Tips Sukses Jalankan Bisnis Musiman di Bulan Ramadhan

Bulan Ramadhan dikenal dengan bulan penuh berkah, di mana umat muslim di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa Ramadhan dan berlomba-lomba melakukan kebaikan guna memperbanyak pahala.

Di bulan ini juga terselip berbagai peluang bisnis musiman yang bisa di coba guna menambah pendapatan Anda. Namun, peluang usaha di bulan Ramadhan bersifatnya hanya sementara. Artinya, barang dijual hanya akan trending pada saat bulan puasa hingga menjelang hari raya lebaran saja.

Meskipun sebentar, bisnis musiman selama bulan Ramadhan memiliki potensi keuntungan yang sangat menjanjikan karena daya beli dan tingkat konsumsi masyarakat secara umum meningkat.

Oleh sebab itu, Anda bisa memanfaatkan dengan baik momen Ramadhan tahun ini untuk berbisnis. Menjalankan bisnis musiman tidaklah sulit. Kuncinya, Anda harus berusaha melakukannya dengan sungguh-sungguh dan memiliki strategi bisnis yang tepat supaya hasilnya maksimal.

Lalu, apa saja hal yang perlu disiapkan dan diperhatikan dalam berbisnis musiman di tengah pesatnya persaingan bisnis tahun ini? Anda tak perlu bingung, simak tips sukses berbisnis sampingan di kala bulan Ramadhan dari Cermati.com berikut ini:

1. Pilih Jenis Bisnis dan Produk yang Diminati

loader

Hal utama yang perlu dilakukan adalah menentukan jenis bisnis dan produk dagangan. Kiat sukses berbisnis musiman adalah pandai memilih jenis bisnis dan produk yang berpotensi laris manis, disukai dan dibeli banyak orang. 

Berikut contoh ide jenis bisnis yang bisa dijadikan pilihan di bulan Ramadhan:

  • Bisnis Kuliner: Makanan Takjil, Katering Sahur dan Buka Puasa, Katering Lebaran
  • Bisnis Fashion: Busana Muslim (Baju Gamis, Baju Koko, Baju Anak-Anak Muslim, Baju Muslimah, Hijab)
  • Bisnis Alat-Alat Ibadah: Mukenah, Peci, Sarung, Sajadah, Quran, Tasbih
  • Bisnis Lainnya: Kurma, Madu, Parcel atau Hampers Lebaran, Kue Lebaran, Sembako Edisi Paket Ramadhan/Lebaran

2. Gencar Promosi secara Offline dan Online

loader

Strategi selanjutnya yang juga penting dilakukan dengan baik agar bisnis musiman laris manis adalah promosi. Buatlah rencana dan lakukan promosi jualan secara offline dan online.

Hal ini penting sebab momen Ramadhan terhitung singkat, hanya 30-40 hari saja. Jadi semakin gencar promosi bisnis dilakukan, semakin besar pula produk Anda diketahui dan terjual di tengah masyarakat.

Tips strategi promosi offline:

  • Informasikan bisnis Anda kepada tetangga, teman dan keluarga secara langsung maupun melalui WhatsApp.
  • Anda juga bisa membuat tulisan ukuran besar, print, laminating dan tempelkan di depan rumah, atau pasang banner / spanduk menarik di depan rumah yang menginformasikan barang jualan Anda.

Tips strategi promosi online:

  • Promosikan bisnis Anda melalui akun sosial media pribadi (Facebook, Instagram, Tiktok) atau buatlah akun bisnis khusus jualan.
  • Buat konten postingan yang menarik berupa foto dan video produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa bergabung, berjualan dan promosi melalui e-commerce atau aplikasi jualan online. Jangan lupa untuk rutin posting konten ya!
  • Siapkan bujet lebih untuk memasang iklan berbayar di sosial media dan platform e-commerce. Cara ini akan meningkatkan peluang produk Anda diketahui pembeli lebih cepat dan bisa lebih tepat sasaran sesuai dengan tipe pembeli yang Anda inginkan.
  • Adakan kuis atau giveaway dengan tujuan menarik lebih banyak minat pembeli. Anda bisa memberikan promosi berupa potongan harga, gratis ongkir atau hadiah langsung.

3. Siapkan Modal Usaha yang Cukup

loader

Strategi selanjutnya adalah memiliki modal usaha yang cukup supaya bisnis musiman yang Anda jalankan berjalan lancar, stok barang aman dan pelanggan Anda puas. Namun, Anda tak perlu berkecil hari apabila saat ini Anda mengalami kesulitan mencari modal untuk berbisnis di bulan Ramadhan tahun ini. Tenang, ada solusi keuangan yang dapat membantu persoalan permodalan usaha Anda, yaitu gunakan Kredit Serba Guna dari J Trust Bank.

Caranya mudah, cukup dengan menjaminkan sertifikat rumah, Anda bisa mendapatkan pinjaman tunai mulai dari Rp100 juta hingga Rp2 miliar, suku bunga 12,05% per tahun dengan jangka waktu pinjaman sampai dengan 10 tahun.

Persyaratan dokumen pengajuan pinjaman juga mudah dan prosesnya cepat. Selain buat modal usaha, pinjaman tersebut dapat digunakan untuk semua kebutuhan, seperti biaya renovasi rumah, biaya sekolah, nikah hingga berobat.

Maksimalkan Usaha Agar Bisnis Menuai Banyak Berkah

Menyoal bisnis musiman, pastinya akan banyak pesaing. Anda tak perlu khawatir, fokuslah untuk selalu memaksimalkan usaha dan teruslah melakukan yang terbaik. Jangan lupa untuk senantiasa selalu berinovasi, menjaga kualitas dan modal usaha. Apapun bisnis musiman yang akan Anda jalankan,  Kredit Serba Guna J Trust Bank Bank siap membantu usaha Anda semakin sukses di bulan Ramadhan tahun ini.