Tips Mulai Bisnis Kekinian Dessert Box yang Omzetnya Semanis Rasanya

Selama musim pandemi, tidak hanya urusan cara atur uang dan selamatkan bisnis yang terancam gulung tikar yang butuh putar otak. Memikirkan jenis peluang usaha baru untuk jaga-jaga sebagai sumber penghasilan baru jika penghasilan utama mandek karena pandemi juga menjadi hal paling menantang selama musim pandemi ini.

Banyaknya jenis usaha kecil yang semakin menjamur kala pandemi terutama bisnis kuliner membuat kamu harus berhati-hati dalam memilih jenis bisnis agar tidak kalah saing atau tenggelam oleh mereka yang sudah memulai duluan.

Dari banyaknya pilihan bisnis kecil yang bisa dipilih, bisnis kuliner dimasa pandemi ini bisa dikatakan adalah pilihan yang paling aman hingga menguntungkan untuk digeluti.

Dan dari sekian banyaknya pilihan bisnis kuliner yang bisa dipilih, bisnis makanan/jajanan manis adalah pilihan yang bisa dikatakan paling aman untuk kamu yang punya modal minim.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Keuntungan Menggeluti Bisnis Dessert Box Terutama di Kala Pandemi

bisnis dessert box

Dari sekian jenis makanan manis yang bisa dipilih untuk dijadikan peluang usaha, tentu strateginya adalah memilih yang paling tren dong. Nah, dessert box adalah jenis kuliner kekinan yang sedang digandrungi banyak pecinta makanan manis.

Biar makin yakin untuk memulai bisnis kuliner manis mu sendiri. Ini keuntungan manis yang bisa didapat dari berbisnis Dessert Box:

1. Memiliki Banyak Penggemar Setia

Penggemar makanan manis sama banyaknya dengan penggemar makanan gurih dan pedas. Untuk itu kamu tidak perlu khawatir soal ketakutan dalam kesulitan mencari konsumen. Tidak laki-laki atau perempuan, dari yang muda sampai yang tua. Penggemar makanan manis juga memiliki pasar yang luas dan digemari segala lapisan masyarakat.

2. Memiliki Banyak Lapak untuk Berjualan Online

Dimusim pandemi setiap orang pasti lebih merasa aman jika membeli secara online, apalagi jika lapak online yang dipilih sedang musim promo. Nah, dengan memanfaatkan kebiasaan baru ini tentu saja lapak online untuk berjualan baik makanan ataupun produk lainnya pun semakin banyak.

Terutama untuk makanan, lapak online seperti di Instagram, Gofood, Grabfood bahkan sampai e-commerce seperti Shopee dan Tokopedia bisa dimanfaatkan sebagai lapak online dalam berjualan. Dengan semakin banyaknya lapak untuk berjualan maka semakin tipis juga risiko bisnis bangkrut atau tidak laku.

3. Modalnya Tipis Untungnya Super Manis

Memulai bisnis dessert box tidaklah mahal sama sekali, dengan menyiapkan sekitar Rp500.000 – Rp1 juta kamu sudah bisa berjualan dessert box.

Bahan mentah seperti:

  • Oreo (isi 12, Rp7,500 bisa untuk 2 dessert box)
  • Mentega (500gr, Rp5.000 – Rp8.000, tergantung merk yang dipilih dan bisa untuk 4-5 dessert box)
  • Susu putih cair murni tanpa rasa (1 Liter, Rp15.000 – Rp20.000, tergantung merk yang dipilih dan bisa untuk 2 dessert box)
  • Tepung Maizena (500 gr, Rp13.000 – Rp18.000, tergantung dari merk yang dipilih dan bisa untuk 5-6 dessert box)
  • Bubuk agar-agar (5gr atau 7 gr bisa mulai dari Rp2500 – Rp7500)
  • Toples dessert box (Rp55.000 – Rp80.000 untuk 1 dus isi 12 toples dessert box ukuran 10x10 atau dessert box size regular)

Dengan uraian ini, dengan modal Rp500.000 saja kamu sudah bisa memproduksi 15-25 dessert box rasa oreo dengan size regular. Dan harga bisa semakin murah jika kamu membeli di toko yang menjual bahan lebih murah.

4. Daya Tahan Makanan yang Lebih Tahan Lama

Salah satu keuntungan berjualan bisnis dessert box adalah daya tahannya yang cukup lama asalkan produk disimpan di tempat dingin seperti di freezer atau kulkas khusus.

Dessert box yang disimpan di pendingin bisa bertahan setidaknya 2-3 hari. Jadi kerugian makanan yang terbuang karena makanan rusak pun semakin sedikit.

Baca Juga:  Hai Milenial, Ini Dia 7 Peluang Usaha Kekinian Paling Tepat di Tahun 2020

Tips Memulai Bisnis Dessert Box

bisnis dessert box

Keuntungan sudah tahu, persiapan kisaran modal sudah paham, yang kurang tinggal menjalankannya secara nyata saja. Eits, biar tidak salah langkah, kamu bisa praktikan beberapa tips-tips memulai bisnis dessert box berikut biar bisa cepat laku:

1. Persiapkan Menu Dessert Box Paling Populer

Untuk masa-masa awal bisnis mengikuti tren dan selera paling banyak adalah langkah yang paling penting. Jadi, jangan berpikir untuk berfikir menciptakan menu baru atau kreasi baru yang kurang familiar. Kamu bisa mencoba menu baru jika bisnis sudah lumayan dan memiliki konsumen setia.

Nah, ada beberapa rasa/menu dessert box yang paling populer dan tentunya paling banyak penggemarnya yaitu:

  • Coklat
  • Ovaltine
  • Milo
  • Oreo
  • Red velvet
  • Tiramisu
  • Dalgona
  • Cream Cheese
  • Matcha/Green Tea
  • Choco Regal

2. Jual Juga dengan Varian Size

Jangan hanya memperbanyak menu saja, tapi juga varian ukuran agar lebih mudah lagi menggapai lebih banyak lagi konsumen. Jika biasanya yang dijual adalah ukuran regular untuk porsi 1-2 orang, cobalah untuk menjual size lebih besar yang bisa untuk porsi 4-5 orang atau dessert box ukuran 30x30 yang bisa dijadikan edisi cake ulang tahun/pesta.

Bisa juga menjual ukuran cup kecil untuk yang tidak bisa memakan manis terlalu banyak. Kamu juga bisa mencoba untuk menjual untuk kurang 10-20 orang sebagai edisi special yang harus di pre-order secara khusus, misalnya 4-5 hari sebelum hari H.

Dengan banyaknya pilihan, maka pelanggan pun akan semakin betah untuk belanja lebih banyak lagi varian dessert box lain dari toko kamu.

3. Gunakan Semua Platform

Seperti yang ditulis sebelumnya pada bagian keuntungan, sebagai salah satu makanan yang sedang populer maka gunakanlah setiap platform yang kamu lihat juga menjual makanan serupa. Baik itu Gofood, Grab food, e-commerce, sosial media (Instagram, facebook, twitter & WA group), dan blog.

Untuk Gofood dan Grab food cobalah untuk mengregistrasikan diri kamu seminggu sebelum hari H, agar jadwal penjualan pertama bisa tepat waktu.

4. Jangan Lupa Pasang Promosi/Diskon Spesial

Memberikan promo khusus atau diskon special adalah strategi wajib yang harus dilakukan untuk setiap pebisnis baru. Menarik perhatian calon konsumen adalah hal yang lebih penting daripada raih keuntungan sebanyak-banyaknya di masa-masa awal bisnis mu.

Gunakanlah promo seperti kode special, atau gratis dessert box size varian rasa apa saja untuk 100 pemesan pertama. Dengan pemilihan jenis promosi yang tepat, dijamin dagangan akan semakin laris manis dengan lebih cepat.

5. Beri Diskon Spesial pada Menu Paling Popular

Untuk tahap ini, tentu kamu harus melakukan survei terlebih dahulu. Misalnya memberi potongan harga pada semua menu dessert selama seminggu dan perhatikan mana yang paling banyak dibeli. Setelah itu, berikanlah diskon khusus yang baru pada menu popular tersebut seperti potongan 30% untuk dessert box oreo size regular dengan maksimal pembelian Rp60.000.

Intinya, ciptakan lah strategi promosi sekreatif mungkin untuk menarik perhatian lebih banyak calon pembeli.

Baca Juga: Intip 7 Trik Mendatangkan Rupiah Berlimpah dari Usaha Rumahan

Jangan Cuman Berhenti di Angan-Angan Saja

Tidak usah menunggu krisis keuangan dulu untuk memulai bisnis mu sendiri. Jika kamu merasa berbisnis adalah cita-citamu sejak dulu, maka tidak ada waktu yang paling tepat kalau bukan sekarang untuk memulainya.

Ingat dalam berbisnis, kesempatan itu bukan dicari tapi diciptakan! Jadi jika mau benar-benar ingin berbisnis teori saja tidak cukup, praktik langsung dan belajar dari proses adalah kunci utama menjadi pebisnis yang sukses.

Baca Juga:  7 Ide Pekerjaan untuk Tambah Penghasilan yang Bisa Dilakukan selama #DiRumahAja