15 Tempat Wisata di Bogor yang Wajib Dikunjungi di Akhir Tahun

Bogor merupakan salah satu tempat wisata yang banyak dikunjungi, khususnya di akhir pekan. Para pengunjung umumnya berasal dari Jakarta yang selama akhir pekan ingin berkumpul bersama keluarga, sekaligus menjauh sejenak dari hiruk-pikuk Ibu Kota.

Berencana ke Kota Bogor untuk liburan akhir tahun nanti?

15 Tempat Wisata di Bogor

loader

Terdapat beragam tempat wisata di Bogor yang bisa dikunjungi. Mulai dari pemandangan alam hingga kafe-kafe instagramable yang sayang untuk dilewatkan. Berikut 15 daftar wisata di Bogor yang wajib masuk bucket list kamu.

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

1. Little Venice Bogor

Mau wisata di Bogor rasa Eropa? Kamu bisa kunjungi Little Venice yang ada di Puncak. Tempat ini awalnya villa dan resort saja, tapi konsepnya yang unik membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di Bogor yang cukup populer. 

Nuansa dan konsep bangunan di sini mirip seperti di Venesia, sebuah kota kecil di Italia. Tempat ini dijelajahi menggunakan sampan, jadi terasa santai. Kamu bisa mengajak teman maupun keluarga ke sini saat liburan ke Bogor nanti.

Harga tiket: Rp25.000 per orang.

2. Taman Bunga Nusantara

Lanjut ke Desa Kawungluwuk, Cianjur, kamu bisa datang ke Taman Bunga Nusantara. Salah satu area agrowisata yang memiliki jejeran bunga indah. Matamu akan dimanjakan dengan aneka warna bunga.

Hal yang paling menarik adalah kamu boleh membawa tikar ke tempat ini, jadi bisa sekalian bersantai bersama keluarga. Jika waktu kunjunganmu lebih lama, sebaiknya bawalah makanan untuk disantap di sini. Setelah lelah berkeliling taman, kamu bisa mengisi tenaga dengan hidangan lezat yang sudah dibawa dari rumah.

Harga tiket: Rp40.000 per orang.

3. Situ Gede

Situ Gede merupakan sebuah danau yang terletak di Bogor Barat. Danau ini memiliki kedalaman 6 meter dan luas 6 hektar. Pemandangan yang disuguhkan di tempat ini sangat asri, cocok dijadikan tempat untuk melepas penat setelah lima hari bekerja.

Selain menikmati pemandangan sekitar, kamu juga diperbolehkan untuk memancing dan naik perahu. Dijamin energi yang sempat terkuras akan terisi kembali sepulang dari sini. Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen akhir pekanmu yang bahagia, ya!

Harga tiket: Rp2.000 untuk anak-anak, Rp4.000 untuk orang dewasa

4. Kebun Raya Cibodas

Jika kamu ingin menikmati vibes tempat wisata yang berbeda, silakan berkunjung ke Kebun Raya Cibodas. Kamu bisa menemukan flora yang beragam di tempat ini. Salah satunya adalah spesies bunga sakura yang jumlah pohonnya mencapai 400!

Selain Taman Sakura, kamu pun dapat keliling untuk menikmati spot yang berbeda di sini. Ada Rumah Kaca, Araucaria Avenue, Air Terjun Cibeureum, Taman Rumput, dan tempat yang memiliki koleksi tumbuhan paku. Sepulang dari sini, pengetahuanmu tentang flora dijamin akan bertambah, deh!

Harga tiket: Rp16.500 per orang

5. Curug Leuwi Cibaliung

Curug Cibaliung terletak di Sentul, Kabupaten Bogor. Dikenal karena keindahan alamnya yang tak perlu diragukan. Air di curug ini bisa dikatakan bersih, ditambah lagi dengan arusnya yang tidak terlalu deras sehingga cocok dijadikan tempat untuk berpetualang.

Untuk bisa sampai ke curug, kamu harus trekking sekitar 1-1,5 jam dulu dengan kondisi jalanan yang cukup menantang. Agak melelahkan, jadi pastikan stamina tubuh dalam keadaan baik agar kamu tidak terlalu capek saat naik ke atas. Jangan lupa bawa air minum untuk melepas dahaga saat trekking.

Harga tiket: Rp10.000 per orang.

Baca Juga: Tips Memilih Tempat Penginapan Ketika Liburan

6. Telaga Malimping

Tempat wisata alam Bogor selanjutnya adalah Telaga Malimping. Letaknya ada di Desa Ciades, sekitar 40-60 menit dari Stasiun Bogor menggunakan kendaraan pribadi. Tidak hanya pemandangan telaga, karena tempat ini juga menyuguhkan wahana bermain air untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Ada rafting, arum jeram, paintball, flying fox, dan lain sebagainya yang bisa dicoba. Harga tiket untuk setiap wahana berbeda-beda. Sebaiknya tanyakan langsung kepada penjual kalau kamu tertarik untuk mencobanya. 

Harga tiket: Rp2.500 per orang

7. Panorama Pabangbon

Ingin berselfie ria dari ketinggian dengan pemandangan yang memukau? Kamu bisa ke Panorama Pabangbon yang terletak di Desa Pabangbon, Kabupaten Bogor. Tempat wisata di Bogor ini memiliki ketinggian 720 meter, jadi kamu bisa melihat situasi Kota Bogor dari atas.

Tempat ini dapat ditempuh selama 1,5 jam dari Kota Bogor. Sedangkan dari Jakarta membutuhkan waktu kurang lebih 2,5 jam. Bukan perjalanan yang singkat, tapi kamu tidak akan menyesal setelah sampai di sini.

Harga tiket: Rp10.000 per orang

8. Gunung Batu Jonggol

Meskipun masih tergolong baru, Gunung Batu Jonggol menjadi tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Entah itu wisatawan Bogor asli, maupun luar Bogor. Kebanyakan yang datang ke sini adalah wisatawan yang suka hiking.

Gunung ini memiliki tinggi 875 mdpl. Meskipun tidak terlalu tinggi dan tidak butuh waktu lama untuk sampai ke puncak, medan yang dilalui tidaklah mudah. Pastikan kondisi tubuh baik agar kamu bisa melihat pemandangan yang mempesona dari atas gunung.

Harga tiket: Rp15.000 per orang

9. Taman Wisata Mekarsari

Mau keliling kebun seharian? Bisa datang ke Taman Wisata Mekarsari, tempat wisata yang menyenangkan karena isinya buah-buahan. Di sini kamu dapat memanen sekaligus mencicipi buah-buahan yang sudah dipetik.

Beberapa tanaman langka juga bisa ditemukan di Taman Wisata Mekarsari. Terdapat jasa sewa kendaraan pribadi untuk keliling kebun bernama Garden Drive Thru, jadi kamu tidak perlu repot berjalan kaki. Harganya terjangkau dan sudah termasuk tiket masuk beberapa wahana bermain.

Harga tiket: Rp35.000 – Rp40.000 (tiket masuk), Rp70.000 (Garden Drive Thru)

10. Bukit Gantole

Salah satu wisata puncak Bogor adalah Bukit Gantole. Keistimewaannya adalah kamu bisa melihat para atlet paralayang mengikuti sesi latihan sekaligus menikmati keindahan hutan pinus di sekitar. Seru, kan?

Jika belum puas menikmati keindahan Bukit Gantole, kamu bisa berkemah di tempat ini. Cukup bawa perlengkapan kemah dan semua yang dibutuhkan. Jika tidak bawa, kamu bisa menyewanya dengan harga yang terjangkau.

Harga tiket: gratis, Rp5.000 untuk foto di spot tertentu

11. Curug Bidadari

Set up yang menarik membuat Curug Bidadari sebagai tempat wisata Bogor yang patut dikunjungi. Air terjun dengan ketinggian 50 meter ini menyediakan tempat penampungan air yang berbeda untuk anak-anak dan orang dewasa. Masing-masing dengan kedalaman 30 cm dan 1,5 meter.

Bagi yang tidak bisa berenang, jangan khawatir karena tempat ini menyediakan jasa penyewaan pelampung. Sehabis berenang, kamu bisa menikmati wahana flying fox untuk melihat keindahan pemandangan sekitar secara menyeluruh. Yakin tak mau ke sini?

Harga tiket: Rp25.000 per orang (weekday), Rp30.000 per orang (weekend)

Baca Juga:  5 Fashion Item yang Harus Dibawa saat Liburan Agar Tidak Mengganggu Ibadah

12. Penangkaran Rusa Giri Jaya

Menghabiskan weekend di Bogor bersama si kecil? Well, kamu bisa masukkan tempat ini dalam bucketlist karena si kecil pasti senang di bawa ke sini. Terdapat berbagai jenis rusa yang bisa ditemukan di sini, di antaranya Rusa Jawa, Cheetal, dan Bawean.

Tempat ini memiliki pemandangan yang cukup asri. Sembari berinteraksi dan memberi makan rusa, kamu bisa bersantai ria sambil menikmati pemandangan sekitar. Terdapat berbagai sarana outbound dan camping juga yang bisa dinikmati di akhir pekan.

Harga tiket: Rp8.000 per orang

13. Museum Zoologi

Museum Zoologi terletak bersebelahan dengan Kebun Raya Bogor. Tempat ini telah ada sejak tahun 1894 dan menyimpan jutaan fosil hewan. Mulai dari mamalia, ungags, ikan, dan serangga.

Terdapat lebih dari 2.000 koleksi fosil yang bisa ditemukan di sini. Beberapa di antaranya dijadikan pajangan, jadi kamu bisa lihat kerangka tubuh hewan langka yang telah diawetkan. Tempatnya cukup seru untuk menghabiskan waktu di akhir pekan.

Harga tiket: Rp15.000 per orang (weekday), Rp25.000 per orang (weekend)

14. Kampung Budaya Sindangbarang

Ingin mempelajari Budaya Sunda secara mendalam? Kamu bisa berkunjung ke Kampung Budaya Sindangbarang yang terletak di Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Bogor. Selain ikut merasakan kehidupan masyarakat Sunda, kamu juga bisa melihat adat dan berbagai pertunjukan tradisionalnya.

Kampung Sindangbarang terjaga dengan baik, jadi suasananya masih cukup asri. Terdapat beberapa aktivitas menarik yang disediakan di sekitar kampung ini. Sebut saja rafting, tracking, dan tempat relaksasi.

Harga tiket: Rp25.000 per orang (weekday), Rp35.000 per orang (weekend)

15. Pemandian Air Panas Gunung Peyek

Setelah puas mengunjungi beberapa tempat wisata Bogor, sekarang waktunya untuk relaksasi. Kamu dapat singgah ke Pemandian Air Panas Gunung Peyek yang berada di Kecamatan Parung, Bogor. Terdapat beberapa bulatan kecil untuk tempat berendam yang bisa diisi oleh dua orang.

Udara di tempat ini sangat sejuk. Bisa dipastikan kamu akan sangat rileks berada di sini. Hindari datang saat musim hujan, karena kondisi cuaca yang tidak baik akan menggagalkan rencanamu untuk berelaksasi.

Harga tiket: Rp5.000 untuk anak-anak, Rp10.000 untuk orang dewasa

Tips dan Budget Liburan di Bogor

Mengingat kondisi saat ini belum kondusif, tetaplah menerapkan protokol kesehatan. Gunakan masker, jaga jarak, dan cuci tangan setelah bersentuhan dengan benda di sekitar. Disarankan untuk bepergian menggunakan kendaraan pribadi agar mobilisasi selama di Bogor menjadi lebih mudah.

Sementara untuk budget liburannya sendiri cukup terjangkau. Kamu cukup menyediakan Rp500.000 per orang untuk liburan selama 2 hari 1 malam di Bogor. Biaya ini sudah termasuk hotel, makan, transportasi, dan tiket wisata.

Buat Itinerary Sebaik Mungkin Sebelum Berangkat

Jika kamu berencana untuk menghabiskan akhir pekan di Bogor, sebaiknya luangkan waktu untuk membuat itinerary atau rencana perjalanan. Penting mengingat tempat wisata di Bogor yang begitu banyak. Dengan itinerary, kamu tahu tempat wisata yang menjadi prioritas, jadi tidak bingung lagi sesampainya di sana.

Baca Juga: 9 Tips Cerdas Menikmati Liburan dengan Budget Minim