10 Tips Merawat Bodi Mobil Bebas Karat dan Jamur di Musim Penghujan

Tampilan mobil yang mulus dan bersih tentunya akan semakin meningkatkan kepercayaan diri penggunanya. Tapi, menjaga tampilan body mobil agar tetap mulus meski sudah digunakan bertahun-tahun tentunya bukanlah hal yang mudah.

Apalagi saat memasuki musim penghujan, kamu harus memberikan perhatian ekstra supaya body mobil tetap mulus dan bebas karat serta jamur. Mobil yang terlalu lama dan sering terpapar air hujan lama-kelamaan akan membuat tampilannya kusam hingga berkarat.

Hal ini diakibatkan karena air hujan mengandung zat asam yang terbilang korosif sehingga bisa merusak lapisan body mobil. Jika terlalu lama dibiarkan, hal ini bisa menyebabkan munculnya karat dan jamur pada permukaan body mobil.

Tentunya tak mau hal tersebut terjadi pada mobil kesayangan, bukan? Kalau begitu, yuk langsung saja simak tips merawat body mobil agar bebas karat dan juga jamur saat musim hujan berikut ini!

Baca Juga: Menyingkap Serba-Serbi Mobil Hidrogen—Kelebihan, Kekurangan, hingga Harganya

Bingung cari asuransi mobil terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!
Pilih Tahun Kendaraan
Pilih Merek Mobil
Pilih Model Mobil
Pilih Tipe Mobil
Pilih Plat Kendaraan
Pilih Tipe Asuransi
 

Bagaimana Cara Mencegah Timbulnya Jamur di Body Mobil Saat Musim Penghujan?

loader

Merawat Body Mobil

  1. Cuci Mobil Secara Berkala

    Hal pertama yang harus para pemilik mobil lakukan adalah mencuci mobilnya secara rutin. Kalau tak sempat mencucinya sendiri, bawa saja mobilmu ke tempat cuci mobil khusus supaya lebih praktis. Biayanya juga terjangkau kok, mulai dari Rp25.000 – Rp50.000 saja untuk sekali cuci.

    Mencuci mobil secara rutin merupakan langkah untuk merawat mobil paling dasar yang harus kamu lakukan. Selain untuk menghilangkan debu, kotoran, dan residu yang menjadi media tumbuhnya jamur. Hal ini juga dilakukan untuk membersihkan sisa-sisa air hujan yang menempel pada body mobil sehingga potensi mobil berkarat bisa diminimalisir.

    Jangan lupa cuci secara menyeluruh ya, bukan hanya di bagian permukaan atas mobil saja melainkan sampai ke bagian kolongnya sekalian.

  2. Pilih-Pilih Tempat Parkir

    Untukmu yang nih mobilnya masih baru, kamu pasti akan jadi lebih selektif kan memilih tempat parkir? Lakukan hal tersebut secara continue ya, jangan hanya pas mobil masih baru saja. Melainkan saat mobil sudah digunakan selama bertahun-tahun pun kamu harus tetap selektif memilih tempat parkir.

    Tujuan utamanya supaya keamanan mobil terjaga dan terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan. Sebisa mungkin, pilihlah tempat parkir yang teduh dan beratap supaya mobilmu tak terkena guyuran hujan atau paparan sinar matahari langsung.

  3. Simpan Mobil di Garasi yang Aman

    Mau beli mobil? Pastikan sudah menyiapkan garasinya, ya. Jangan sampai mobilmu parkir di jalan dan mengganggu kenyamanan pengguna jalan lainnya. 

    Selain untuk kenyamanan bersama, membuat garasi mobil juga berfungsi untuk melindungi mobil, lho.

    Baik dari pencurian, goresan, hingga masalah seperti karat dan jamur. Kriteria garasi mobil yang baik antara lain:

    • Berada di ruangan tertutup dengan ventilasi yang baik dan beratap agar terlindung dari pancaran sinar matahari dan hujan secara langsung.
    • Berada di lingkungan yang kering, tidak lembab.
    • Untuk lantainya bisa plester atau lantai keramik, tergantung budget.
    • Jika garasi tersebut rentan terendam air, usahakan lantai dasarnya lebih tinggi dibandingkan daerah sekitarnya.

    Untuk rekomendasinya, kamu bisa membuat carport di depan rumah atau garasi tertutup di samping bangunan rumah.

  4. Waspada Terhadap Serangga dan Getah

    Cara untuk mencegah timbulnya karat dan jamur pada mobil yang selanjutnya adalah mewaspadai serangan serangga dan juga getah. Ketika sedang dalam perjalanan jauh di malam hari, akan ada banyak serangga yang tertabrak dan menempel pada kaca atau body mobil.

    Jika hal tersebut terjadi, cobalah untuk segera membersihkan dan mencucinya supaya bekas serangganya bisa hilang.

  5. Usahakan Menghindari Genangan Air

    Di beberapa kota besar, kamu mungkin akan menemukan jalanan yang berlubang dan memiliki genangan air. Hal ini biasanya terjadi ketika musim hujan datang, sebisa mungkin coba hindari genangan tersebut, apalagi jika genangannya cukup tinggi.

  6. Selalu Memeriksa Cat Mobil

    Saat berkendara di jalanan mobil bisa saja tergores, jadi coba periksa secara berkala ya. Goresan akan membuat cat pada body mobil terkelupas dan hal ini bisa mengakibatkan masalah lainnya di kemudian hari jika tidak segera diatasi. Pasalnya, body mobil yang terkelupas lebih rentan berjamur dan bahkan berkarat. 

Baca Juga: Rekomendasi Toko Aki Terdekat di Wilayah Jakarta

Tips Menghilangkan Jamur di Permukaan Body Mobil

Bagaimana jika mobil tersebut sudah terlanjur berjamur? Jangan menyerah, kamu bisa mengatasinya dengan beberapa trik dibawah ini!

  1. Bersihkan dengan Cuka Apel

    Cuka adalah bahan alami yang dapat efektif dalam menghilangkan jamur. Campurkan cuka apel dengan air dalam perbandingan 3 sendok makan untuk 1 liter air.

    Kemudian, aplikasikan larutan ini pada area yang terdampak jamur dengan menggunakan kain lembut. Gosok secara perlahan hingga jamur hilang, setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan.

  2. Bersihkan dengan Alkohol

    Alkohol juga bisa digunakan untuk melenyapkan jamur dari permukaan body mobil. Namun pastikan selalu untuk berhati-hati ketika menggunakannya, ya. 

    Gunakan alkohol 50-90%, lalu tuangkan secukupnya di atas kain halus. Kemudian usapkan secara perlahan pada permukaan mobil yang terlihat berjamur. Lanjut lap dengan kain kering lainnya sampai benar-benar bersih.

  3. Bersihkan dengan Pasta Gigi

    Perlengkapan untuk gosok gigi satu ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membersihkan jamur yang membandel lho. Cukup oleskan pada permukaan body mobil yang jamuran, tunggu hingga mongering, lalu lap hingga bersih.

  4. Gunakan Pembersih Khusus Jamur

    Ada pembersih khusus yang tersedia di pasaran yang dirancang khusus untuk menghilangkan jamur pada body mobil. Baca instruksi penggunaan dengan cermat dan ikuti petunjuk yang diberikan.

    Caranya cukup aplikasikan pembersih ini pada area yang terkena jamur, biarkan beberapa saat, kemudian gosok perlahan dengan sikat atau kain. Setelah itu, bilas dengan air dan keringkan.

Lakukan Perawatan Rutin dan Berkala Agar Body Mobil Tetap Kinclong

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah munculnya karat dan jamur pada mobil. Poin utama agar body tetap bagus dan awet adalah dari segi perawatan yang tepat dan rutin. Mulai dari mencucinya, menyimpannya di garasi, dan melakukan langkah perawatan secara tepat. 

Dengan perawatan yang tepat dan rutin sesuai kondisi, body mobil akan tampak kinclong dan lebih awet, bebas jamur dan karat.

Baca Juga: Mengenali Masalah Pada Kopling di Mobil SUV