Tips Menggunakan Facebook Live Streaming Agar Engagement Bisnis Meningkat

Meningkatkan engagement bisnis menjadi hal penting yang selalu dilakukan marketer dengan banyak cara, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial, salah satunya facebook

Selama beberapa tahun belakangan, hal ini banyak dilakukan melalui facebook, terutama setelah kehadiran facebook live streaming pada tahun 2016 silam. Kehadiran fitur yang satu ini mendapat respon positif dan dianggap menjadi salah satu cara efektif untuk mempermudah marketer mencapai targetnya.

Facebook live merupakan fitur streaming yang di mana para pengguna bisa memulai live video langsung dengan memanfaatkan kamera ponsel maupun laptop.

Hal ini tentu akan sangat membantu para marketer untuk bisa membangun hubungan secara langsung dengan pelanggan, sehingga potensi untuk mengenalkan atau bahkan menawarkan produk menjadi begitu besar dan memungkinkan marketer melakukan dan mendapatkan angka penjualan secara real time.

Namun pada kenyataannya, belum banyak orang yang memanfaatkan fitur ini untuk memaksimalkan bisnis mereka. Jika kamu termasuk pebisnis yang belum menggunakan fitur ini secara maksimal, maka ada baiknya kamu mulai mempelajarinya. 

Tidak akan rumit, facebook live bisa digunakan dengan cara yang begitu mudah. Berikut ini ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan untuk memulai facebook live streaming.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Cara Menggunakan Fitur Live Streaming Facebook

live
Cara menggunakan live streaming facebook

1. Klik siaran langsung

Buka aplikasi facebook melalui ponsel atau laptop, lalu lanjutkan dengan meng-klik “siaran langsung” di beranda facebook tersebut. Jangan lupa untuk memberi izin akses video serta audio pada facebook terlebih dahulu, agar kamu bisa menggunakan fitur live streaming ini.

2. Memilih audiens

Langkah selanjutnya, kamu perlu memilih audiens yang akan melihat live streaming yang kamu lakukan. Apakah ingin siaran tersebut dilihat oleh publik, atau hanya ingin orang tertentu saja yang bisa melihatnya? 

Kamu bisa memilih audiens ini dengan cara mengklik “To” terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan memilih audiens yang diinginkan setelahnya.

3. Tulis deskripsi live

Deskripsi menjadi poin penting dari aktifitas live streaming bisnis kamu dan akan menentukan kesuksesannya. Buatlah deskripsi yang unik dan tepat, sehingga bisa membuat orang tertarik untuk menontonnya. 

Pastikan kamu menggunakan copywriting untuk membuat deskripsi tersebut, agar benar-benar menarik dan bisa mendatangkan audiens yang banyak.

Baca Juga: Penjual Cerdas, Begini Cara Tentukan Harga Jual Produk di E-Commerce Biar Untung

4. Tambahkan tag orang, lokasi, dan filter

Jangan lupa untuk menambahkan tag kepada orang yang ada di live streaming kamu. Selain itu, penggunaan lokasi juga bisa menjadi pertimbangan. Agar lebih menarik, kamu juga bisa memanfaatkan filter yang ada di aplikasi facebook tersebut.

5. Klik start live video

Jika semua langkah di atas sudah dilakukan dengan baik, maka mulai streaming bisnismu dengan cara mengklik “Start live video”. Kamu sudah mulai live dan bisa berinteraksi dengan para audiens secara langsung. 

Bila sudah selesai live, kamu juga bisa mengunduhnya dan memposting video tersebut ke beranda facebook bisnismu.

Baca Juga: 5 Tips Sukses Mengadakan Event Online untuk Meningkatkan Bisnis

Tips Melakukan Facebook Live Streaming

live
facebook live streaming

Penting untuk melakukan live streaming dengan cara yang benar, agar tujuan meningkatkan engagement bisnis juga bisa maksimal. Selain itu, cermati beberapa tips berikut ini jika ingin sukses melakukan facebook live streaming:

1. Rencanakan dengan baik

Susun rencana live streaming dengan baik sejak awal, agar semua bisa berjalan lancar. Kamu perlu menentukan apa saja yang akan dibahas, bagaimana akan memulai dan mengakhiri pembicaraan nantinya. Semua ini bisa dibuat dalam catatan kecil, agar kamu mudah untuk melihatnya. 

2. Cek koneksi internet

Jangan lupa untuk mengecek koneksi internet, sebelum kamu memulai live streaming ini. Pastikan koneksi internet lancar dan bisa stabil selama live nanti. 

3. Perkenalkan diri

Memperkenalkan diri adalah langkah pertama yang wajib dilakukan di awal. Kamu bisa menggunakan 1-2 menit pertama untuk perkenalan ini, lalu dilanjutkan dengan tujuan utama melakukan live tersebut.

4. Tak perlu takut salah

Meski ini akan menjadi live streaming bisnis pertamamu, pastikan Anda tetap tenang dan nyaman. Jangan takut salah atau bahkan bersikap kaku, sebab ini akan membuat audiens tidak nyaman. Buatlah dirimu senyaman mungkin dan tetaplah tenang hingga live streaming tersebut selesai.

5. Ajak audiens membagikan video

Ajaklah audiens untuk membagikan video di halaman facebook mereka. Hal ini akan memungkinkan kamu mendapatkan lebih banyak pengunjung dan peluang untuk mencapai hasil maksimal menjadi lebih terbuka lebar. 

Manfaatkan Fitur Facebook Live Streaming dengan Maksimal

Bagi yang ingin menjangkau lebih banyak audiens, kamu bisa memanfaatkan layanan live streaming yang disediakan facebook. Ada banyak kemudahan dan keuntungan yang bisa didapatkan dari fitur unggulan ini. Manfaatkan Facebook Live Streaming sekarang juga, agar bisa mendapatkan lebih banyak angka penjualan di dalam bisnismu.

Baca Juga: Tips Sukses Bisnis Jual Beli Baju