SEO guna semakin menarik lebih banyak pelanggan atau pengunjung.

8. Email Marketing

loader

Email Marketing

Email marketing dianggap sebagai metode kuno di antara media online lainnya namun jangan remehkan kekuatan media satu ini. Email marketing dikenal memiliki kekuatan yang cukup besar untuk melakukan promosi secara online karena ini merupakan sumber besar untuk mengirimkan berita promosi hingga penawaran produk terbaru pada para pelanggan.

9. Youtube

loader

Youtube

Website broadcast yang didirikan pada tahun 2005 ini telah menjadi media banyak orang dalam mengekspresikan diri mereka melalui video. Youtube merupakan salah satu website atau aplikasi yang saat ini sangat diminati oleh banyak orang dari segala golongan, usia, dan jenis kelamin.

Oleh karena itu, mempromosikan bisnis di Youtube sudah merupakan bagian wajib dari sebuah rencana promosi suatu usaha. Langkah utama jika ingin mempromosikan bisnis pada Youtube adalah mengupload video melalui akun pribadi lalu pilih kategori yang tepat untuk jenis bisnis yang akan dipromosikan, judul video haruslah menarik dan mengandung keywords yang banyak digunakan orang untuk memperbesar kemungkinan muncul pada laman pertama pada Youtube saat hasil pencarian video terkait keywords keluar. 

Perluas Jaringan, Perbesar Keuntungan

Pintar dalam menggunakan media sosial untuk promosi, termasuk melakukan kontak dengan calon konsumen dan konsumen adalah kunci kesuksesan media online dalam memperluas jaringan dan akhirnya memperbesar keuntungan bisnis. Dekatkan diri kamu dengan masyarakat dengan cara menjadi teman bagi mereka, tidak hanya promosi namun juga bagikan informasi terkait dengan bisnis yang menjadi minat konsumen. Dengan seperti ini, kamu tidak akan kesulitan lagi dalam mengiklankan produk dan mendapatkan konsumen.

Baca Juga: Pengertian Newsletter dan Proses Menyusunnya untuk Bantu Perusahaan Jangkau Pelanggan Lebih Banyak