Tokopedia Seller: Fitur dan Cara Membuat Akunnya

Menjadi Tokopedia seller merupakan salah satu cara mudah untuk mendapatkan kesuksesan di dalam bisnis online. Ini bisa menjadi pertimbangan yang tepat untuk kamu yang sedang berniat terjun ke dunia bisnis online dengan cara yang mudah dan simpel.

Sejak lama Tokopedia memang dikenal sebagai salah satu marketplace terbesar dan sekaligus memiliki jumlah pengguna terbesar di tanah air. Hal inilah yang membuat banyak seller Tokopedia bisa meraih kesuksesan dari bisnis online yang mereka jalankan melalui platform yang satu ini. 

Tokopedia merupakan perusahaan retail yang bernaung di bawah PT Tokopedia dan didirikan di tahun 2009 silam oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Keduanya bisa membawa Tokopedia sukses dan menjadi unicorn serta mendapatkan banyak pendanaan dari berbagai perusahaan besar dunia. 

Di dalam perkembangannya, Tokopedia bahkan berhasil melantai di bursa dan mendapatkan lebih banyak dana dalam mengembangkan bisnisnya. Banyak hal yang membuat Tokopedia lebih unggul jika dibandingkan dengan marketplace lainnya di Indonesia, salah satunya Tokopedia seller center yang cukup mumpuni dan mudah untuk digunakan. 

Ingin bayar BPJS Ketenagakerjaan anti ribet? Cermati solusinya!

Bayar BPJS  Ketenagakerjaan Sekarang!  

Tokopedia Seller Center dan Fiturnya

loader  

Tokopedia seller center adalah sebuah platform yang secara khusus dibuat oleh Tokopedia untuk kebutuhan aktivitas bisnisnya. Melalui layanan tersebut, para seller Tokopedia bisa menjual berbagai produk mereka dengan lebih mudah dan simpel, sehingga semua aktivitas bisnis bisa berjalan dengan lancar. 

Seller center Tokopedia didesain dengan sedemikian rupa dan hanya bisa diakses melalui Tokopedia seller login terlebih dahulu. Hal ini akan menjaga keamanan toko, sebab hanya pemilik akun toko saja yang mengetahui Tokopedia seller login dan bisa mengaksesnya.

Seller center Tokopedia memungkinkan para seller Tokopedia untuk mengelola toko mereka dengan cara yang maksimal, bahkan dengan cara yang terpusat sekaligus. Hal ini akan membuat bisnis menjadi lebih lancar, sehingga potensi untuk mendapatkan keuntungan besar tentu menjadi lebih luas. 

Penggunaan Tokopedia seller login yang bersifat personal akan membuat keamanan akun dan privasi seller tetap terjaga dengan baik. Beragam fitur yang terdapat dalam Tokopedia seller center juga akan memudahkan para seller Tokopedia untuk melakukan berbagai tugas dengan mudah. 

Berikut ini adalah beberapa fitur yang bisa digunakan Tokopedia Seller pada seller center Tokopedia: 

  • Manajemen Produk 

Ini merupakan fitur yang memungkinkan Tokopedia seller mengatur berbagai hal terkait produk yang akan dijual secara detail, misalnya: harga produk, stok produk, deskripsi, ukuran dan berat produk, dan yang lainnya. Fitur ini akan membuat seller lebih mudah untuk menjelaskan produk kepada calon konsumen, sehingga kekeliruan dan masalah dalam penjualan bisa dihindari. 

  • Chat 

Fitur yang satu ini memang terlihat simpel, namun akan sangat bermanfaat bagi kelancaran bisnis seller Tokopedia. Selain mudah dan cepat, komunikasi yang lancar melalui fitur ini tentu akan memungkinkan kesuksesan penjualan bisa lebih mudah untuk didapatkan. 

Fitur chat ini memungkinkan para Tokopedia seller lebih mudah untuk berkomunikasi dengan para konsumen secara personal, di mana mereka bisa menjawab langsung berbagai pertanyaan yang diberikan konsumen. 

  • Diskusi 

Fitur unggulan seller center Tokopedia ini juga cukup membantu dan banyak digunakan oleh para konsumen. Melalui fitur ini, para konsumen bisa menanyakan berbagai hal terkait produk tertentu yang akan mereka beli. 

Pertanyaan ini akan langsung muncul pada halaman produk yang berkaitan dan bisa dilihat oleh konsumen lainnya. Selain menyelesaikan pertanyaan konsumen yang bersangkutan, halaman diskusi produk ini juga bisa memberikan informasi pada konsumen yang tertarik dengan produk tersebut. 

  • Manajemen Penjualan 

Tokopedia seller center juga akan mempermudah pekerjaan Tokopedia seller melalui fitur yang satu ini. Pengelolaan bisnis akan lebih mudah ketika menggunakan fitur ini, sebab seller dimungkinkan untuk melakukan berbagai tugas dengan cepat, seperti: informasi terkait pesanan yang masuk, pesanan yang sedang dalam proses, pesanan yang sudah selesai, dan yang lainnya. 

  • Statistik 

Fitur yang satu ini memungkinkan para Tokopedia seller melihat statistik bisnis dengan lebih mudah, baik itu informasi penjualan dan juga konsumennya. Fitur ini akan sekaligus membantu seller lebih mudah untuk memaksimalkan bisnis, termasuk membuat strategi pemasaran, promosi, dan hal lainnya yang dibutuhkan. 

  • Search 

Ini adalah fitur yang bisa dimanfaatkan oleh seller Tokopedia untuk mengakses berbagai informasi terkait platform Tokopedia seller center itu sendiri, misalnya: informasi penjualan, Tokopedia seller login, layanan yang disediakan, stok barang, dan yang lainnya. 

  • Voucher 

Seller center Tokopedia juga menyediakan fitur yang satu ini untuk memudahkan para seller menyediakan voucher bagi para konsumennya. Pada umumnya, voucher akan digunakan untuk meningkatkan angka penjualan, sebab konsumen akan lebih menyukai produk yang disertai dengan voucher-voucher menarik yang memungkinkan harga produk menjadi lebih murah. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan melalui fitur ini, antara lain: mengatur periode promo, memilih jenis promo, mengatur budget promo, dan yang lainnya. Tokopedia seller center sendiri menyediakan 2 jenis voucher yang bisa digunakan para seller, yakni voucher public dan juga voucher khusus.

  • Rating 

Ini merupakan fitur yang bisa dimanfaatkan seller untuk mendapatkan rating dari para konsumen. Seller akan bisa memantau setiap rating dan juga ulasan yang diberikan konsumen setelah melakukan pembelian di toko. Informasi ini tentu akan sangat berguna dan bisa dimanfaatkan seller Tokopedia untuk meningkatkan kualitas layanan mereka. 

Cara Menjadi Tokopedia Seller 

loader

Jika ingin menjalankan bisnis online dengan sukses, menggunakan platform seperti Tokopedia memang bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain mendapatkan kemudahan dalam mengelola toko, pebisnis juga tentu akan lebih mudah mendapatkan konsumen untuk setiap produk yang mereka jual. 

Pada dasarnya, Tokopedia menyediakan 2 akses yang berbeda untuk menjadi seller mereka, yakni melalui website dan juga aplikasi. Namun untuk mendapatkan Tokopedia seller login, para pebisnis online tentu harus mendaftarkan diri dan membuka toko terlebih dahulu.

Berikut ini adalah beberapa langkah mudah untuk mendaftar di tokopedia seller center

  1. Kunjungi website resmi Tokopedia atau download aplikasi Tokopedia di Play Store.
  2. Klik menu “Daftar” untuk membuat akun.
  3. Ketikkan alamat email atau nomor ponsel yang aktif, lalu klik menu “Daftar” (pastikan alamat email atau nomor ponsel yang dimasukkan valid, agar proses verifikasi mudah dilakukan, sebab Tokopedia akan mengirimkan kode ke sana).
  4. Cek email atau ponsel dan dapatkan kode verifikasi yang sudah dikirimkan oleh Tokopedia.
  5. Lakukan verifikasi akun dengan cara mengetikkan kode yang dikirimkan ke email atau ponsel, lalu klik “Verifikasi” 
  6. Ketikkan nama sesuai dengan KTP pada kolom yang tersedia, lalu klik “Lanjut”.

Sampai di tahap ini, pembukaan akun Tokopedia sudah berjalan sukses. Namun untuk menjadi Tokopedia seller, lakukan pembukaan akun toko dengan beberapa langkah berikut ini: 

  1. Aktifkan aplikasi Tokopedia, lalu ketikkan “Buka toko” pada menu pencarian yang ada di halaman utama. 
  2. Klik menu “Buka toko gratis” 
  3. Ketikkan nama toko yang diinginkan. 
  4. Ketikkan nama domain yang akan digunakan sebagai link toko.
  5. Lakukan pengisian survey singkat yang disediakan tokopedia. 
  6. Lengkapi alamat toko dengan sejelas mungkin, termasuk nomor dan juga RT/RW nya sekaligus. Hal ini penting, sebab alamat toko ini akan digunakan untuk semua kepentingan bisnis, termasuk pengiriman barang retur dan yang lainnya. Jika sudah selesai, klik “Simpan”.
  7. Toko sudah selesai dibuat dan siap untuk dipakai. 
  8. Lakukan pengisian produk dengan cara meng-upload dan melengkapi semua informasi produk dengan baik, agar Tokopedia seller center bisa segera beroperasi dengan lancar. 

Upload produk dengan segera di akun toko seller Tokopedia. Jika selama 90 hari tidak ada produk yang di-upload, maka secara otomatis Tokopedia akan menghapus akun toko tersebut. 

Jadi Tokopedia Seller yang Sukses 

Seller center Tokopedia merupakan platform yang bisa dimanfaatkan untuk menjalankan bisnis online di Tokopedia. Ada banyak kemudahan dan fitur yang bisa dimanfaatkan pada platform yang satu ini, sehingga bisnis online bisa berjalan lancar. Buka dan memanfaatkan berbagai keunggulan yang dimiliki Tokopedia seller center, agar keuntungan maksimal bisa didapatkan dari bisnis online.