Wawancara Kredit dengan Bank? Lakukan 7 Hal ini

Tahapan yang cukup penting dari proses mendapatkan kredit bank adalah melakukan wawancara dengan pihak bank. Tahapan wawancara ini dilakukan setelah semua persyaratan dokumen telah Anda lengkapi dan dianggap pihak bank sudah memenuhi ketentuan yang berlaku.

Pertemuan face to face antara Anda dan pihak bank akan menjadi penentuan apakah Anda layak mendapatkan kredit dari mereka atau tidak. Jawaban atas pertanyaan mereka bisa menunjukkan apakah Anda calon kreditur yang potensial atau malah kebalikannya.

Biasanya proses wawancara akan dihadiri oleh tiga orang dari perwakilan pihak bank dan mereka akan bertanya secara bergantian. Prosesnya formal tetapi santai. Pihak bank sebelumnya akan menginformasikan kapan proses wawancara berlangsung, sehingga Anda punya waktu untuk melakukan persiapan.

Gugup? Lebih baik tenangkan hati Anda dan cobalah untuk rileks. Mungkin ada baiknya Anda mengikuti beberapa tips di bawah ini.

1. Datang Tepat Waktu

loader

Tepat Waktu via shipmanagementinternational.com

Usahakan sudah tiba di tempat wawancara 10 menit sebelum wawancara dimulai. Kedisplinan Anda soal waktu akan membuat nilai plus untuk pihak bank kalau Anda tipe yang menghargai waktu, dan pastinya akan selalu tepat waktu untuk membayar cicilan kredit yang mereka pinjamkan.

2. Berpakaian Rapi

loader

Pakaian yang Rapi via ub.ac.id

Ada yang bilang kalau berpakaian rapi itu sama dengan menghargai diri sendiri dan juga orang lain. Jadi disarankan berpakaian rapi saat menghadiri wawancara. Pakaian tidak perlu mahal, yang penting formal.

Selain itu, tampil rapi juga memberi nilai plus karena pastinya Anda juga bisa diandalkan soal pengaturan keuangan.

3. Percaya Diri

loader

Percaya Diri-lah via blogspot.com

Anda harus percaya diri kalau Anda layak mendapatkan permohonan kredit dan bank seharusnya beruntung mendapatkan klien potensial seperti Anda. Kalau Anda tidak percaya pada diri sendiri, bagaimana pihak bank akan percaya pada Anda?

4. Jawaban Tidak Berbelit-Belit

loader

Beri Jawaban yang Pasti via looksharp.com

Pihak bank akan bertanya beberapa hal soal kondisi keuangan Anda dan keluarga, juga soal rencana kemana kredit itu akan disalurkan bila kebetulan Anda meminta kredit untuk usaha. Nah, jawab semua pertanyaan dengan sopan dan to the point.

Jangan berbelit-belit karena akan menimbulkan kebingungan dan kecurigaan bahwa Anda sendiri belum tahu mau diapakan dana kredit tersebut. Boleh juga Anda menjelaskan tentang rencana usaha Anda. Tetapi tidak perlu terlalu panjang lebar.

5. Jujur dan Apa Adanya

loader

Jawab Dengan Jujur via blogspot.com

Wawancara dengan bank untuk kredit sebenarnya sama dengan menelanjangi kondisi finansial Anda. Meskipun begitu Anda disarankan untuk selalu jujur menjawab semua pertanyaan tersebut. Biasanya yang sering ditanyakan adalah:

  1. Hutang yang Anda miliki, termasuk hutang kartu kredit atau hutang pada saudara dan teman.
  2. Pekerjaan Anda sekarang apakah sebagai karyawan tetap, honorer atau freelancer
  3. Gaji Anda dan istri, termasuk apakah cukup memenuhi semua kebutuhan termasuk cicilan kredit ke bank bila kebetulan Anda mendapatkan bantuan kredit.

Kalau jawaban dari ketiga pertanyaan besar tadi tidak memuaskan, Anda akan kehilangan kesempatan mendapatkan kredit dari bank. Lebih baik terbuka dan terus terang karena itu akan menjadi nilai plus juga kalau Anda calon kreditor yang jujur.

Baca Juga: Perhatikan 4 Hal Ini Agar Pengajuan Kredit Anda Diterima

6. Tahu Kondisi Keuangan Pribadi

loader

Menyadari Kemampuan Diri Sendiri via expertbeacon.com

Oh ya, selain jujur, Anda juga diharapkan mengetahui secara pasti kondisi keuangan Anda saat ini, termasuk juga berapa persen dari total pendapatan bisa dialokasikan untuk membayar cicilan kredit itu nantinya.

Sekedar informasi, pihak bank biasanya akan menyalurkan kredit apabila cicilannya hanya 1/3 dari total pendapatan Anda. Kalau lebih dari itu, mereka akan berpikir lagi karena khawatir Anda mengalami gagal bayar.

7. Berdoa

loader

Berdoa Sebelum Wawancara via pzhgenggong.or.id

Setiap usaha akan dimudahkan jalannya bila Anda berdoa. Jadi tidak ada salahnya berdoa sebelum proses wawancara dimulai. Doa bukan saja membuat Anda lebih santai, tetapi juga membuat Anda yakin saat menjawab pertanyaan dari pihak bank.

Baca juga: Inilah 6 Alasan Pengajuan Kredit Anda Ditolak

Bingung Cari Produk Kredit Multi Guna Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KMG Terbaik! 

Hadapi Wawancara dengan Sungguh-Sungguh

Saat Anda diundang untuk wawancara dengan pihak bank soal permohonan kredit, sebenarnya sudah menunjukkan kemungkinan besar permohonan kredit kamu akan diterima.

Meskipun demikian, Anda harus tetap menunjukkan kesungguhan bahwa Anda membutuhkan dana tersebut pada bank. Kesungguhan ini bisa lebih memuluskan jalan untuk mendapatkan kredit dari pihak bank.

Baca juga: 5 Hal Ini Bisa Membuat Wawancara Kerja Anda Lancar