Trik Jitu Supaya Gak Ketinggalan Pesawat

Pesawat merupakan transportasi terbaik untuk perjalanan jarak jauh, terutama ke luar kota atau luar negeri. Selain cepat, naik pesawat juga nyaman karena adanya fasilitas entertainment di dalam pesawat. 

Namun, ada satu hal yang tidak enak yaitu ketinggalan pesawat. Pernah merasakannya? 

Kalau pernah, pasti jera deh! Agar hal ini tidak terulang untuk yang kedua kalinya, ini dia trik jitu supaya gak ketinggalan pesawat. Diterapkan, ya!

Baca Juga: 10 Tips Perjalanan Jarak Jauh dengan Pesawat Tetap Nyaman dan Anti Bosan!

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

8 Trik Jitu supaya Gak Ketinggalan Pesawat

loader

Trik Jitu supaya Gak Ketinggalan Pesawat

1. Packing Sehari sebelum Keberangkatan

Sehari sebelum berangkat, sebaiknya packing semua perlengkapan yang ingin dibawa. Tidak hanya pakaian, tapi juga perlengkapan mandi, obat-obatan, hingga peralatan fotografi kalau diperlukan. 

Packing jauh-jauh hari membuatmu lebih tenang pas hari H keberangkatan, jadi kamu tidak perlu sibuk menyiapkan apapun lagi. Tinggal mandi, makan, dan pergi ke bandara. 

Hindari membawa terlalu banyak barang agar tidak menyusahkan diri sendiri nantinya. Packing seringkas mungkin, tapi bawaanmu lengkap.

2. Jangan Lupa Check in Online

Tidak ada yang tahu kondisi di perjalanan menuju bandara. Kalau seandainya macet, bisa-bisa ketinggalan pesawat. Makanya, lakukan check in online pada website maskapai penerbangan kalau memang sudah dibuka.

Sesampainya di bandara, kamu cukup mengantri untuk menitipkan bagasi dan mencetak boarding pass.

3. Buat Alarm

Buat kamu yang susah bangun pagi, wajib pasang alarm biar bisa bangun pagi. Tidak hanya jam beker saja, tapi juga alarm di handphone. Bila perlu, minta keluarga atau teman untuk membangunkan kamu di pagi hari.

Atur nada dering alarm dengan volume terkencang, jadi bunyinya terdengar di telinga. Atur waktu bangun 2 jam sebelum keberangkatan, jadi bisa santai saat bersiap-siap menuju bandara.

4. Tidur Lebih Cepat

Selain memasang alarm, penting pula untuk tidur lebih cepat pada malam hari kalau jadwal keberangkatan pesawatnya pada pagi hari. Istirahat yang cukup membantumu untuk bangun tepat waktu, bahkan sebelum alarm berbunyi.

Hindari melakukan aktivitas berat sehari sebelum keberangkatan untuk menghindari tidur yang terlalu pulas. Takutnya malah tidak bangun dan ketinggalan pesawat. Kan sayang kalau tiketnya hangus?

5. Tentukan Transportasi ke Bandara

Bagi yang tinggal di kota besar, transportasi bukanlah persoalan besar. Banyak moda transportasi yang bisa digunakan, seperti kereta bandara, transportasi online, dan bus bandara. 

Untuk transportasi umum, pesanlah tiket sehari sebelumnya, terutama kalau keberangkatan subuh. Apabila transportasi tersebut belum beroperasi, kamu bisa cari alternatif transportasi lain agar tidak terlambat tiba di bandara. Misalnya, menyuruh teman mengantarmu ke bandara. 

Perhitungkan juga waktu tempuh perjalanan agar kamu bisa menentukan jam keberangkatan dengan tepat.

6. Ketahui Gate Keberangkatan

Beberapa maskapai penerbangan tidak memberitahukan gate penerbangan kalau menggunakan fasilitas check in online. Mau tidak mau, kamu harus cek papan jam keberangkatan yang bisa ditemukan di pintu masuk bandara atau di dalam bandara. 

Jangan sampai tak tahu gate keberangkatan karena mencari-cari gate ini menghabiskan waktu. Bisa-bisa malah ketinggalan pesawat, apalagi kalau datangnya mepet dan gate-nya jauh.

Tak ada salahnya mempercepat langkah meskipun posisi gate dekat. Setidaknya kamu merasa tenang kalau sudah memasuki ruang tunggu.

7. Hindari Makan di Luar Bandara

Salah satu kesalahan fatal yang harus dihindari saat mau berangkat naik pesawat yaitu makan di luar bandara. Ingatlah kalau microphone atau toak pengumuman keberangkatan pesawat tidak sampai ke luar. 

Sebaiknya bawa snack atau makanan apapun dari rumah kalau kamu orangnya mudah lapar. Jujur saja, lebih baik menahan rasa lapar daripada ketinggalan pesawat. 

Ketinggalan pesawat itu memicu rasa panik, emosi, dan kesal. Satu yang tak boleh dilupakan adalah buang-buang uang karena harus beli tiket baru.

8. Dengar Pengumuman Keberangkatan

Walaupun sudah datang tepat waktu, sudah check in online, dan berada di ruang tunggu, penting untuk mendengarkan pengumuman keberangkatan agar tidak ketinggalan pesawat. Sebab dalam beberapa case, pengumuman disampaikan lewat mulut bukan toak atau mic bandara.

Jika sudah mendekati jam keberangkatan dan belum ada tanda-tanda dari petugas, tidak ada salahnya bertanya untuk mengantisipasi “gagal terbang”. Siapa tahu keberangkatan delay, jadi kamu tahu kondisi sebenarnya.

Baca Juga: Jangan Panik Dulu, Begini Tips Mengatasi Cemas ketika Turbulensi Pesawat

Datanglah ke Bandara Lebih Awal, Ya!

Meskipun sudah ada fasilitas check in online, apa salahnya untuk datang lebih awal ke bandara. Lebih baik menunggu 1 jam di bandara daripada lari-lari menuju gate keberangkatan, apalagi sampai ketinggalan pesawat. Bagi yang sudah pernah ketinggalan pesawat, jangan sampai terulang kembali karena kamu sudah tahu seperti apa nyeseknya. Oke?

Baca Juga: Gak Usah Bete! 11 Kegiatan Ini Bikin Waktu Tunggu Boarding Pesawat Makin Asyik