Tips Sukses Bisnis Jual Beli Baju

Memulai dan mengembangkan sebuah bisnis yang baru merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi orang yang melakukannya. Barangkali sebagian besar orang menganggap hal tersebut bukanlah sesuatu yang luar biasa karena mereka telah terbiasa melakukannya, namun bagi seorang pemula tentu saja hal ini adalah sebuah hal yang sangat membutuhkan pemikiran dan konsep yang matang dalam pelaksanaannya. Segala sesuatunya harus direncanakan dengan sempurna, agar hasil yang didapatkan kelak juga akan sesuai dengan harapan.

Salah satu bisnis yang paling menjanjikan dan selalu memiliki daya tarik tersendiri bagi banyak orang adalah bisnis pakaian. Sebagai salah satu kebutuhan utama manusia, bisnis pakaian tentu saja tidak akan pernah sepi dari pembeli. Namun hal tersebut tentu saja berbanding lurus dengan jumlah pebisnis di bidang bisnis ini yang juga tak pernah sepi, bila banyak peluang maka tentu juga akan ada banyak pesaing yang berusaha memanfaatkannya.

Menjadi seorang pemula di dunia bisnis pakaian tidak harus selalu dibarengi dengan rasa khawatir akan ketatnya aroma persaingan, kita tetap dapat sukses di bidang tersebut bila kita bisa membuat sebuah perencanaan bisnis yang baik dan mampu menjalankannya dengan cerdas.

Baca Juga: 26 Bisnis Online Menjanjikan

Memulai Bisnis dengan Modal Kecil Bahkan Tanpa Modal

loader

Bisnis Pakaian Tanpa Modal via blogspot.com 

Di bawah ini adalah tahap-tahap yang dapat kita lakukan untuk menjalankan sebuah bisnis di bidang pakaian:

1. Mengawali Bisnis dengan Menjadi Seorang Reseller/Dropshipper

Banyak orang yang selalu beranggapan bahwa modal adalah penghambat terbesar di dalam membangun sebuah bisnis. Hal tersebut bisa saja benar, namun tidak sepenuhnya benar karena ada banyak pilihan yang dapat anda ambil untuk mengatasi masalah keterbatasan modal tersebut dan salah satunya adalah dengan menjadi seorang reseller atau dropshipper pakaian.

Tanpa modal? Ya, tentu saja kita bisa berbisnis tanpa modal. Di sini hanya keahlian pemasaran kita yang perlu kita andalkan, jadi lupakan masalah produksi, pengadaan modal dan yang lainnya. Kita dapat memulai bisnis menjadi seorang reseller/dropshipper dengan mencermati beberapa poin di bawah ini:

  1. Menemukan Supplier Produk yang Tepat
    Ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan. Pilih dan jalinlah kerjasama hanya dengan supplier yang bagus dan dapat dipercaya. Lakukan kerjasama awal dengan beberapa supplier handal dan selanjutnya kita dapat memilih hanya supplier yang terbaik saja sebagai rekan bisnis jangka panjang.

  2. Menjalin Hubungan yang Baik dengan Rekan Bisnis
    Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan setelah menemukan supplier yang sesuai untuk menjadi rekan bisnis jangka panjang, maka tidak ada salahnya jika kita menjalin hubungan yang baik dan lebih dekat dengan mereka. Bila ada kesempatan, datang dan bertamulah ke tempat bisnis mereka, hal ini tentu saja membuat hubungan bisnis kita akan semakin baik dan lancar ke depannya karena banyak hal dan masalah di dalam bisnis kita yang bisa kita diskusikan bersama mereka. Ini juga bisa dilihat sebagai bentuk kesungguhan kita di dalam menjalin kerja sama dengan mereka.

  3. Berjualan dengan Pintar
    Sebagai pebisnis yang bergerak di bidang pemasaran, maka sudah sepatutnya kita memiliki strategi jitu di dalam hal tersebut. Manfaatkan teknologi yang ada untuk mendukung kelancaran bisnis kita, gunakan sarana sosial media seperti Facebook dan Twitter sebagai wadah untuk melakukan promosi. Jangan salah, banyak orang yang sukses berbisnis hanya dengan mengandalkan kedua media tersebut. Kita dapat mempelajari sistem pemasaran online sebagai sarana pendukung bagi bisnis kita, di antaranya: Search Engine Optimization (SEO), Social Media Optimation (facebook, twitter, Instagram), dan  Paid Traffic Source yang akan membuat pemasaran produk kita bisa berjalan lancar dan dibanjiri orderan. Dalam fase ini, kita dapat menabung dan menyimpan sejumlah uang yang dapat kita gunakan kelak sebagai modal usaha.

2. Mulai Membuat Toko Sendiri

Setelah modal yang kita miliki kira-kira mencukupi untuk sebuah usaha bisnis nyata, maka langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah membuka sebuah toko dan membuat stok pakaian sendiri di sana. Dalam tahap ini, pemasaran melalui media online masih harus tetap dijalankan, namun bedanya kita sudah akan memiliki stok barang dan toko fisik sendiri. Kita akan membutuhkan setidaknya satu orang karyawan dalam operasional karena dalam tahap ini kita sudah akan menangani penerimaan pesanan, pengadaan dan bahkan pengiriman barang kepada konsumen.

Penting bagi kita untuk menguasai ilmu manajemen persediaan barang dan juga keuangan. Kita harus melakukan pencatatan stok barang dan bahkan semua hal yang berkaitan dengan masalah pengeluaran dan pemasukan uang yang dilakukan. Hal yang tak kalah penting adalah tetap mengatur keuangan dengan bijak dan menyimpan modal untuk membangun usaha yang lebih besar lagi ke depannya.

3. Mulai Produksi Sendiri

Sebagai pebisnis yang selalu berkembang, kita tentu saja ingin naik level dan mempelajari setiap hal yang berhubungan dengan bisnis yang kita lakukan. Setelah mempelajari secara detail mengenai pengadaan bahan, tahapan produksi, pengelolaan stok barang dan keuangan serta sistem pemasaran yang baik, maka tahap selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah melakukan produksi sendiri. Tahap ini akan menjanjikan keuntungan yang lebih besar dan tentu saja dibarengi dengan resiko bisnis yang lebih besar pula, karena itu pastikan kita telah dalam keadaan benar-benar siap saat mengambil keputusan untuk melakukan hal ini.

4. Merintis Sistem Kemitraan

Pada tahap ini kita sudah dapat bernafas sedikit lega karena saat mulai berada di posisi ini, maka bisnis yang kita lakoni telah melampaui tahap produksi sendiri. Itu sebuah pencapaian yang patut diacungi jempol, mengingat kita memulainya nyaris tanpa modal.

Mulailah membangun sistem kemitraan pakaian dengan membuat 3 kategori kerja sama seperti di bawaah ini:

  • Paket Distributor untuk mitra kerja sama dalam jumlah yang cukup besar
  • Paket Agen untuk kerja sama dalam jumlah sedang
  • Paket reseller untuk pembelian dalam jumlah yang kecil

Pastikan setiap unit produksi dan pemasaran kita dapat berjalan dengan baik dan lancar dalam memenuhi setiap permintaan dari konsumen. Bekerjalah lebih giat lagi karena semakin besar bisnis, maka akan semakin besar pula sumber daya yang kita butuhkan untuk menjalankannya.

Baca Juga: Mau Usaha Rumahan Anda Sukses? Ikuti 30 Resep Ini!

Memulai Bisnis Pakaian Bagi yang Memiliki Modal

loader

Memulai Bisnis Pakaian dengan Modal via longbeachstuff.com

 

Tentu akan sangat berbeda bila kita akan memulai sebuah bisnis pakaian dengan memiliki sejumlah uang sebagai modal awal, maka kita tidak perlu menjadi seorang reseller atau dropshipper untuk sekedar mengumpulkan sejumlah modal usaha untuk melakukannya karena kita dapat segera memulainya dengan cara membuka toko pakaian secara langsung dan segera memulai bisnis tersebut.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kita lakukan untuk mempermudah langkah kita di dalam memulai bisnis di bidang pakaian:

  • Lakukan Survey Pasar
    Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah melihat peluang bisnis pakaian yang akan kita jalankan. Lakukan survey pasar dan cermati kondisi persaingan bisnis dan peluang yang akan kita hadapi nantinya, hal ini sangat penting sebagai sebuah antisipasi terhadap resiko yang akan kita tanggung di dalam menjalankan bisnis kita.

  • Tentukan Jenis Pakaian yang Akan Dijual
    Setelah melakukan survey, maka kita perlu untuk menentukan secara detail jenis pakaian yang akan kita jadikan produk di dalam bisnis kita. Pada dasarnya ada banyak pilihan yang dapat kita ambil, misalnya hanya menjual pakaian dalam segmen tertentu saja, seperti: pakaian bayi, pakaian remaja, pakaian kerja, pakaian pria dan jenis lainnya.

  • Pilih Lokasi Strategis
    Hal lain yang tak kalah penting adalah mengenai lokasi di mana kita akan membuka bisnis pakaian tersebut. Ini adalah salah satu faktor penentu bagi kesuksesan bisnis yang kita jalankan, karena itu pastikan memilih lokasi terbaik dan paling strategis.

  • Temukan Supplier yang Tepat
    Ada baiknya kita tidak memproduksi sendiri dulu pakaian yang akan kita jual, hal ini untuk memperkecil resiko kerugian yang akan kita tanggung, mengingat kita harus melihat perkembangan bisnis tersebut terlebih dahulu selama beberapa waktu ke depan. Untuk bermain aman, temukan dan jalinlah kerja sama dengan beberapa supplier terbaik di dalam bisnis pakaian kita.

  • Miliki Strategi Promosi yang Jitu
    Jangan menjalankan bisnis dengan sistem pemasaran yang biasa-biasa saja. Kita harus melakukan serangkaian promosi jitu untuk menarik banyak konsumen ke toko kita. Selain melalui internet, kita juga dapat melakukan promosi langsung di toko kita dengan cara memberi penawaran khusus pada pelanggan pertama, memberi diskon pada pembeli kesekian, atau membuat tampilan toko kita semenarik dan senyaman mungkin bagi para konsumen.

  • Berikan Pelayanan Terbaik
    Pembeli adalah raja, maka selalulah beri pelayanan terbaik pada konsumen kita. Banyak ahli yang berpendapat bahwa sebagian besar pelanggan akan kembali berbelanja ke toko yang sama karena mereka merasa puas dengan pelayanan di toko tersebut. Jadi diskon bukanlah selalu menjadi pilihan utama bagi orang saat berbelanja, namun pelayanan yang mereka dapatkan adalah hal yang paling akan diingat oleh mereka.

Jual di E-commerce

Saat ini belanja online sudah menjadi kegiatan yang tidak bisa terpisahkan. Tempat belanja online yang menjadi favorit semua kalangan adalah di e-commerce. Mulai dari Tokopedia, Shopee, Lazada dan lainnya. Nah, e-commerce ini tentunya bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak. Sebab, e-commerce bisa menjangkau semua masyarakat di Indonesia. Buatlah akun e-commerce dengan baik, mulai dari profil, unggahan katalog deskripsi dan sebagainya.

Media Sosial Untuk Promosi

Banyaknya pengguna media sosial seperti Facebook, Instagram dan kini ada Tik Tok, ini akan menjadi ladang baru kita untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi. Bukan jualan di media sosial, akan tetapi jadikan media sosial tersebut sebagai tempat promosi produk jualan.

Buat akun bisnis, kemudian mulai promosikan produk jualan dengan tepat. Buatlah berbagai konten jualan dengan rutin. Selain upload produk, bisa juga unggah konten terkait perawatan produk, pemakaian dan tips-tips menarik lainnya.

Pasang Iklan

Ketika kita ingin jualan kita semakin berkembang, makan jangan ragu untuk mengeluarkan modal. Anda bisa sisihkan modal untuk pasang iklan di berbagai tempat, mulai dari media sosial Facebook, Instagram, hingga di e-commerce. Agar produk yang diiklankan bisa tepat sasaran, sebaiknya pelajari dan pahami prosedur iklan tersebut. Selain itu, juga bisa cari informasi lain dari orang yang telah berpengalaman berhasil cuan dari pasang iklan di internet.

Sabar dan Pantang Menyerah

Untuk bisa mencapai kesuksesan yang diimpikan dalam membangun sebuah bisnis jual beli baju, dibutuhkan sebuah proses yang panjang dan tak jarang sangat berliku. Semua itu bisa dilalui dengan sebuah perjuangan serta kesabaran yang kuat. Hadapi semua tantangan yang datang pada Anda dalam perjalanan menuju kesuksesan tersebut tanpa menyerah dan pada akhirnya nanti Anda akan menikmati semua jerih payah tersebut dengan membanggakan.

Baca Juga: 21 Usaha Sampingan dengan Modal Kecil