15 Rekomendasi Wisata Religi yang Indah di Indonesia

Wisata religi menjadi salah satu yang paling diminati belakangan ini, terutama bagi mereka yang menginginkan ketenangan. Sebagian orang memang lebih menyukai tempat wisata religi yang indah seperti ini, jika dibandingkan dengan destinasi wisata lainnya.

Tak perlu bepergian jauh-jauh ke luar negeri, di Indonesia juga ada banyak tempat wisata religi yang bisa dikunjungi dengan mudah. Berbagai destinasi wisata ini bahkan tersebar di tanah air, sehingga kamu bisa memilih salah satu destinasi wisata religi terdekat untuk liburan yang akan datang. 

Nikmati Waktu Menyenangkan dengan Wisata Religi 

Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata religi terdekat yang bisa dinikmati ketika liburan: 

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

1. Pura Tanah Lot 

loader

Keindahan Bali tentu tidak perlu dipertanyakan lagi, sebab hampir semua wilayah tersebut dihiasi dengan alam yang luar biasa. Ada banyak destinasi wisata religi yang bisa dinikmati di Bali, salah satunya Pura Tanah Lot. Pura indah yang satu ini terletak di Kabupaten Tabanan dan bisa dijangkau dengan mudah. Berada tepat di pinggir pantai, siluet yang ditawarkan Pura Tanah Lot memang tidak duanya, ini bahkan menjadi salah satu lokasi terbaik untuk menikmati sunset. 

2. Masjid Baiturrahman

Jika ingin menikmati wisata religi di Tanah Rencong, maka yang satu ini akan menjadi pilihan tepat. Masjid Baiturrahman menjadi salah satu bangunan yang tetap berdiri dengan kokoh saat belasan tahun lalu terjadi bencana tsunami di Aceh. Bukan hanya populer setelah bencana itu saja, masjid yang satu ini memang termasuk salah satu warisan dari kesultanan Aceh di masa lalu. Sempat menjadi sasaran serangan Belanda dan mengalami kehancuran, Masjid Baiturrahman kembali di bangun sekitar tahun 1879-1881. 

3. Maha Vihara Mojopahit

Jawa Timur juga memiliki tempat wisata religi yang indah untuk dinikmati. Maha Vihara Mojopahit merupakan tempat ibadah yang menenangkan di wilayah Mojokerto. Kawasan tempat ibadah ini terbilang luas, yakni lebih dari 20 ribu meter persegi. Kental dengan nuansa arsitektur Jawa, vihara yang satu ini memang memiliki keunikan tersendiri. Pengunjung juga bisa menikmati keindahan patung Buddha Tidur yang ada di tempat ini, patung ini menjadi salah satu yang paling besar yang ada di tanah air. 

Baca Juga: 15 Tempat Wisata di Turki yang Mempesona, Wajib Datang!

4.  Makam Sunan Gunung Jati

Kota Cirebon menjadi salah satu wilayah yang memiliki banyak tempat wisata religi, salah satunya Makam Sunan Gunung Jati ini. Makam yang banyak dikunjungi oleh berbagai kalangan ini terletak di Kecamatan Gunungjati dan cukup mudah untuk didatangi. Malam ini sendiri memiliki keunikan desain arsitektur, di mana terdapat perpaduan sentuhan desain China, Jawa dan sekaligus Arab yang cukup kental. Sedangkan bagian dindingnya sendiri diukir dengan kaligrafi yang indah. 

5. Patung Yesus Toraja

loader

Jika ingin menikmati wisata religi terdekat di wilayah Tana Toraja, maka destinasi yang satu ini bisa menjadi pilihan. Patung Yesus Memberkati dibuat mirip dengan patung Yesus yang terdapat di Brazil. Lokasinya yang berada di perbukitan nan indah membuat patung ini kerap dikunjungi oleh banyak orang.  Patung Yesus ini sendiri merupakan simbol agama Nasrani untuk wilayah yang terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan tersebut. 

6. Klenteng Sam Po Kong

Klenteng Sam Po Kong merupakan salah satu wisata religi terdekat yang bisa dinikmati di wilayah Semarang. Bukan klenteng biasa, namun klenteng yang satu ini menyimpan sejarah perjalanan Laksamana Cheng Ho ke wilayah Indonesia, termasuk Kota Semarang. Bangunan yang khas merupakan daya tarik destinasi wisata yang unik ini. 

7. Vihara Buddhagaya Watugong

Kental dengan budaya Buddha, Kota Semarang memiliki sejumlah destinasi wisata yang unik, salah satunya Vihara Buddhagaya Watugong. Vihara ini berada tepat di seberang Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong, dan sangat mudah untuk dikunjungi. Di tempat ini terdapat Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong yang memiliki tinggi hingga 45 meter. Selain untuk melakukan ibadah, bangunan pagoda unik yang indah ini sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang datang ke Vihara ini. 

8. Masjid Agung Demak

Jika ingin menikmati wisata religi bernuansa Islami di Demak, maka masjid yang satu ini wajib dikunjungi. Masjid yang sudah berumur ratusan tahun ini menjadi saksi sejarah peradaban kerajaan Demak di masa silam. Ada banyak makam raja-raja Demak yang letaknya bersisian dengan bangunan masjid ini. Masjid Agung Demak sendiri memiliki keunikan dalam desainnya, di mana atap bangunan ini terdiri dari 3 limasan kayu yang kuat. Bangunan ini sendiri didirikan oleh Wali Songo dan masih ramai dikunjungi hingga saat ini. 

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Hits di Malang dan Biayanya

9. Pura Agung Giri Natha

Satu lagi destinasi wisata religi terdekat yang bisa dinikmati di Kota Semarang adalah Pura Agung Giri Natha. Pura indah ini terletak di Jalan Sumbing dan begitu mudah untuk dikunjungi. Meski digunakan untuk tempat beribadah, pengunjung masih bisa menikmati area tengah pura tersebut ketika datang ke sana. Pura Agung Giri Natha sendiri memiliki 3 area utama, yakni Nistha Mandala, Maya Mandala dan juga Utama Mandala, di mana ketiganya juga memiliki fungsi yang berbeda-beda. Selain menikmati kesenian, pengunjung juga bisa menemukan banyak souvenir unik yang dapat dibeli. 

10. Klenteng Tay Kak Sie

loader

Klenteng ini merupakan salah satu tempat wisata religi yang bisa dikunjungi di wilayah Semarang. Klenteng Tay Kak Sie mudah ditemukan, sebab berada tepat di lokasi pecinan terbesar kota tersebut. Bangunan ini dihiasi dengan berbagai ornamen indah yang bisa memanjakan mata. Atapnya yang unik juga dihiasi dengan sepasang naga yang terlihat seperti sedang memperebutkan matahari. Selain sebagai destinasi wisata, Klenteng Tay Kak Sie juga masih digunakan untuk ibadah dan upacara keagamaan secara rutin. 

11.  Gereja Blenduk

Gereja yang satu ini sudah berdiri sejak tahun 1700-an, sehingga menjadi salah satu yang tertua di tanah air. Berada di kawasan Kota Tua Semarang, Gereja Blenduk ini memang salah satu destinasi wisata religi yang cukup populer dan banya dikunjungi. Gereja yang masih digunakan sebagai tempat ibadah ini memiliki nama asli Gereja Koepelkerk. Namun di dalam perjalanannya, masyarakat sekitar menamainya Gereja Blenduk, sesuai dengan bentuk kubahnya yang unik. 

12. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho merupakan destinasi wisata religi yang bisa dikunjungi di Kota Surabaya. Nama masjid ini diambil dari nama besar Laksamana Cheng Ho yang merupakan pelaut Tiongkok. Sang laksamana dikenal sebagai salah satu tokoh yang menyebarkan agama Islam di Indonesia. Berbeda dengan masjid pada umumnya, bangunan ini memang kental dengan desain arsitektur dari Cina, Indonesia dan juga Melayu. Hal ini memberi kesan unik dan keindahan yang tidak biasa, terutama pada sejumlah bagian yang diukir dengan bahasa Cina dan Arab.

13. Goa Maria Sendangsono

Tempat wisata religi yang satu ini terbilang populer dan banyak dikunjungi. Pada awalnya, Goa Maria Sendangsono adalah lokasi peristirahatan bagi mereka yang akan berkunjung ke Borobudur. Nama tempat ini diambil karena terdapat sebuah sumber mata air (sendang) yang berada di antara 2 pohon sono di lokasi tersebut. Selain itu, kawasan ini juga dihiasi dengan sentuhan seni dan etnik Jawa yang indah.  

14. Candi Borobudur

Rasanya tak lengkap jika kita tidak membahas lokasi wisata religi yang satu ini. Candi Borobudur merupakan tempat ibadah umat Hindu yang telah berdiri sejak abad ke-9 dan menjadi salah satu ikon wisata paling populer di Indonesia. Selain menawarkan kemegahan candi, lokasi ini juga memiliki keindahan yang tidak membosankan. Pada Hari Raya Waisak, pengunjung juga bisa menikmati festival lampion yang indah dari pelataran candi berukuran sangat besar ini.

15. Masjid Istiqlal, Jakarta

loader

Menjadi masjid terbesar di Asia Tenggara, nama masjid Istiqlal tentu sudah tidak asing lagi untuk sebagian besar orang. Lokasi masjid yang berada di tengah Kota Jakarta ini tentu membuat pengunjung mudah mendatanginya. Memiliki desain yang indah dan besar, masjid Istiqlal sendiri justru di desain oleh seorang arsitek Nasrani. Masjid megah ini sendiri merupakan salah satu ikon Ibukota yang sangat populer  dan selalu ramai dikunjungi. 

Kunjungi Destinasi Wisata Religi Terbaik 

Menikmati wisata religi merupakan salah satu aktivitas yang bisa dilakukan ketika sedang liburan. Tidak selalu jauh, ada banyak tempat wisata religi yang tersebar di hampir seluruh tanah air. Pilih destinasi wisata religi yang tepat sejak awal, agar perjalanan wisata menjadi lebih maksimal dan menyenangkan.

Baca Juga: Berlibur ke Bedugul Bali? Ini 15 Destinasi Wisata yang Tidak Boleh Dilewatkan