Ada Attack on Titan Sampai Vinland Saga, Ini Rangkuman Anime Terbaik Wit Studio

Wit Studio merupakan studio animasi Jepang yang didirikan pada Juni 2012 oleh produser di Production IG sebagai anak Perusahaan IG Port. Meski belum lama beroperasi, perusahaan ini namanya kian melejit karena berhasil melahirkan satu karya anime yang populer, yakni Attack on Titan.

Setelah didirikan, sutradara Tetsuya Nakatake ditempatkan sebagai direktur perwakilan studio tersebut. Kemudian, beberapa mantan anggota staf Production IG lainnya bergabung dengan Wit Studio setelah pendirinya, termasuk sutradara animasi Kyoji Asano dan Satoshi Kadowaki dan Tetsuro Araki bekerja sama semuanya dalam menggarap Attack on Titan.

Selain Attack on Titan, Wit Studio juga melahirkan sejumlah anime yang tidak kalah bagus dan populer lainnya, seperti Spy x Family, Ranking of Kings, hingga Vinland Saga. Ingin lebih tahu lengkapnya, berikut adalah daftar anime terbaik dari Wit Studio yang telah dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: 15 Anime dengan Produksi Termahal di Dunia, Tembus Triliunan!

Beli Voucher Streaming dengan Mudah Hanya di Cermati!

Beli Voucher Streaming di Sini!  

  1. Attack on Titan (2013)

    loader

    Meski belum lama didirikan, namun Wit Studio mampu menggebrak pasar anime di Jepang dengan merilis Attack on Titan yang diproduksinya sebanyak 3 season atau musim sebelum akhirnya pada bagian selanjutnya dipegang oleh MAPPA. Popularitas dari anime ini tidak perlu diragukan lagi, bahkan setiap seri nya selalu ditunggu oleh banyak penggemarnya, serta juga meraih berbagai macam penghargaan.

    Attack on Titan berlatarkan sebuah tempat di dunia pasca apokaliptik, yakni dimana sisa-sisa manusia tinggal di balik tembok untuk melindungi diri mereka dari serangan makhluk humanoid raksasa yang disebut Titan. Cerita pun berfokus pada sekelompok Attack on Titan, yang terdiri Eren Yeager dan teman-temannya, Mikasa Ackerman, dan Armin Arlert.

    Saat itu, Titan menerobos tembok kampung halaman mereka untuk menghancurkan kota dan memakan ibu dari Eren. Ketika harus mengalami kenyataan tersebut, Eren pun bersumpah akan membalas dendam dengan bergabung bersama pasukan elite untuk melawan Titan.

  2. Hal (2013)

    loader

    Tidak cepat berpuas dengan kesuksesan Attack On Titan, Wit Studio pun mengembangkan produksi animenya yang berikutnya dalam bentuk film, yakni berjudul Hal atau juga disebut Haru. Anime ini pun dirilis pada 2013 lalu dengan disutradarai oleh Ryotaro Makihara.

    Film anime ini bercerita tentang seorang wanita bernama Kurumi yang harus ditinggalkan selama-lamanya oleh kekasihnya, yakni Hal karena mengalami kecelakaan pesawat. Saat itu, ia menjadi murung dan mengasingkan diri, namun suatu ketika kakeknya meminta bantuan robot humanoid bernama Q01.

    Karena kecanggihan teknologi tersebut yang dapat dibuat menyerupai perilaku manusia, Q01 pun berubah menjadi layaknya sosok Hal. Kurumi yang pada saat itu sudah putus asa mulai perlahan untuk terbuka dan melepaskan diri serta menghabiskan waktu bersama dengan robot android itu. 

  3. Seraph Of The End (2015)

    loader

    Seraph Of The End merupakan anime yang diproduksi oleh Wit Studio berdasarkan adaptasi dari serial manga karta dari Takaya Kagami dan Yamato Yamamoto. Anime ini mengisahkan tentang kehidupan manusia di dunia yang diduga berakhir di tangan virus, dan pada saat yang sama para vampir muncul dan menyapu kehidupan penduduk bumi.

    Kemudian pada suatu saat, seorang anak bernama Yuichiro bersama temannya sesama yatim piatu, Mikaela melarikan diri dari panti asuhan, namun sayangnya hal tersebut mengakibatkan temannya meninggal. Sejak itu, Yuichiro diselamatkan oleh anggota unit pemusnahan tentara iblis, dan memutuskan mendedikasikan hidupnya untuk menghancurkan vampir.

  4. Koutetsujou no Kabaneri (2016)

    loader

    Jika kamu menyukai anime bergenre dark fantasy, anime yang diproduksi oleh Wit Studio dengan 12 episode hasil sutradara Tetsuro Araki ini bisa menjadi salah satu rekomendasinya. Cerita pada  Koutetsujou no Kabaneri atau yang juga disebut Kabaneri of the Iron Fortress ini berawal ketika munculnya virus misterius yang dapat mengubah manusia jika terinfeksi dan menjadi Kabane.

    Kabane di sini adalah makhluk-makhluk yang dapat merobek daging manusia dan satu-satu cara untuk membunuhnya adalah dengan menghancurkan hari mereka yang berlapis baja. Lalu, seorang pemuda bernama Ikoma yang menciptakan senjata mematikan untuk menembus jantung Kabane, lantas berhasilkah dirinya dalam perlawanan itu?

  5. The Ancient Magus’s Bride (2017)

    loader

    Diadaptasi dari serial manga karya Kore Yamazaki dan diproduksi oleh Wit Studio ini mengisahkan tentang seorang anak yatim piatu di Jepang bernama Chise Hatoru yang kerap dikucilkan oleh kerabat serta masyarakat. Karena mengalami hal itu, ia akhirnya memutuskan untuk menjual dirinya di sebuah pelelangan agar orang lain dapat menerimanya.

    Pada lelang di London, ia dijual seharga lima juta pound kepada Elias Ainsworth, yakni seorang humanoid yang memiliki bentuk tubuh besar dengan tengkorak Binatang sebagai kepalanya. Serial ini membahas mengenai irisan kehidupan romantis yang dibalut dengan sudut pandang surealis dan supernatural.

  6. Vinland Saga (2019)

    loader

    Vinland Saga merupakan salah satu anime terbaik serta terpopuler yang diproduksi Wit Studio berdasarkan adaptasi serial manga karya Makoto Yukimura, dan kemudian season atau musim keduanya diproduksi oleh MAPPA pada 2023. Anime ini berfokus pada seorang anak bernama Thorfinn yang terlibat dengan viking setelah kematian ayahnya, Thors.

    Marah dengan kematian ayahnya tersebut yang dibunuh oleh pasukan Viking, Askeladd. Setelah itu, Thorfinn pun mulai berlatih dan bekerja sebagai tentara bayaran untuk viking dan seiring waktu berjalan ia pun ingin membalas dendam atas Askeladd yang telah membunuh ayahnya.

  7. Great Pretender (2020)

    loader

    Serial animasi yang digarap oleh Wit Studio ini disutradarai oleh Hiro Kaburagi dan ditulis Ryota Kosawa dengan menghasilkan sebanyak 23 episode. Cerita dalam Great Pretender ini pun dibagi menjadi sejumlah, yakni Los Angeles Connection, Singapore Sky, Snow of London hingga Wizard of Far East.

    Great Pretender ini memfokuskan cerita pada serangkaian peristiwa malang yang menyebabkan Makoto Edamura mengadopsi kehidupan kriminal, seperti mencopet dan menipu orang lain untuk mencari nafkah. Namun setelah menipu seorang turis, Makoto baru mengetahui kalau dirinya yang ditipu dan bahkan polisi kini memburunya.

  8. Vivy: Fluorite Eye’s Song (2021)

    loader

    Anime ini digarap oleh Tappei Nagatsuki serta Eiji Umehara berdasarkan manga karya Morito Yamataka dan diproduksi Wit Studio. Vivy: Fluorite Eye’s Song mengisahkan tentang berbagai percobaan manusia dalam menciptakan AI otonom yang dapat berfungsi jika diberi satu misi saja untuk mendedikasikan hidup mereka.

    Lalu, diciptakanlah AI otonom pertama, yakni seorang penyanyi bernama Diva yang diciptakan untuk membuat orang senang dengan lagu-lagunya. Namun, kehadirannya terganggu setelah hadirnya Matsumoto, yakni AI dari 100 tahun masa depan yang ingin memusnahkan manusia.

  9. Ranking of Kings (2021)

    loader

    Ranking of Kings merupakan serial televisi anime yang diadaptasi dari manga karya Sosuke Toka, dan memfokuskan ceritanya pada petualangan seorang pangeran kecil bernama Bojji yang terlahir tuli dan memiliki bentuk tubuh pendek. Ia pun mempunyai teman bernama Kage yang selamat dari klan pembunuh dan dapat memahami kata-kata Bojji meskipun tidak dapat berbicara.

    Suatu saat, ayah Bojji, yakni Raja Bosse yang merupakan pejuang raksasa legendaris dengan masa jayanya terkenal secara luas dan menjadi orang terkuat meninggal dunia. Hal tersebut seharusnya membuat Bojji menjadi penggantinya, namun kalangan istana tidak percaya Bojji bisa menjabat sebagai raja dengan berbagai macam kekurangannya.

  10. Spy x Family (2022)

    loader

    Serial televisi anime yang diproduksi oleh Wit Studio bersama CloverWorks tidak perlu diragukan lagi popularitasnya. Ya, Spy x Family ini mengikuti cerita tentang seorang mata-mata bernama Loid Forger yang harus membangun sebuah keluarga untuk menjalankan misinya, dan akhirnya membuat dirinya mengadopsi anak bernama Anya.

    Kendati demikian, keluarga buatan Loid Forger tersebut cukup unik karena seorang putri yang diadopsinya memiliki kemampuan telepati, dan seorang wanita bernama Yor Briar yang dijadikannya sebagai seorang istri rupanya adalah pembunuh. Spy x Family ini ditayangkan menjadi dua season atau musim dan film animasinya akan dirilis pada Desember 2023 mendatang.

    Baca Juga: 12 Rekomendasi Anime Terbaik dari Studio Ufotable, Ada Fate/Zero!

Anime dari Wit Studio Mana yang Jadi Favoritmu?

Meski baru berdiri sejak 2012, Wit Studio mampu melahirkan sejumlah anime yang populer, terbaik dan juga banyak menerima pujian serta penghargaan. Dari daftar karya yang telah dirangkum tadi, kalian bisa menikmati suguhan cerita dari berbagai macam tema dan genre, tapi judul mana yang paling kamu sukai?

Baca Juga: 10 Anime Terbaik Hasil Produksi Studio Pierrot, Salah Satunya Naruto!