15 Tempat Wisata di Turki yang Mempesona, Wajib Datang!

Turki merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh turis akhir-akhir ini. Di negara ini, kamu akan melihat indahnya perpaduan budaya antara dua benua, yaitu Asia dan Eropa. Perpaduan ini ada lantaran letak Turki yang berada di perbatasan dua benua tersebut.

Selain budaya, tempat wisata di Turki juga menjadi daya tarik tersendiri. Salah satunya adalah Cappadocia yang sangat populer. Tertarik liburan ke Turki dalam waktu dekat? 

Bingung cari asuransi perjalanan terbaik dan termurah? Cermati punya solusinya!

Beli Asuransi Perjalanan Terbaik Sekarang!  

Rincian Biaya Liburan ke Turki

loader

Namanya liburan, ada sejumlah hal yang harus disiapkan agar liburan menyenangkan. Mulai dari mengurus visa, paspor, hingga akomodasi yang pastinya membutuhkan biaya. Lantas, berapa rincian biaya wisata ke Turki yang perlu kamu ketahui?

1. Biaya Mengurus Visa

Visa adalah dokumen yang wajib dimiliki saat liburan ke negara lain. Untungnya, Turki telah memberlakukan bebas visa bagi masyarakat Indonesia untuk waktu liburan tidak lebih dari 30 hari. Hal ini berlaku sejak tahun 2021 lalu. 

Adanya pembebasan visa ini secara otomatis memangkas pengeluaran saat liburan ke Turki. Alokasi dana yang sudah disiapkan dapat kamu gunakan untuk kebutuhan lainnya. Sebut saja untuk mengurus paspor, tiket pesawat, dan lain-lain.

2. Biaya Mengurus Paspor

Bagi yang belum memiliki paspor, kamu bisa segera mengurusnya sebelum liburan ke Turki. Biayanya mulai dari Rp350.000 untuk paspor biasa sebanyak 48 halaman. Sebesar Ro650.000 untuk e-paspor atau paspor elektronik 48 halaman.

Pengurusan paspor dapat dilakukan di aplikasi m-paspor yang dapat diunduh di Play Store maupun App Store. Di aplikasi tersebut, kamu tinggal ajukan permohonan pembuatan paspor, isi data diri, pilih lokasi untuk mengurus paspor, dan bayar. Datanglah ke lokasi yang dipilih sesuai tanggal dan waktu yang kamu pilih, sehingga paspor dapat segera diurus.

4. Tiket Pesawat

Untuk biaya tiket pesawat sendiri pun berbeda-beda, tergantung lokasi keberangkatan. Harga tiket PP Jakarta-Turki sebesar Rp9.000.000 dengan pesawat Etihad Airlines. Sementara untuk pesawat Emirates Airlines, biayanya lebih mahal yaitu Rp11.000.000.

Biaya diatas murni untuk tiket pesawat saja, belum termasuk asuransi perjalanan. Jika ingin menghemat, pantaulah harga tiket pesawat sesering mungkin. Bila perlu, aktifkan notifikasi pembaharuan harga dari Google Flights melalui email untuk dapatkan informasi harga tiket pesawat terkini.

5. Penginapan di Turki

Harga penginapan di Turki mulai dari Rp 394.000 per malam. Tentunya, dengan fasilitas ala kadarnya mengingat harganya yang terjangkau. Jika kamu berencana liburan selama 5 hari, itu artinya kamu perlu menyiapkan budget kurang lebih Rp2.000.000 hanya untuk penginapan saja. 

6. Biaya Makan dan Minum

Harga makanan di Turki bisa dikatakan murah, jadi budget yang perlu disiapkan ramah di kantong. Budget Rp2.500.000 sudah cukup untuk biaya makanan selama 6 hari 5 malam. Dengan budget segini, kamu bahkan bisa menapaki kaki di salah satu restoran terbaik di Turki.

7. Biaya Tempat Wisata

Salah satu aktivitas wisata terbaik yang bisa dicoba saat liburan ke Turki adalah naik balon udara. Pengalaman ini bisa didapatkan di Cappadocia, dimana balon udara akan beterbangan di atas lembah dan gugusan vulkanik. Sangat memukau!

Biaya naik balon udara di Cappadocia sendiri dibanderol seharga Rp2.800.000 untuk standar flight dengan muatan 20 orang. Ada comfort flight seharga Rp3.600.000 untuk kapasitas 16 orang, dan exclusive flight seharga Rp56.500.000 untuk dua orang penumpang. Masing-masing tipe balon udara memiliki durasi terbang selama 60 menit, 75 menit, dan 90 menit.

8. Biaya Transportasi

Selama di Turki, kamu bisa naik transportasi umum untuk menghemat pengeluaran. Rata-rata biaya transportasi yang dikeluarkan sekitar Rp200.000 per hari. Selama 6 hari 5 malam, kamu harus menyediakan dana kurang lebih Rp1.200.000 untuk biaya transportasi saja.

Jika dilihat dari biaya-biaya yang disebutkan di atas, maka total budget yang perlu disiapkan untuk wisata di Turki sekitar Rp17.000.000. Biaya ini hanya estimasi, karena aktualisasinya tergantung masing-masing orang. Kamu bisa manfaatkan diskon atau promo tertentu untuk menghemat budget liburan di Turki.

Baca Juga: 7 Desa Wisata Dunia Terbaik yang Menarik untuk Dijelajahi!

15 Tempat Wisata di Turki yang Mempesona

loader

Ada banyak tempat wisata Turki yang bisa dikunjungi. Tidak hanya balon udara saja, tapi juga berbagai masjid bersejarah yang tak kalah memukau. Berikut 15 list tempat wisata Turki yang tak boleh dilewatkan.

1. Blue Mosque

Ingin mengunjungi destinasi wisata Turki yang berbau religi? Kamu bisa datang ke Blue Mosque yang terletak di Kota Istanbul. Masjid ini dihiasi keramik berwarna biru dan memiliki enam buah menara yang cantik.

2. Topkapi Palace

Jangan lupa mampir ke salah satu istana megah yang ada di Turki, yaitu Topkapi Palace. Bangunan ini merupakan pusat pemerintahan di Turki sekaligus istana peninggalan Turki Utsmani. Bangunan ini menawarkan keindahan ala kesultanan zaman dulu, lengkap dengan keramik dan kaligrafinya.

3. Bosphorus Bridge

Jika kamu ingin tahu rasanya berada di tengah-tengah dua benua sekaligus, kamu bisa datang ke Bosphorus Bridge. Jembatan ini menggantung sepanjang 1.510 meter di Selat Bosphorus di Kota İstanbul. Pemandangan dari atas jembatan sangat menakjubkan, terutama saat sunset tiba.

4. Hagia Sophia

Hagia Sofia dulunya merupakan gereja Ortodoks yang dialihfungsikan menjadi masjid, dan sekarang berubah menjadi museum. Tempat ini menyuguhkan keindahan keberagaman dua agama, dua budaya, dan dua benua yang berbeda. Dijamin tak akan menyesal!

5. İstiklal Caddesi

Merupakan salah satu jalanan yang cukup populer di Istanbul. Selain melihat keeksotisan bangunan di era Utsmaniyah, tempat ini juga menjadi pusat perbelanjaan para turis. Ada toko musik, buku, butik, galeri seni, hingga kafe yang bisa didatangi di sini.

6. Hippodrome Square

Jika kamu penasaran terhadap penampakan arena balap kuda di zaman dulu, kamu bisa datang ke Hippodrome Square. Tempat wisata Turki ini terletak di alun-alun Blue Mosque yang sekaligus menjadi saksi perkelahian para gladiator zaman dulu. Hippodrome juga sering dijadikan sebagai tempat berkumpul pada zaman Bizantium.

7. Taksim Square

Semakin malam semakin hidup, itulah Taksim Square. Tempat ini menawarkan perpaduan antara budaya, adat, dan tradisi dari sejuta manusia yang liburan di Kota Istanbul. Area ini enak dijadikan tempat untuk jalan-jalan di sore hari, belanja, dan bersantai.

8. Emirgan Tulip Garden

Tak perlu jauh-jauh ke Belanda kalau ingin melihat bunga tulip. Sebab, Turki pun punya taman bunga tulip bernama Emirgan Tulip Garden. Tempat ini akan memanjakan mata pengunjung dengan hamparan bunga tulip yang berwarna-warni di atas lahan seluas 100 hektar.

9. Green Mosque and Tomb

Adalah salah satu tempat pemakaman sultan Mehmed I dan anggota keluarga. Seperti namanya, masjid ini dihiasi oleh ubin berwarna hijau. Tempat ini cocok untuk kamu yang ingin mempelajari sejarah kesultanan di zaman dulu.

Baca Juga: 7 Wisata Religi Domestik dan Mancanegara yang Worth to Visit

10. Silk Market

Dari namanya, kamu sudah tahu kalau pasar ini menjadi tempat belanja sutera paling populer di Bursa. Silk Market menjual aneka sutera berkualitas tinggi dengan harga yang cukup terjangkau. Jika kamu ingin beli oleh-oleh kain sutera, bisa mampir sebentar ke tempat ini.

11. Ephesus

Ephesus merupakan salah Kota Yunani Kuno yang runtuh pada zaman Romawi kuno. Di sini kamu bisa melihat sisa-sisa bangunan romawi, yaitu Celcus Library yang merupakan perpustakaan ketiga terbesar pada eranya. Ada juga Odeon Theatre yang merupakan tempat pertemuan wakil rakyat sekaligus tempat konser musik.

12. Pamukkale

Pamukkale merupakan salah satu kota yang menyuguhkan tempat pemandian air panas yang cukup populer di Turki, bernama Cotton Castle. Tempat permandiannya sekilas mirip seperti kolam salju, tapi perlu diketahui bahwa warna putih ini adalah hasil pengerasan logam kalsium. Terdapat pula kota tua peninggalan zaman romawi di sini, bernama Hierapolis Ancient City. 

13. Virgin Mary House

Salah satu destinasi wisata Turki untuk umat Kristiani adalah Virgin Mary House. Bangunannya dikenal sebagai tempat peristirahatan terakhir Bunda Maria. Letaknya berada satu komplek dengan Ephesus.

14. Mevlana Museum

Destinasi wisata Turki lainnya adalah Mevlana Museum yang terletak di Konya. Museum ini merupakan salah satu makan tokoh penting Muslim, bernama Jalal Ad din Muhammad Rumi. Museum ini menjadi salah satu tempat berkembangnya aliran sufi besar di dunia.

15. Caravanserai

Bangunan Caravanserai akan mengingatkanmu dengan film Aladdin. Bangunan ini memiliki bentuk yang sangat unik. Dulunya digunakan sebagai tempat penginapan para musafir yang berdagang melalui silk road.

Pilihlah Waktu Terbaik Saat Liburan ke Turki

Itu dia estimasi biaya dan destinasi wisata Turki yang wajib dikunjungi. Jika ingin liburan ke Turki, pastikan kamu memilih waktu keberangkatan terbaik. Waktu dimana cuaca bagus dan yang paling penting tidak terlalu ramai turis, jadi kamu bisa menikmati tempat-tempat terbaik di Turki secara leluasa.

Jangan lupa untuk membeli asuransi perjalanan sebelum traveling atau berlibur ke Turki. Dengan adanya asuransi perjalanan kamu akan terlindungi dari berbagai risiko perjalanan yang bisa datang kapan saja, membuat perjalanan menjadi lebih aman dan nyaman.

Baca Juga: 6 Objek Wisata yang Ramah Turis Muslim di Korea Selatan