Usir Rasa Bosan Saat Kerja di Rumah dengan 7 Tips ini!

Bekerja dari rumah awalnya terdengar menarik karena tidak ada yang mengawasibekerja. Anda juga tidak perlu mandi pagi karena bisa curi waktu di sela-sela bekerja dari rumah. Tapi, siapa sangka kalau kerja dari rumah ini juga sangat membosankan. 

Alasan utama suasananya berbeda, tidak senyaman kantor dan fasilitasnya tidak selengkap di kantor. Kemudian, Anda juga tidak punya teman untuk mengobrol saat bekerja. Jadi wajar kalau lebih cepat merasa bosan.

Bagi Anda yang saat ini sudah mulai bosan bekerja di rumah, rasanya tak perlu khawatir lagi. Ada tips-tips bagaimana cara agar bekerja dari rumah selalu nyaman dan bebas bosan. Tertarik ingin melakukannya di rumah sendiri?

Simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Pilih ruangan yang jauh dari kamar anak-anak

ruang kerja
Ruang kerja di rumah

Bekerja di sebelah kamar anak-anak tentu sangat mengganggu, apalagi kamar anak bayi karena suara tangisnya pasti akan sering terdengar. Akibatnya, fokus kerja menjadi buyar dan Anda tidak mampu menyelesaikan tugas yang harus di submit pada hari itu juga.

Sebaiknya pilih ruangan yang letaknya jauh dari kamar anak-anak, sehingga keributan dapat diminimalisir dan Anda bisa fokus bekerja. Jika di rumah ada ruang kedap suara, lebih baik bekerja di situ saja agar tetap nyaman. Kalau tidak ada, tambahkan sekat juga bisa untuk memfilter keributan yang datangnya dari luar ruangan.

2. Sulap ruangan layaknya di kantor

Suasana kamar atau ruangan terbagus di rumah sekalipun tidak akan bisa menandingi ruangan yang ada di kantor. Meski begitu, Anda bisa mengakalinya dengan cara menyulap ruangan tersebut sama seperti ruangan kantor, sehingga suasananya pun menjadi mirip. 

Anda bisa tambahkan komputer, meja, kursi, alat tulis, hiasan dinding, san beberapa buku yang diperlukan saat bekerja. Ruangan yang nyaman membuat Anda lebih betah bekerja meski hanya di rumah saja. 

3. Katakan ke keluarga untuk tidak mengganggu saat bekerja

jangan ganggu
Katakan untuk jangan menganggu ketika sedang bekerja

Tanggung jawab Anda kepada atasan tidak berkurang sedikitpun meski harus bekerja dari rumah. Takarannya tetap sama, jadi jangan biarkan orang lain menyepelekan tempat bekerja. Dalam arti, mereka menilai kalau Anda tidak bekerja dengan serius dan bisa banyak curi-curi waktu.

Lebih baik, bicarakan kepada keluarga agar tidak mengganggu saat bekerja. Bila perlu dari pagi sampai sore, kecuali saat jam istirahat tiba. Jelaskan dengan alasan yang jelas agar keluarga percaya dan bisa mengindahkan peringatan. Semoga cara ini bisa membantu lebih fokus saat bekerja, sehingga target pekerjaan bisa terselesaikan sesuai deadline.

Baca Juga: Tips Mengatasi Kerugian Bekerja di Rumah

4. Jangan terlalu banyak bersantai

Godaan untuk bersantai sangatlah tinggi, terutama saat bekerja dari rumah. Namun, jangan biarkan diri terbawa arus karena ini dapat menyebabkan tugas-tugas terbengkalai. Akibatnya, Anda gagal mengumpul tugas tepat waktu dan terpaksa mendapat “surat cinta” dari atasan.

Bersantai sih boleh, tapi lihat waktu dan durasi yang dipakai untuk bersantai. Samakan seperti jam kantor dan usahakan agar tidak kebablasan. Meski bukan termasuk masalah besar, namun memperhatikan waktu bekerja itu sangat penting. Sebab, ini akan mempengaruhi performa dan prospek karier Anda di masa yang akan datang.

5. Luangkan waktu untuk beristirahat

istirahat
Luangkan waktu untuk istirahat

Antusiasme kerja akan otomatis meningkat saat dihadapkan dengan berbagai masalah, misalnya closing akhir bulan. Pada saat ini, Anda harus membereskan pekerjaan bahkan harus follow up berulang kali untuk menyempurnakan hasil kerja. Akan tetapi, jangan sampai lupa beristirahat.

Sebanyak apapun pekerjaan kantor yang harus diselesaikan, coba tetap luangkan waktu untuk bersantai. Gunakan jam makan siang untuk rehat sejenak, mengobrol dengan anggota keluarga, atau sekedar ambil minum ke dapur agar tubuh bergerak.

Tanpa istirahat, tubuh menjadi lebih gampang lelah dan diserang penyakit. Akibatnya, performa kerja Anda di hari esok akan berkurang karena kurang enak badan.

6. Lakukan rutinitas pagi hari

Profesionalitas kerja tetap harus dijaga walau bekerja dari rumah. Lakukan rutinitas pagi hari, seperti bangun pagi, berolahraga, menyiapkan sarapan, mandi, dan berpakaian rapi sama seperti saat Anda berangkat ke kantor.

Persiapan yang Anda lakukan di pagi hari sangat berpengaruh pada produktivitas kerja pada hari itu juga. Jika Anda tidak siap, maka percayalah kalau perjalanan hari ini kacau balau atau lebih buruk dari yang diperkirakan.

Tapi dengan bangun pagi, setidaknya apa yang dikerjakan lebih banyak daripada bangun kesiangan. Alhasil produktivitas kerja bisa meningkat, Anda juga terbebas dari rasa bosan. 

Baca Juga: Anti Tekor, ini Provider Paket Internet Murah Selama Belajar dan Kerja di Rumah

7. Sederhanakan tugas-tugas

kerja Sederhanakan tugas-tugas

Selain membuang waktu, membiarkan diri terjebak pada satu tugas sulit dapat menimbulkan rasa bosan. Untuk itu, lakukan penyederhanaan tugas untuk memudahkan proses penyelesaiannya. Jika tetap tidak sanggup, lebih baik lewatkan dan beralihlah pada tugas yang lebih mudah.

Faktanya, waktu untuk menyelesaikan tugas yang mudah lebih cepat daripada tugas yang sulit. Alhasil, waktu yang tersisa bisa dimanfaatkan untuk menyelesaikan tugas-tugas sulit ini.

Dengan penyederhanaan pula, tidak ada satu tugas pun yang terbengkalai. Semuanya dapat selesai tepat pada waktunya dengan hasil yang memuaskan.

Pertahankan Semangat Kerja Meski Bekerja dari Rumah

Semoga tips bekerja nyaman dan bebas bosan di atas dapat membantu Anda untuk mengatasi problema kerja dari rumah yang selama ini terjadi. Intinya, tetaplah semangat karena sukses atau tidaknya suatu problema sangat ditentukan oleh diri Anda sendiri. 

Baca Juga: Motivasi Kerja Mulai Hilang? Ini Cara Untuk Mengembalikannya