Tips Sukses Bisnis Jasa Penyalur Pembantu Rumah Tangga

Di kota-kota besar seperti di kota jakarta, surabaya dan juga kota lainnya saat ini kebutuhan akan pembantu rumah tangga sangat tinggi. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh semakin meningkatnya kesejahteraan hidup warga kelas menengah keatas dan juga berbagai hal lain seperti semakin meningkatnya kegiatan atau pekerjaan di luar rumah yang memaksa orang-orang tersebut  untuk mempekerjakan asisten rumah tangga untuk membantu mengurus rumah. Tidak hanya didalam negeri, permintaan akan pembantu rumah tangga di luar negeri juga sangat besar sampai sekarang seperti di negara-negara timur tengah, malaysia dan juga negara Asia timur seperti hongkong dan taiwan.

Permintaan pembantu rumah tangga tetap tinggi setiap tahunnya, hal tersebut juga tidak terlepas dari problem diatas. Ada kecenderungan bahwa pembantu rumah tangga biasanya berganti atau bertahan hanya setahun. Salah satu alasannya adalah disaat lebaran, para pembantu rumah tangga akan pamit untuk pulang ke kampung halamannya untuk bertemu dan merayakan lebaran bersama keluarga. Sebagian besar dari para pembantu rumah tangga tersebut biasanya enggan kembali untuk bekerja dikarenakan berbagai hal seperti mendapatkan pekerjaan di tempat lain yang lebih baik, atau ingin hidup dan mengadu nasib di tempat asalnya.

Tren Permintaan Pembantu Rumah Tangga Semakin Tinggi

Turn over atau pergantian pembantu rumah tangga yang cepat tentu menimbulkan kerepotan tersendiri bagi para pemberi kerja atau majikan mereka yang akan kebingungan karena orang yang biasanya dapat diAndalkan untuk mengurus dan membersihkan rumah sudah tidak ada lagi. Tentunya mereka harus mengurus semuanya sendiri mulai dari mencuci baju anak, mengepel dan juga menyapu lantai, serta mengurus makanan bagi suami dan anak-anak mereka.

Hal tersebutlah yang menjadi salah satu alasan mengapa permintaan pembantu rumah tangga tidak pernah sepi. Hal tersebut tentu saja menjadi peluang bisnis yang cukup baik untuk Anda yang menginginkan untuk terjun di bidang penyalur tenaga kerja pembantu rumah tangga.  Terutama karena target pasar yang cukup besar mengingat saat ini banyak sekali para orang tua atau pasangan suami-istri yang bekerja dan tidak memiliki waktu luang untuk mengurus dan mengerjakan pekerjaan rumah. Pembantu rumah tangga menjadi suatu hal yang sangat dibutuhkan dan menjadi keharusan bagi mereka.

Tips Bisnis Penyalur Pembantu Rumah Tangga

Bagi Anda yang tertarik dan sedang ingin memulai bisnis penyalur pembantu rumah tangga, maka sebaiknya Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Membentuk Badan Usaha dan Izin Usaha

loader

Memulai Usaha via cdn.bisnisukm.com

 

Untuk memulai bisnis usaha jasa penyalur pembantu rumah tangga sebaiknya dilakukan dengan memperoleh legalitas terlebih dahulu yaitu dengan cara membentuk badan usaha serta mendapatkan izin dari pemerintah daerah untuk menjalankan usaha tersebut agar tidak ada masalah yang merepotkan dikemudian hari. Bentuklah suatu badan usaha yang bisa berbentuk CV atau sebuah firma. Hal ini tentunya bisa menarik minat banyak pencari pekerja dan juga minat para pengguna jasa.

Untuk permohonan pembentukan badan usaha bisa Anda lakukan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang ada dimasing-masing daerah atau provinsi. Pastikan Anda sudah menyiapkan apa-apa saja syarat yang diperlukan untuk membuka badan usaha. Informasi tersebut bisa Anda lihat di website Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

2. Temukan Sumber Daya Manusia Yang Kompeten

loader

Pekerja Rumah Tangga via 3.bp.blogspot.com

 

Jika kita ingin memiliki usaha jasa penyalur tenaga kerja pembantu rumah tangga, tentunya produk utama kita adalah sumber daya manusia yaitu para pekerja rumah tangga. Anda harus mempersiapkan berbagai hal untuk menyaring dan merekrut para pencari kerja untuk dipekerjakan menjadi pembantu rumah tangga. Proses seleksi sangat penting untuk dilakukan agar nantinya kita bisa memberikan kualitas dan juga dapat memenuhi kebutuhan dari para klien yang akan menggunakan jasa pembantu rumah tangga tersebut.

Proses seleksi tersebut bisa dilakukan dengan terjun langsung mencari kandidat yang baik atau juga bisa dengan menggunakan jasa serta bantuan orang lain untuk mencari tenaga kerja di daerah-daerah tertentu. Kebanyakan orang yang ingin bekerja menjadi pembantu rumah tangga adalah mereka yang berada di wilayah pedesaan atau di daerah atau wilayah pinggiran kota. Anda juga dapat menggunakan jasa lain diantaranya:

  • Jasa iklan di surat kabar atau koran
  • Jasa iklan melalui situs online
  • Atau melalui iklan di selebaran yang bisa disebar disekitar jalan

Dengan melalui metode tersebut, Anda bisa dengan lebih mudah mendapatkan calon tenaga kerja yang akan kita saluran untuk menjadi pembantu rumah tangga nantinya.

Baca Juga : 10 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula

3. Perhatikan Data dan Latar Belakang Tenaga Kerja

loader

Wawancara Dengan Calon Pekerja via lovelace-media.imgix.net

 

Perhatikan juga latar belakang, status, pendidikan dan juga data diri dari calon pembantu rumah tangga yang ingin Anda rekrut. Hal tersebut cukup penting terutama jika nantinya klien Anda menginginkan pembantu rumah tangga dengan kriteria tertentu. Cermatilah asal-usul dari mereka dengan teliti. Lihat juga apakah mereka memiliki perangai dan berkelakuan baik atau tidak. Bila diperlukan Anda juga bisa meminta syarat yang berupa surat berkelakuan baik yang didapat dari pihak kepolisian Indonesia. Dengan begitu Anda bisa mengurangi resiko akan masalah yang bisa timbul dikemudian hari.

4. Buka Kantor di Tempat Yang Strategis

loader

Contoh Kantor di Lokasi Strategis via buildingbutler.com

 

Setelah memiliki surat izin usaha dan badan usaha serta memiliki calon tenaga kerja yang siap, tentunya akan kurang jika Anda tidak memiliki bangunan kantor yang sesuai dan juga layak huni untuk digunakan sebagai tempat untuk para calon pembantu rumah tangga tinggal sementara untuk persiapan sebelum direkrut dan disalurkan. Temukanlah tempat dengan bangunan yang layak huni namun tidak perlu terlalu mewah atau terlalu megah, cukup tempat sederhana namun layak karena hanya akan digunakan untuk sementara saja.

Tempat tersebut juga penting yang nantinya akan digunakan juga untuk melatih para calon pembantu rumah tangga yang masih minim pengalaman dan untuk memberi bekal pengetahuan terutama jika mereka akan disalurkan keluar negeri.

Baca Juga : Lakukan 5 Hal Ini Dalam Membuat Kontrak Bisnis

Penyalur Pembantu Rumah Tangga, Bisnis yang Tak Akan Pernah Sepi

Beberapa tips atau poin-poin penting di atas bisa menjadi perhatian khusus jika ingin memulai membuka usaha jasa penyalur pembantu rumah tangga yang berhasil dan sukses. Bisnis jasa penyalur rumah tangga sampai sekarang masih menjadi usaha yang menjanjikan hingga cukup lama ditambah permintaan dan kebutuhan yang tinggi akan asisten rumah tangga setiap tahunnya.

Memulai bisnis bisa dilakukan dengan modal yang tidak terlalu besar, yang pasti hampir di setiap bisnis, kemauan yang tinggi dan usaha yang keras mutlak diperlukan untuk bisa sukses dan berhasil. 

Baca Juga : 5 Cara Mengalahkan Tantangan Pada Bisnis Anda