Tradisi Natal Unik di Berbagai Daerah di Indonesia

We wish you a Merry Christmas;

We wish you a Merry Christmas; 

We wish you a Merry Christmas and a Happy New Year…

Lantunan lagu-lagu Natal mulai terdengar, pohon Natal serta berbagai ornamen khas Natal yang menghiasi sudut-sudut ruangan pusat perbelanjaan di berbagai pusat kota pun seakan ikut  bersukacita menyambut hari besar tersebut. Tidak hanya di kota-kota besar, sukacita yang sama pun tampak terasa di berbagai daerah di Indonesia. Mulai dari makanan khas Natal sampai dengan tradisi-tradisi yang hanya dilakukan saat Natal. Berbicara tentang tradisi, ada berbagai tradisi unik dalam merayakan Natal di berbagai daerah di Indonesia.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Apa saja tradisi unik yang dilakukan saat Natal, berikut tradisi Natal unik di berbagai daerah di Indonesia :

1. Rabo-Rabo di Jakarta

Tradisi rabo-rabo - Tradisi Unik di Indonesia

Tradisi Rabo-rabo - Tradisi Natal Unik di Jakarta via wordpress.com

Beberapa dari Anda  mungkin tidak asing  dengan  tradisi satu ini. Tradisi dirayakan di salah satu daerah di Jakarta ini, memang menjadi tradisi yang selalu dilakukan setiap tahunnya oleh warga Kampung Tugu di kawasan Cilincing.

Ketika natal tiba, kampung yang paling banyak dihuni oleh warga keturunan bangsa portugal ini terlebih dahulu  mengunjungi gereja-gereja terdekat, lalu melakukan tradisi rabo-rabo. Rabo-rabo sendiri adalah sebuah tradisi mengunjungi warga lain saat  Natal  yang biasa dilakukan oleh bangsa portugal sama seperti halal-bihalal ketika lebaran. Perbedaannya adalah setiap warga yang mengunjungi warga lain akann diringi musik serta tarian yang dilakukan bersama-sama, dan setiap warga yang dikunjungi harus ikut dengan rombongan yang menari. Lalu diteruskan mengunjungi warga lainnya dari rumah ke rumah. Maka tak heran jika natal tiba, kampung Tugu ini akan sangat ramai sekali.

Sesudah selesai mengunjungi semua warganya, puncak dari tradisi ini adalah mandi bedak bersama, dengan cara mencorat-coret orang yang sedang berkumpul itu dengan bedak warna-warni. Acara mandi-mandi ini merupakan simbol bagi warga kampung sebagai penebusan dosa dan saling minta maaf menjelang tahun baru mendatang.

Baca Juga: 10 Tradisi Natal Unik di Seluruh Dunia

2. Wayang Kulit di Yogyakarta

Wayang Kulit - Tradisi Natal di Indonesia

Wayang Kulit - Tradisi Unik di Indonesia via wordpress.com

Yogyakarta merupakan kota yang sangat kental dengan budayanya. Begitu juga dengan perayaan Natal di Yogyakarta selalu dibumbui dengan budaya setempat. Hal itu bisa Anda lihat ketika anda sedang merayakan Natal di Yogyakarta dimana pastor atau pendeta akan memimpin ibadah di gereja dengan menggunakan menggunakan bahasa jawa kromo inggil dan pakaian khas Yogyakarta seperti beskap dan  blangkon. Ditambah dengan pagelaran wayang kulit dengan tema “Kelahiran Yesus Kristus”.

Tidak jauh berbeda dengan perayaan Idul Fitri, tradisi mengunjungi warga sekitar, mengunjungi anak-anak dan memberikan angpao kepada mereka juga dilakukan di kota ini saat Natal.

3. Marbinda di Sumatera Utara

 Tradisi Natal

Tradisi Natal via beritadaerah.co.id

Seperti halnya di kota Yogyakarta, beberapa komunitas Batak yang berada di daerah Sumatera Utara juga memiliki beberapa tradisi unik dan berbeda pada setiap perayaan spesial di hari besar. ketika Natal contohnya, ada sebuah tradisi yang biasanya dikenal dengan tradisi Marbinda. Tradisi Marbinda ini  hampir mirip seperti perayaan hari raya Idul Adha bagi kalangan umat Muslim dengan cara mengurbankan sejumlah hewan kurban. Keunikan dari tradisi ini adalah hewan yang akan dikurbankan itu merupakan hasil dari iuran atau patungan warga yang dilakukan sebelum perayaan Natal tiba.

Hewan yang akan dikurbankan nanti itu tergantung dari sejumlah dana yang terkumpul. Jika dana yang terkumpul cukup banyak, biasanya warga akan mengurbankan kerbau. Tetapi jika dana yang terkumpul sedikit, warga cukup mengurbankan babi. Hasil dari penyembelihan hewan kurban ini akan dibagikan secara merata kepada setiap warga yang ikut berpartisipasi.

 

4. Tradisi Kunci Taon di Manado

Tradisi Kunci Taon - Tradisi Natal Unik

Tradisi Kunci Taon - Tradisi Natal Unik di Indonesia via klikhotel.com 

Umumnya semua orang di dunia ini merayakan natal itu pada tanggal 25 desember. Uniknya di daerah Manado merayakan Natal yang berbeda daripada umumnya. Mereka merayakan Natal sudah dimulai sejak memasuki awal bulan desember tepatnya tanggal 1 Desember. Mulai dari tanggal 1 warga manado akan merayakan berbagai acara perayaan pra natal, sampai dengan puncaknya tanggal 25 Desember.

Tapi tidak hanya sampai tanggal 25 Desember saja, setelah acara puncak Natal para warga  akan berkunjung ke pemakaman keluarga. Kunjungan makam keluarga ini masih menjadi bagian dari serangkaian acara Natal. Tidak hanya berkunjung, para warga juga akan  membersihkan area pemakaman serta  menghias sekitar area pemakaman dengan bunga segar. Tradisi ini berlangsung hingga tahun baru datang.

Acara tidak selesai sampai tahun baru saja. Acara tetap masih berlanjut sampai minggu pertama bulan Januari. Selama seminggu itu warga mengadakan tradisi Taon Kunci. Tradisi Taon Kunci adalah tradisi parade dengan berjalan mengelilingi kampung dengan menggunakan kostum-kostum unik dan menghibur penonton.

5. Tradisi Barapen di Papua

Tradisi Barapen - Tradisi Natal Unik

Tradisi Barapen di Papua - Tradisi Natal Unik via sayangi.com

Tradisi lainnya yang tidak kalah unik adalah tradisi Barapen yang biasa dilakukan wargaa papua. Barapen adalah tradisi membakar batu yang nantinya akan dijadikan sebagai tempat untuk memasak daging babi. Acara kuliner ini dijadikan sebagai bagian dari pesta lahirnya Yesus Kristus. Tidak hanya itu saja, pada beberapa tempat sengaja di desain dengan dekorasi dan ornamen-ornamen unik. Ditambah dengan nyanyian Natal yang dimainkan selama 24 jam.

Baca Juga: Tips Jitu Memilih Hadiah Natal

6. Tradisi Penjor di Bali 

Tradisi Penjor

Tradisi Penjor di Bali - Tradisi Natal Unik via balebengong.net 

Tidak hanya terkenal dengan pantainya yang indah, bali juga terkenal dengan tradisi dan adatnya yang sangat kental. Ketika natal tiba, umat kristen di Bali pada umumnya  akan memakai baju tradisional seperti kebaya, selendang, dan juga kain kamen yang berwarna hitam dan putih. Gereja pun akan dihiasi dengan berbagai bambu dan janur-janur yang sangat indah dan cantik, tradisi ini dikenal dengan  sebutan tradisi Panjor.

7. Tradisi Lovely Desember di Toraja

Festival tiup bambu - Tradisi Lovely Desember

Tradisi Lovely Desember - Tradisi Natal Unik di Indonesia via beritadaerah.co.id 

Perayaan di Toraja hampir mirip dengan perayaan Natal yang dilakukan di Manado dimulai sejak awal bulan desember yaitu tanggal 1 Desember. Sebelum Natal datang, pemerintah daerah Toraja akan mengadakan sebuah festival budaya dan pariwisata, yang biasanya disebut dengan nama Lovely Desember. Perayaan Natalnya sendiri akan berada pada puncaknya pada tanggal 26 Desember. Puncak acara nya itu sendiri akan dirayakan dengan sebuah prosesi upacara yang dikenal dengan sebutan Lettoan.

Jika Anda penasaran dengan tradisi Lovely Desember ini, Anda dapat berkunjung ke Tanah Toraja saat Natal tiba. Dalam perayaan tersebut diadakan berbagai event yang memanjakan para turis seperti karnaval, pertunjukkkan seni, upacara tradisional, pemeran hasil kerajinan hingga wisata kuliner.

8. Bunyi Lonceng dan Sirine di Ambon

Bunyi Sirine dan Lonceng
Lonceng di gereja dan sirine dibunyikan secara bersamaan pada malam Natal via suratkabar.id

Cara unik lainnya dalam memperingati hari raya Natal di Indonesia adalah membunyikan lonceng di gereja-gereja serta sirine secara bersamaan. Ini dilakukan tepat pada malam Natal. Kemeriahan perayaan dalam menyambut kelahiran Yesus Kristus dengan bunyi lonceng dan sirine ini dilakukan masyarakat Ambon.

Namun secara umum, perayaan Natal di Ambon hampir sama dengan yang dilakukan warga Manado, yakni adanya pohon Natal di rumah hingga pertokoan, dan tradisi sinterklas yang mengunjungi setiap rumah.

9. Pawai Sinterklas di Manado

Pawai Sinterklas
Pawai sinterklas di Manado via suratkabar.id

Masih di Manado, perayaan Natal juga dimeriahkan dengan melakukan pawai sinterklas. Mereka mengelilingi rumah-rumah penduduk untuk memberikan hadiah. Bahkan, pawai sinterklas ini dilakukan sejak awal Desember, yang disebut pra Natal.

10. Meriam Bambu di Flores

Meriam Bambu
Meriam bambu pada perayaan Natal via hariansib.co

Perayaan Natal yang tak kalah menariknya di Tanah Air adalah Meriam bambu. Dentuman Meriam bambu akan sering terdengar di Flores pada setiap perayaan Natal. Suara-suara Meriam bamboo ini semakin menambah meriah suasana Natal di Pulau Nusa Tengga Timur tersebut.

Rayakan Dengan Sukacita

Berbagai tradisi unik yang dilakukan saat Natal, menyadarkan kita bahwa keanekaragaman budaya Indonesia menjadi hal yang patut disyukuri. Tanpa menghilangkan makna Natal sesungguhnya, tradisi Natal di berbagai daerah di Indonesia seakan memberikan warna dan semangat tersendiri dalam setiap perayaaannya. Namun apapun cara yang digunakan, rayakanlah Natal dengan sukacita. Semoga damai dan kasih Natal menyertai kita semua teman cermat. Selamat Natal.

Baca Juga: Raup Untung dari Momen Natal dengan Bisnis Ini