Zakat Online: Cek Aplikasi dan Tips Menggunakannya Biar Berkah

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka” (QS. At Taubah: 103)

Sudah menjadi kewajiban kita sebagai manusia untuk saling berbagi dengan sesama, salah satunya dengan beramal atau berdonasi. Terlebih pada bulan Ramadan, semua orang berlomba-lomba dalam kebaikan, tidak hanya dalam beribadah saja, tapi juga dalam amalan ibadah lainnya, salah satunya beramal.

Dengan kemajuan teknologi yang semakin hari semakin pesat, kini untuk urusan beramal pun dimudahkan dengan hadirnya aplikasi donasi dan zakat online yang bisa diunduh pada ponsel dengan metode pembayaran online. Tertarik mencobanya? Simak ulasan dari beberapa aplikasi untuk beramal online di bawah ini berikut tipsnya.

Baca Juga: Pengertian dan Macam-Macam Zakat

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

Aplikasi Online untuk Beramal

mobile application Aplikasi Mobile

Ada banyak aplikasi untuk beramal tersedia di internet. Aplikasi-aplikasi tersebut umumnya bisa diunduh secara gratis di ponsel Anda.

1. Zakat Mobile by Rumah Zakat

85479-zakat-mobile.jpg (480×260)

Zakat Mobile by Rumah Zakat via suara.com

Rumah Zakat merupakan salah satu lembaga swadaya masyarakat yang terpercaya dalam mengelola zakat, infaq, shodaqoh dan wakaf baik secara konvensional maupun secara online. Aplikasi besutan Rumah Zakat yang dinamai Zakat Mobile ini menjadi satu dari sekian banyak pilihan aplikasi untuk beramal via online karena penggunaannya yang mudah.

Fitur: Beragam fitur terkait tentang pendonasian disematkan dalam aplikasi, yang menarik adalah fitur kalkulator zakat yang akan menghitung berapa zakat yang seharusnya Anda keluarkan tanpa perlu repot menghitungnya secara manual. Jenis pembayaran dengan Zakat mobile bisa dengan transfer bank dan kartu kredit.

2. AA Gym

AA Gym
Aplikasi AA Gym

Siapa yang tidak kenal dengan da’i kondang berdarah sunda, AA Gym. Aplikasi milik pendakwah yang dikenal dengan manajemen qolbu (MQ) ini memiliki nama sesuai dengan namanya. Aplikasi AA Gym dapat memudahkan Anda untuk berdonasi secara online baik itu zakat, amal, dan lain sebagainya.

Fitur: Selain fitur utamanya yang menyediakan donasi online, AA Gym juga memiliki fitur tambahan yang bermanfaat untuk meningkatkan kualitas iman Anda. Adalah fitur dakwah, siraman qolbu, dan motivasi dari AA Gym yang dapat dinikmati dalam aplikasi ini.

3. Ayo Bayar Zakat

ayo bayar zakat Ayo Bayar Zakat via googleusercontent.com

Aplikasi Ayo Bayar Zakat merupakan aplikasi hasil gagasan Pemkot Bandung, Badan Zakat Nasional (Baznas), dan Forum Organisasi Zakat Wilayah Bandung. Walaupun berasal dari Bandung, Anda yang berada di luar Bandung juga tetap dapat menikmati fitur dari aplikasi ini.

Fitur: Dalam aplikasi Ayo Bayar Zakat terdapat berbagai fitur yang memudahkan penggunanya. Misalnya, terdapat fitur yang memberikan informasi lembaga-lembaga zakat yang terpercaya di wilayah Bandung Raya terutama pada kotanya. Selain itu, terdapat juga fitur pemanggil ambulans gratis dalam aplikasi ini.

4. Bazis DKI Jakarta

Bazis DKI Jakarta
Bazis DKI Jakarta

Dari namanya saja, kita tahu aplikasi ini berasal dari mana. Ya, aplikasi ini merupakan hasil kerja sama antara Badan Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta. Di mana kita tahu bahwa BAZIS merupakan badan amal yang sangat terpercaya, jadi tidak usah ragu untuk beramal melalui aplikasinya.

Fitur: Sudah berdonasi melalui aplikasi Bazis Jakarta, Anda juga dapat mengetahui catatan laporan pengumpulan dan pendayagunaan dana yang terkumpul oleh BAZIS Provinsi DKI Jakarta.

5. Inisiatif Zakat Indonesia

inisiatif zakat Inisiatif Zakat via siapp.id

Aplikasi resmi dari Laznas Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), dapat menjadi pilihan Anda untuk bersedekah maupun membayar zakat secara online. Sebagai lembaga amil zakat tingkat nasional, tentu tidak perlu khawatir untuk menyumbangkan uang yang dimiliki lewat aplikasi yang dibuat oleh IZI.

Fitur: Beragam fitur Islami juga diselipkan pada aplikasi tersebut, seperti kalkulator zakat, majalah dan buletin, berita yang terintegrasi dengan web resmi IZI, serta fitur yang memberikan informasi tentang mitra IZI di seluruh Indonesia. Selain itu, terdapat pula fitur Da’i IZI yang berisikan konten ceramah dan tausiah.  

6. LAZISMU

Lazismu

Lembaga Zakat Infaq dan Shadaqah Muhammadiyah (LAZISMU) juga membuat aplikasi yang memudahkan para muzaki untuk membayarkan zakat via online. Anda bisa dengan mudah membayarkan zakat, baik itu zakat fitrah maupun zakat mal dengan mengunduh aplikasi ini di ponsel.

Fitur: Pada aplikasi LAZISMU terdapat pengingat yang bisa diatur untuk mengingatkan Anda saat waktunya membayar zakat. Selain membayar zakat secara online, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk bersedekah secara online.

7. PayTren

paytren Paytren via aplikasipaytren.com

PayTren merupakan aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk bayar tagihan via online. Prinsip kerjanya hampir sama dengan mobile banking, Anda tidak perlu repot ke ATM untuk sekadar membayar tagihan listrik, isi token PLN, beli pulsa, tiket pesawat, kereta api, bayar cicilan leasing, dan lain sebagainya.

Fitur: Di samping itu, PayTren juga memilki fitur untuk membayar zakat dan bersedekah secara online. Aplikasi milik Ustadz kondang Yusuf Mansyur di bawah bendera PT Veritra Sentosa Internasional ini sudah tidak perlu diragukan lagi kredibilitasnya dalam urusan pembayaran online. Jadi, tidak perlu khawatir membayar zakat lewat PayTren.

8. Zakat Kita

Aplikasi Zakat Kita
Aplikasi Zakat Kita

Zakat Kita merupakan aplikasi dari Nurul Hayat, sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial dan dakwah. Sama seperti aplikasi untuk membayar zakat online lainnya, Zakat Kita juga menyediakan fitur yang sama. Yaitu, untuk membayar zakat dan bersedekah online.

Fitur: Terdapat tiga pilihan amal yang disuguhkan oleh aplikasi Zakat Kita, yakni zakat, sedekah, dan qurban online. Selain itu, terdapat juga fitur pengingat yang akan mengingatkan Anda waktu berzakat.

Baca Juga: Jenis Zakat yang Mesti Anda Keluarkan dan Rumus Menghitungnya

Tips Zakat Online via Aplikasi Ponsel

zakat
Zakat Online

Setelah mengetahui beragam aplikasi yang memudahkan dalam urusan beramal dengan menyediakan fitur donasi dan zakat via online di gadget Anda. Kini, simak tips beramal online berikut agar lebih aman.

1. Kenali Lembaga Penyedia Aplikasi

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengecek kredibilitas dari lembaga penyedia atau pembuat dari aplikasi donasi dan zakat online. Anda bisa mengecek nama dari lembaga tersebut di internet, apakah lembaga yang bergerak di bidang zakat dan donasi tersebut terpercaya atau tidak.

Lihat juga rekam jejak (track record) dari lembaga tersebut di internet melalui testimoni orang-orang yang telah berdonasi di lembaga tersebut. Lembaga yang kredibel biasanya sudah mempunyai website resmi sendiri

2. Pastikan Keaslian Aplikasi

Pastikan juga bahwa aplikasi yang diunduh aman dan asli. Aplikasi asli biasanya diunduh dari website resmi lembaga penyedia atau lewat toko resmi dari sistem operasi ponsel, seperti Google Play Store, App Store, BlackBerry World, dan Windows Store.

Hal ini perlu dilakukan karena banyak aplikasi palsu yang mirip dengan aplikasi aslinya. Aplikasi palsu ini tentu akan sangat merugikan karena biasanya mengandung virus atau spyware. Selain dapat mencuri informasi pribadi milik Anda seperti nomer rekening dan lain sebagainya, dana yang akan didonasikan juga kemungkinan tidak akan tersalurkan.

3. Perhatikan Rekening Penghimpun Dana

Perhatikan nama pemilik rekening penghimpun dana yang akan Anda kirimi uang, apakah atas nama pribadi atau lembaga. Rekening atas nama lembaga lebih bisa dipercaya ketimbang atas nama pribadi. Hal ini karena banyak kasus penipuan donasi online yang menggunakan rekening atas nama pribadi.

4. Cek Tujuan Penyaluran Dana

Anda tentunya ingin tahu ke mana perginya dana yang sudah Anda zakatkan atau donasikan. Apakah sudah digunakan sebagaimana mestinya atau tidak. Pada beberapa aplikasi untuk donasi dan zakat online sudah tersedia informasi penggunaan dari dana yang terkumpul.

5. Laporkan Jika Terjadi Hal yang Mencurigakan

Jika merasa ada hal mencurigakan dalam prosedur pembayaran zakat atau donasi online, namun sudah terlanjur mengirimkan sejumlah dana, segera laporkan hal tersebut ke bank Anda. Jangan menunggu lama, hal ini dilakukan untuk langkah antisipasi akan kejadian yang tidak diinginkan. Jika ada transaksi yang tidak diinginkan, maka pihak bank bisa langsung memblokir rekening.

Beramal Lewat Aplikasi Online Memberi Kemudahan

Sudah tidak perlu dipungkiri bahwa hadirnya aplikasi yang menyediakan fitur donasi dan zakat via online sangat memudahkan untuk beramal. Tinggal luruskan niat Anda untuk beramal, baik itu sedekah maupun zakat. Usahakan perbanyak sedekah di bulan suci ini agar pahalanya berlipat ganda dan hidup menjadi berkah.

Baca  Juga: Donasi Online Rawan Disalahgunakan? Lakukan Ini untuk Menghindarinya