Zaskia Sungkar, Dari Hijrah Hingga Sukses Jadi Pengusaha

Nama Zaskia Sungkar akhir-akhir ini banyak menjadi perbincangan. Hal ini terjadi setelah perseteruan antara Irwansyah, sang suami, dengan Medina Zein mencuat ke publik. Mantan partner kerja itu pun akhirnya adu laporan ke pihak yang berwajib.

Namun sebelum ini sebenarnya sosok Zaskia Sungkar lebih dulu tenar. Bersama dengan sang adik, Zaskia pernah meramaikan industri hiburan tanah air dengan membentuk duo The Sister.

Meski sempat dituding hanya mendompleng popularitas sang adik yang lebih dulu terkenal, Zaskia membuktikan jika dirinya juga memiliki kemampuan. Namun, kecintaan pada dunia desain membuat istri Irwansyah ini memilih mundur dan menekuni dunia mode. Usai mundur, Zaskia juga memilih hijrah dengan berhijab. Biar tidak penasaran, berikut kisah lengkapnya!

Gandeng Sang Adik Bentuk Grup Musik

View this post on Instagram

A post shared by Zaskia Sungkar (@zaskiasungkar15) on

Zaskia Sungkar pertama kali muncul di industri hiburan tanah air sebagai seorang musisi. Bersama dengan sang adik, Shireen Sungkar, Zaskia membentuk grup duo yang diberi nama The Sister. Sebagai grup duo, single pertama yang mereka keluarkan berjudul Keajaiban Cinta.

Tidak hanya itu, kakak beradik ini juga langsung mengeluarkan sebuah album bertajuk The Journey of Love di tahun 2008. Meski baru terjun sebagai penyanyi, nama keduanya sudah cukup dikenal masyarakat.

Pasalnya, Shireen kala itu tengah naik daun berkat kesuksesannya memerankan karakter dalam sebuah sinetron. Sedikit banyak hal ini membuat perjalanan karir musik keduanya menjadi lebih mudah.

Dari duo musik tersebut, akhirnya kesempatan perempuan kelahiran 22 Desember 1990 itu untuk menjajal dunia akting mulai terbuka. Beberapa judul FTV dan juga sinetron telah diperankan. Di antaranya adalah Seruni, Si Alif, Terlanjur Cinta, dan Bawang Putih Bawang Merah.

Baca Juga: Bertahan Jadi 'Senbatsu', Begini Kerennya Perjalanan Karir Jessica Veranda Selama di JKT48

Menikah Muda dengan Irwansyah

View this post on Instagram

A post shared by Zaskia Sungkar (@zaskiasungkar15) on

Memiliki karir cukup cemerlang di industri hiburan tanah air rupanya tidak membuat Zaskia heboh mengejar karir. Di usianya yang kala itu masih 20 tahun, Kia berani mengambil keputusan besar untuk menikah muda.

Dialah Irwansyah, sosok lelaki yang berhasil menaklukkan hati kakak kandung Shireen Sungkar tersebut. Pernikahan keduanya dilangsungkan pada 15 Januari 2011. Pernikahan tersebut sempat dinyinyiri warganet karena Zaskia dianggap merebut Irwan dari Acha Septriasa, sang mantan kekasih.

Pasalnya, keduanya sempat membina hubungan selama 7 tahun sebelum akhirnya kandas. Sedangkan bersama dengan Zaskia, dalam waktu satu tahun berpacaran, Irwan langsung mantap untuk menikah. Rumah tangga keduanya pun selalu tampak harmonis dan romantis.

Meski menikah sudah hampir 9 tahun, keduanya sampai saat ini belum dikaruniai momongan. Hal ini tentu membuat warganet jadi semakin nyinyir untuk mengomentari kehidupan pasangan selebritis tersebut. Namun, lagi-lagi keduanya memilih kompak untuk tidak menanggapinya dan tetap menjadi pasangan romantis.

Memilih Hijrah dan Berhijab

View this post on Instagram

A post shared by Zaskia Sungkar (@zaskiasungkar15) on

Popularitas seorang Zaskia di industri hiburan tanah air nyatanya tidak membuat hidayah yang datang dia abaikan. Pada tahun 2013, Zaskia mengalami perubahan yang cukup drastis dalam berpenampilan. Putri sulung pasangan Mark Sungkar dan Fanny Bauty ini memutuskan untuk berhijab.

Keputusannya untuk berhijab ini rupanya dia peroleh setelah berkunjung ke tanah Suci Makkah. Kala itu Kia, sapaan akrabnya tengah melakukan ibadah umroh. Dalam perjalanan tersebut, pengalaman batin yang dialaminya mengubah sudut pandang Kia dalam berbusana.

Meski mengaku sempat mengalami kesulitan saat awal berhijab, Zaskia tetap berusaha Istiqomah. Godaan sempat dialami ketika melihat saudari dan rekan-rekannya yang kala itu masih belum berhijab. Urusan salon menjadi salah satu tantangan yang harus dilewati Kia kala itu.

Agar tidak tergoda, istri Irwansyah ini memilih untuk lebih banyak memperdalam ilmu agama. Berbagai kajian islami pun dia ikuti. Menimba ilmu sebanyak-banyaknya yang membuat ketetapan hatinya semakin mantap. Hingga akhirnya, Kia tidak sekadar berhijab tetapi juga berhijrah ke kehidupan yang lebih islami.

Baca Juga: Menekuni Bakatnya Sejak Kecil Antarkan Raisa Andriana Jadi Penyanyi Papan Atas. Ini Kisah Inspiratifnya!

Pilih Tekuni Jadi Desainer

View this post on Instagram

A post shared by Zaskia Sungkar (@zaskiasungkar15) on

Jiwa seni seorang Zaskia Sungkar rupanya memang sudah hadir sejak dirinya masih belia. Bukan seni peran, ternyata kesukaan perempuan 27 tahun ini adalah menggambar. Jemari lentiknya selalu senang mencorat-coret kertas hingga terbentuk gambar yang apik.

Melihat bakat tersebut, sang ayah sempat mengarahkannya untuk mempelajari interior desain. Namun ketika terjun ke dunia hiburan, justru fashion yang mencuri perhatiannya. Berawal dari sering mengunggah OOTD atau outfit of the day di media sosial, jiwanya sebagai desainer pelan-pelan semakin berkembang.

Tidak hanya mengandalkan namanya yang sudah tenar, pakaian yang dirancang Kia memang berkualitas. Selain dari bakat menggambar, keseriusan pemain sinetron Si Alif ini juga ditunjukkan dengan mengikuti berbagai kursus singkat dalam dunia desain.

Bahkan dia sempat meninggalkan Indonesia untuk pergi ke Inggris demi menimba ilmu. Dari bekal kursus dan sering menghadiri acara fashion show, Kia semakin dalam mempelajari dunia fashion. Dirinya yang dulu sempat diremehkan pun membuktikan diri.

Produk rancangannya semakin sering tampil dalam berbagai acara seperti Jakarta Fashion Week. Bahkan, Kia juga pernah ikut terlibat dalam New York Couture Fashion Week pada 2015. Kini, bisnis fashion istri Irwansyah ini semakin berkembang dengan mengeluarkan banyak label, khususnya baju muslim, untuk pakaian produksinya.

Bangun Kerajaan Bisnis Hingga Koleksi Tas Mewah

View this post on Instagram

A post shared by Zaskia Sungkar (@zaskiasungkar15) on

Kesuksesan seorang Zaskia Sungkar di bidang bisnis bukan hanya di dunia fashion saja. Bersama sang suami, pasangan selebritis ini juga merambah bisnis di bidang tour and travel untuk haji dan umroh, kuliner, hingga e-commerce.

Tidak mengherankan jika uang yang dihasilkan oleh pasangan ini semakin menumpuk. Tempat tinggal pasangan artis ini pun diketahui merupakan sebuah apartemen mewah yang didesain classic dan elegan.

Bukan hanya itu saja, Zaskia juga diketahui senang mengoleksi berbagai tas branded dengan harga selangit seperti Dior, Louis Vuitton, hingga Hermes. Untuk satu buah tas tangan saja, pemain Wanita Tetap Wanita ini rela merogoh kocek puluhan juta. Bahkan beberapa di antaranya dibanderol dengan harga Rp 300 jutaan.

Sebagai seorang desainer, Zaskia juga tidak mengesampingkan urusan alas kaki. Sama dengan tas, sepatu yang dikenakan oleh perempuan yang berulang tahun setiap bulan Desember itu juga keluaran produk ternama seperti Hermes, Dior, dan Louis Vuitton.

Baca Juga: Kiat Sukses dari Han Yoo Ra, YouTuber dari Korea Selatan yang Cinta Indonesia

Ketekunan dan Keuletan Buka Jalan Menuju Kesuksesan

Melebarnya usaha bisnis seorang Zaskia Sungkar tidak datang dengan begitu saja. Ada usaha yang disertai dengan keuletan dan ketekunan yang menjadi dorongan untuk kesuksesan bisnis Irwansyah ini. Keputusannya untuk berhijrah dan menikah muda pun tidak menjadi halangan baginya tetap berkarir.