Waktunya Perawatan! Biar Aman, Ini 7 Tips ke Salon saat New Normal

Cara wanita menjaga dirinya agar selalu cantik ialah dengan melakukan segala perawatan kecantikan. Mulai dari perawatan rambut, wajah, lulur tubuh, hingga kuku. Mereka akan rela merogoh kantongnya untuk perawatan tubuhnya ke salon.

Namun semenjak virus corona atau Covid-19 ini mewabah di Indonesia, pemerintah mengeluarkan kebijakan menutup semua toko yang menjual produk atau jasa termasuk salon-salon kecantikan. Tujuannya guna memutus rantai penyebaran virus corona.

Alhasil, hampir semua wanita harus melakukan perawatan tubuh di rumah saja dengan produk kecantikan yang dibeli secara online. Bahkan, ada juga wanita yang mogok perawatan kecantikan karena tidak bisa melakukannya sendiri.

Nah, meski hingga saat ini wabah Covid-19 belum sirna tapi pemerintah sudah mengumumkan bahwa Indonesia telah masuk ke fase new normal. Secara bertahap pemerintah mengizinkan toko-toko dibuka kembali. Ini tentunya menjadi kabar gembira bagi setiap wanita karena bisa melakukan perawatan tubuh lagi dengan maksimal di salon-salon kecantikan.

Bagi Anda yang sudah tidak sabra pergi ke salon, sebaiknya simak beberapa tips aman ke salon saat new normal terlebih dahulu pada ulasan berikut ini yang telah Cermati.com rangkum dari berbagai sumber.

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Cari Salon yang Mengutamakan Protokol Kesehatan

protokol kesehatan di salon

Mengingat virus corona mudah menular dari udara, maka Anda perlu memilih salon yang mengutamakan protokol kesehatan ketika melayani pelanggan, yaitu dengan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) dengan lengkap. Mulai dari menggunakan masker, sarung tangan, mungkin juga dengan baju hazmat.

Tak perlu bingung, Anda bisa menemukan salon yang memenuhi syarat protokol kesehatan dengan mudah melalui online di website dan media sosial. Atau, jika Anda sudah memiliki langganan tetap salon kecantikan, Anda bisa telpon untuk menanyakan layanan perawatan kecantikan selama new normal apakah menggunakan APD lengkap atau tidak.

Selain itu, jangan ragu juga untuk menanyakan apakah ruangan dan peralatan kecantikan yang dipakai disemprot cairan desinfektan secara berkala atau tidak.

Jika ketika sudah datang ke salon dan salon tersebut tidak menerapkan protokol kesehatan guna pencegahan virus corona, sebaiknya langsung pulang

2. Buat Janji ke Admin Salon

Jika sebelumnya, Anda bisa datang ke salon kapan saja, baik pagi, siang dan malam, tapi tidak di new normal ini. Sebab, pemerintah mengeluarkan kebijakan bagi toko yang telah beroperasi kembali wajib melakukan reservasi atau buat janji terlebih dahulu sebelum melakukan perawatan kecantikan.

Cara tersebut dilakukan dengan tujuan agar tidak ada pengunjung yang datang secara bersamaan. Dengan begitu, setiap pegawai salon dan pelanggan tetap bisa menerapkan jaga jarak.

Saat buat janji ke salon, pastikan Anda memilih hari dan waktu yang tepat untuk menghindari terjadi full booking. Misalnya saja pada weekday di jam-jam siang atau sore.

3. Pakai Masker dan Bawa Cadangan

menggunakan masker

Bukan hanya pegawai salaonnya saja yang harus menggunakan APD lengkap, tapi Anda juga perlu menggunakan APB minimal masker bedah atau masker kain dengan bahan terbaik. Dengan begitu, virus penyakit tidak akan mudah masuk lewat pernapasan yang nantinya bersarang di tubuh.

Disarankan untuk membawa masker lebih dari satu untuk ganti masker yang sebelumnya setelah perawatan kecantikan selesai. Jika masker bedah, maka masker yang lama bisa langsung dibuang ke tempat sampah, sedangkan pengguna masker kain wajib bawa kantong untuk membungkus masker kain yang lama dan dicuci di rumah.

Baca Juga: Di Rumah Aja Wajah Tetap Glowing, Ini 7 Toner Wajah Pilihan yang Patut Dicoba

4. Bawa Botol Air Minum Sendiri

Pada umumnya, setiap salon pastinya akan memberikan pelayanan yang terbaik. Salah satunya dengan menyediakan air minum untuk setiap para pelanggan yang datang.

Namun untuk menghindari tertularnya virus corona atau penyakit lain dari gelas-gelas yang disediakan salon, sebaiknya Anda membawa botol air minum sendiri dari rumah. Ya, memang sedikit lebih ribet, tapi untuk melindungi diri dari virus tak ada salahnya dilakukan.

5. Sering Cuci Tangan atau Pakai Hand Sanitizer

pakai handsanitizer
Sering cuci tangan atau pakai hand sanitizer

Ketika Anda sudah sampai di salon kecantikan, tidak mungkin Anda tidak memegang benda yang berada di sekitar Anda. Misalnya saja mulai dati bangku, majalah, dan sebagainya. Padahal Anda tahu benda-benda tersebut bisa jadi perantara virus menularkan ke tubuh.

Agar virus yang menempel di tangan mati dan hilang, sebaiknya sering cuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Lebih mudahnya, pakai hand sanitizer yang Anda bawa atau yang telah disediakan oleh salon.

6. Bayar Pakai Non-Tunai

Mengingat uang menjadi perantara virus, maka untuk saat ini pembayaran cash tidak direkomendasikan. Sebaiknya gunakan pembayaran non-tunai. Selain debit, biasanya salon kecantikan menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, OVO, Dana dan lainnya.

Dengan non-tunai ini tentunya transaksi menjadi lebih mudah, Bahkan, tak menutup kemungkinan Anda akan mendapatkan diskon, cashback, atau poin yang nantinya bisa ditukarkan.

Baca Juga: Mana Lebih Baik, Membawa Uang Tunai atau Non-tunai?

7. Di Rumah Saja Jika Sakit

Jika tubuh sudah membutuhkan perawatan tapi Anda sedang tidak enak badan atau sakit, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk pergi ke salon. Sebab, orang yang sedang sakit pastinya imun tubuh akan menurun. Hal ini tentunya berbahaya karena mudah terserang virus penyakit. Biar lebih aman, lakukan saja perawatan kecantikan di rumah untuk sementara waktu.

Tetap Utamakan Kesehatan Diri

Silahkan saja jika Anda sudah ingin melakukan perawatan ke salon, asalkan tetap perhatikan protokol kesehatan dengan baik agar tidak terpapar virus corona atau lainnya. Namun, jika Anda masih ragu pergi ke salon karena takut terkena virus corona, lakukan saja perawatan kecantikan di rumah.

Sekarang ini banyak produk perawatan tubuh mulai dari ujung rambut hingga kaki yang bisa Anda beli di online shop. Untuk pengaplikasian produknya, Anda bisa menonton video tutorialnya dengan mudah di Youtube.

Baca Juga: Cara Buka Bisnis Salon Kecantikan