Trik Jitu Bisa Beli PS5 Tanpa Harus Berhutang

Berbicara tentang playstation, apakah kamu sudah punya generasi terbarunya yaitu PS 5? Beberapa mungkin sudah punya, tapi sisanya belum dan mungkin masih dalam proses menabung. Dengan harapan tabungannya segera terlampaui dan keinginan untuk beli PS 5 bisa segera terwujud.

Masih lama dong kalau harus menabung? Iya, tapi kamu bisa gunakan trik jitu menabung berikut ini untuk mempercepat prosesnya. Kamu juga bisa terhindar dari jeratan utang juga, lho!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Kapan kamu akan membelinya?

PS5

Penting diketahui kapan kamu ingin membeli PS 5. Apakah itu dalam satu bulan ke depan atau kapan? Sebaiknya jangan berlama-lama kalau, takutnya PS 5 sudah ketinggalan dan muncul PS seri baru lagi.

Sangat disayangkan karena yang seri baru pasti lebih unggul dibandingkan pendahulunya. Maka tentukan dulu kapan sebenarnya ingin beli PS 5.

Selanjutnya, coba cek harga PS 5 sekarang dan kisaran harganya dalam beberapa bulan mendatang. Lumayan kalau harganya bisa turun, kamu bisa menghemat sebagian uangmu dan alokasikan ke barang lain.

Baca Juga: 4 Video Game yang Mengajarkan Ilmu Manajemen Keuangan 

2. Kemudian, kamu bisa tentukan jumlah tabungan

jumlah tabungan

Bisakah kamu membeli PS 5 sebulan kemudian? Tentu saja, tapi dengan catatan kamu sudah punya tabungan dulu, jadi tinggal menambah kekurangannya saja. Disini kamu meminjam tabungan, dalam waktu cepat atau lambat tentu harus diganti dengan mencicilnya setiap bulan.

Bagi yang sama sekali tidak punya tabungan, kamu bisa mulai sejak awal. Dengan perhitungan tabungan yang agak ekstrim karena belinya bulan satu tahun kemudian, tapi kurang dari enam bulan, misalnya.

Seperti yang diketahui, harga PS 5 dibanderol seharga Rp 7,3 juta untuk versi digital dan versi standar seharga Rp 8,8 juta. Itu artinya kamu harus menyisihkan kurang lebih Rp 1,5 juta per bulan untuk membeli PS 5 ini. Bukan jumlah uang yang sedikit, kan?

3. Apakah kamu siap menunggu lebih lama?

ps5

Harga PS 5 mahal juga, kan? Memang, makanya kalau kamu belum punya tabungan sepeser pun, lebih baik tidak terburu-buru membelinya karena dapat membuat finansial menjadi tidak sehat. 

Tidak apa-apa menunggu lebih lama, misalnya lebih dari satu tahun. Namun, kamu harus ekstra sabar karena gejolak untuk cepat-cepat beli PS 5 pasti muncul. Apalagi kalau teman-temanmu sudah pada punya, dan cuma kamu yang belum.

Kalau kamu siap menunggu lebih lama, uang yang disisihkan per bulannya pun lebih sedikit. Tadinya Rp 1,5 juta per bulan, bisa menjadi Rp 700 ribu saja per bulan dengan asumsi kamu akan membelinya dalam kurun waktu setahun kemudian.

4. Sering update informasi tentang PS5

PS5

Untuk apa update informasi PS 5 kalau sudah tahu harganya? Ada benarnya, tapi disisi lain kamu tidak pernah tahu kapan sebuah toko elektronik mengadakan diskon untuk produk terbarunya. Seperti PS 5 yang baru dirilis, kemungkinan besar akan ada promo yang bisa mengurangi pengeluaran.

Kalaupun promonya tidak berbentuk potongan harga, setidaknya masih ada penawaran menariknya. Misalnya dapat doorprize, bingkisan, atau hiasan yang bentuknya mirip PS 5. Cukup lumayan, kan?

Informasi seputar harga atau promo ini bisa kamu akses di sosial media atau langsung di toko yang menjual PS 5.

Baca Juga: Bisa Seharga Satu Rumah Mewah, Ini Dia Deretan Video Games Paling Langka dan Termahal di Dunia 

5. Jangan membeli barang lain untuk sementara waktu

online shopping

Menabung untuk beli PS 5 bukan hal tabu di masyarakat. Justru wajar mengingat harganya yang cukup mahal. Wajar juga kalau kamu butuh waktu yang lebih lama untuk menabung sampai uangnya terkumpul.

Tapi, kamu bisa percepat prosesnya dengan cara tidak berbelanja untuk sementara waktu. Belanja yang dimaksud adalah pakaian, sepatu, aksesoris, hingga hiasan kamar. Toh, kamu tidak membutuhkannya sekarang, kan?

Prioritaskan tabungan untuk membeli PS 5 terlebih dahulu. Kalau sudah terbeli, baru move on ke barang lain yang juga berharga sehingga barangmu bisa bertambah seiring berjalannya waktu.

6. Coba berinvestasi kecil-kecilan

investasi

Bagi yang ingin mempercepat prosesnya dan tidak masalah dengan risiko, kamu bisa coba ikut investasi. Tabungan yang berhasil dikumpulkan dalam 1 atau 2 bulan terakhir bisa dialokasikan untuk investasi. 

Dari investasi, kamu akan memperoleh keuntungan. Inilah yang sebaiknya dikumpulkan sedikit demi sedikit, sehingga PS 5 bisa didapatkan dalam kurun waktu 5 bulan saja.

Namun, berhati-hatilah memilih instrumen investasinya. Pilihlah yang cenderung aman, seperti reksa dana dengan modal awalnya Rp 100 ribu saja.

Membeli PS 5 Bukan Lagi Mimpi

Mau membeli PS 5 tanpa harus utang? Terapkan tips-tips di atas dalam upaya mendapatkan PS 5 yang selama ini diidam-idamkan. Sebaiknya lakukan tips di atas secara disiplin agar hasilnya semakin cepat terlihat. 

Baca Juga: Tak Selalu Negatif, Video Game juga Berikan 7 Dampak Positif untuk Anak