Traveloka PayLater, Beli Sekarang Bayar Belakangan

Hidup cuma sekali, tidak seharusnya dihabiskan dengan hanya mencari uang dan bekerja saja. Barangkali, kalimat tersebutlah yang terbesit dalam benak orang yang ingin merasakan hiburan dan melepas segala penat dari kegiatan sehari-hari yang melelahkan. 

Dengan banyaknya layanan yang ditawarkan saat ini, merealisasikan rencana tersebut juga akan menjadi lebih mudah. Selain bisa dilakukan secara online melalui situs seperti Traveloka, terdapat beragam promo menarik yang bisa menekan budget Anda.

Lantas, bagaimana jika ada masalah keuangan di mana dana belum tersedia, namun hasrat sudah tidak tertahankan lagi? Tidak perlu khawatir, solusi dari masalah tersebut kini sudah ada jalan keluarnya, yaitu dengan menggunakan layanan PayLater yang dimiliki oleh Traveloka.

Dengan layanan PayLater, pengguna Traveloka yang ingin berlibur, membeli voucher di restoran favorit dapat memilih metode pembayarannya secara cicilan tanpa jaminan. Dalam kata lain, fasilitas keuangan dari Traveloka tersebut bisa juga disebut sebagai Kredit Online. 

Nah, agar rencana Anda tetap dapat terwujud meski budget belum terkumpul, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan layanan yang ditawarkan oleh Traveloka ini. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah ulasan mengenai layanan Traveloka PayLater beserta cara mendaftar dan menggunakannya. 

Apa Itu Layanan Traveloka PayLater?

loader

Sumber: traveloka.com

Traveloka PayLater merupakan fasilitas pembayaran yang berada di bawah naungan Caturnusa Sejahtera Finance. Layanan tersebut memudahkan penggunanya dalam membayar beragam produk yang ditawarkan oleh traveloka. Hal ini meliputi, bukan hanya transportasi, tempat menginap, atau tiket tempat wisata saja, namun juga voucher restoran favorit, dan lain sebagainya.

Batas waktu pembayaran dari layanan Traveloka PayLater juga cukup panjang, mulai dari 1 hingga 12 bulan dan bebas dipilih oleh penggunanya. Cara kerjanya pun cukup sederhana. Layanan tersebut berperan sebagai fasilitas pembayaran dengan basis cicilan tanpa memerlukan adanya kartu kredit. 

Dalam kata lain, pengguna Traveloka bisa memanfaatkan layanan tersebut dengan membeli produk yang ingin dibeli terlebih dahulu dan membayarnya di kemudian hari. Asalkan dilunasi dalam batas waktu yang telah ditentukan, pengguna layanan ini dapat dengan bebas membeli produk dari Traveloka dengan limit kredit hingga 50 juta Rupiah.

Namun, perlu dipahami jika layanan Traveloka PayLater ini membebankan bunga rata atau flat untuk setiap penggunanya. Tidak besar, bunga yang dibebankan oleh Traveloka berkisar antara 2,14% sampai 4.78% setiap bulannya. 

Dengan nominal cicilan yang rendah, beban bunga tersebut tentu tidak akan memberatkan finansial penggunanya. Apalagi sampai membuat tagihan membengkak dan melonjak drastis tanpa disadari. Oleh karena itu, perlu diketahui jika tujuan dari pemberlakuan layanan Traveloka PayLater ini memang untuk mempermudah pengguna dalam melakukan semua pembelian yang diinginkan. 

Beragam Keuntungan Traveloka PayLater

Dengan menggunakan layanan Traveloka PayLater, pengguna bisa mendapatkan berbagai keuntungan. 

  1. Transaksi Menjadi Mudah dan Praktis

    Salah satunya adalah kemudahan dan kepraktisan dalam membeli beragam produk yang ditawarkan oleh Traveloka. Layanan ini membolehkan pengguna untuk membayar produk yang dibeli secara mencicil dan di hari yang berbeda-beda. 

    Bukan hanya tiket moda transportasi, layanan Traveloka PayLater juga bisa digunakan untuk membayar beragam produk Traveloka, seperti reservasi hotel, tiket tempat rekreasi, dan lain sebagainya. Proses pembelian produk Traveloka tersebut bisa dilakukan dengan metode pembayaran cashless, Traveloka PayLater. 

  2. Membuat Pengeluaran Bulanan Jadi Teratur

    Melalui layanan Traveloka PayLater ini, pengguna juga dapat lebih mudah dalam mengatur kondisi keuangan karena pengeluaran bulanannya bisa dibatasi. Dibandingkan dengan beragam pinjaman serupa lainnya, Traveloka PayLater memiliki program cicilan paling cepat 1 bulan, dan paling lama 12 bulan.

  3. Bunganya Rendah

    Bunga yang dibebankan pada pengguna layanan tersebut pun tergolong sangat rendah, dan memiliki limit kredit yang cukup besar, yakni mencapai 50 juta Rupiah. Ditambah dengan kesempatan mendapatkan promo-promo lainnya, keuntungan dari menggunakan Traveloka PayLater menjadi berlipat ganda. 

  4. Tidak Memerlukan Uang Muka

    Membeli tiket pesawat, voucher hotel, hingga tiket taman hiburan menggunakan Traveloka PayLater tidak memerlukan uang muka. Sehingga, Anda dapat membeli apapun yang diinginkan saat itu juga tanpa perlu khawatir mengeluarkan uang.

Cara Registrasi dan Aktivasi Traveloka PayLater

Sebelum bisa mendaftar, ada beberapa syarat Traveloka PayLater yang harus dipenuhi oleh pengguna. Syarat-syarat tersebut meliputi:

  1. Berusia lebih dari 21 tahun dan maksimal 70 tahun. 
  2. Seorang warga negara Indonesia.
  3. Memiliki KTP yang masih berlaku. 

Saat semua persyaratan tersebut terpenuhi, Anda bisa langsung melakukan proses pendaftaran layanan Traveloka PayLater. Caranya:

  • Buka aplikasi Traveloka dan pilih menu PayLater.

loader

  • Isi semua informasi yang diminta (data pribadi, keluarga, serta pekerjaan).

loader

  • Upload foto KTP yang masih aktif dan juga foto diri sebagai keperluan verifikasi data diri Anda. 

loader

  • Setelah foto KTP dan diri terunggah, proses verifikasi akan dilakukan. Biasanya, proses verifikasi tersebut memakan waktu kurang lebih 1 jam, sehingga bisa ditunggu.

loader

Pihak Traveloka mungkin saja melakukan panggilan pada nomor kontak Anda dan juga keluarga yang sudah diisi sebagai bentuk verifikasi. Jadi, pastikan kedua nomor tersebut bisa dihubungi selama rentang waktu tersebut.

Ketika pendaftaran layanan Traveloka PayLater sudah disetujui, Anda dapat menggunakan layanan tersebut. Cukup mudah bukan proses pendaftaran dan aktivasinya?

Cara Menggunakan dan Membayar Tagihan Traveloka PayLater

Jika layanan Traveloka PayLater sudah teraktivasi, saatnya untuk mengetahui tentang bagaimana cara menggunakan layanan tersebut. Pada dasarnya, proses pembelian produk Traveloka menggunakan layanan Traveloka PayLater tidak jauh berbeda dengan cara pembelian seperti biasanya. 

Hanya saja pada halaman pembayaran, Anda perlu memilih opsi PayLater untuk bisa menggunakan layanan tersebut. Setelah itu, pengguna diharuskan untuk memilih opsi cicilan dari proses pembelian tersebut. Perlu diketahui jika nominal cicilan paling tidak berjumlah 100 ribu Rupiah setiap bulannya. 

Saat sudah dipastikan jumlah cicilan yang dipilih tepat, ketuk Beli dengan PayLater, kemudian isi kode OTP yang dikirim melalui SMS. Dengan begitu, proses pembelian produk Traveloka menggunakan Traveloka PayLater telah selesai dilakukan. 

Lalu, bagaimana dengan cara membayar tagihan Traveloka PayLater

  • Pada halaman awal aplikasi Traveloka, pilih menu PayLater yang membawa Anda ke halaman utama akun. Dalam halaman akun tersebut, akan terlihat menu Pembayaran yang menunjukkan daftar cicilan yang harus dibayarkan saat ini maupun di waktu yang akan datang. 
  • Berdasarkan seluruh daftar tagihan tersebut, Anda dapat bebas memilih tagihan mana yang akan dibayarkan. Caranya dengan mencentang kotak yang berada tepat di sebelah tagihan yang ingin dilunasi tersebut. 
  • Pastikan nominal tagihan yang harus dibayarkan sesuai, lalu tap Bayar Sekarang untuk melakukan proses pembayaran. 
  • Tentukan metode pembayarannya, baik melalui transfer bank, ATM, ataupun melalui rekening virtual. 
  • Lakukan proses pembayaran sesuai dengan jumlah yang tercantum pada petunjuk pembayaran, termasuk 3 digit terakhir yang muncul pada tagihan pembayaran tersebut.
  • Transaksi selesai dilakukan.

Hal yang Perlu Dipahami Sebelum Menggunakan Layanan Traveloka PayLater

Layanan Traveloka PayLater memang memberikan beragam keuntungan dan kemudahan bagi penggunanya. Namun, sebelum memutuskan untuk memanfaatkan layanan tersebut, ada baiknya untuk mengetahui beberapa hal penting seputar Traveloka PayLater berikut ini. 

Yang pertama adalah layanan Traveloka PayLater tidak jauh berbeda dengan layanan kartu kredit yang banyak ditawarkan oleh bank konvensional, maupun fintech. Semua proses pembelian yang Anda lakukan harus bisa dilunasi dengan cara dicicil, beserta bunga yang membebaninya. Pastinya, saat proses pembayaran tagihan tersebut melebihi batas waktu yang telah ditentukan, akan ada denda yang harus ditanggung. 

Selain itu, tidak semua pengajuan dari layanan Traveloka PayLater akan disetujui oleh pihak yang bersangkutan. Saat pengajuan ditolak, ada beberapa hal yang bisa menjadi faktor penyebabnya. 

Beberapa di antara faktor penyebab tersebut meliputi, detail informasi yang tidak sesuai, dokumen yang diunggah tidak jelas atau salah, kontak yang dicantumkan tidak dapat dihubungi, dan lainnya. Jadi, pastikan untuk memeriksa kembali seluruh persyaratan dan informasi yang diminta agar pengajuan layanan tersebut tidak ditolak.  

Pengguna dapat meminta keringanan pembayaran jika nominal tagihan dinilai terlalu memberatkan. Caranya dengan menghubungi dan meminta persetujuan dari tim PayLater Traveloka. 

Pengguna juga bisa melakukan Refund atas transaksi yang telah dilakukan. Untuk melakukan refund, Anda bisa menghubungi Call Center Traveloka dengan nomor 0804 1500 308 atau 021 2910 3300 dan ikuti instruksi selanjutnya. Namun, ada beberapa aturan yang harus diketahui terlebih dahulu oleh pengguna mengenai kebijakan Refund di Traveloka ini. 

Ketahui Kemampuan Finansial Sebelum Menggunakan Layanan PayLater

Layanan PayLater sudah banyak dicanangkan oleh beragam marketplace yang ada di Indonesia. Tujuan utama dari layanan tersebut memang untuk memudahkan transaksi dari para penggunanya tanpa perlu membayarnya dalam satu waktu atau bisa dicicil.

Namun, sebelum menggunakan layanan tersebut, ketahui terlebih dahulu kemampuan finansial agar total tagihan yang harus dibayar tidak membuat keuangan bermasalah. Tentukan batas maksimal dari cicilan yang bisa dibayarkan setiap bulannya. 

Usahakan nominalnya tidak lebih dari seperempat dari penghasilan bulanan. Dengan begitu, risiko mengalami bangkrut akibat terlalu banyak memiliki hutang dan cicilan tidak akan terjadi pada Anda.

Baca Juga Artikel PayLater Lainnya: