Daihatsu Grand Max Minibus memang menjadi jawaban bagi masyarakat yang menginginkan kendaraan dengan daya tampung yang maksimal. Desain sederhana minibus keluaran Daihatsu ini ternyata mampu menembus pasar luar negeri. Grand Max merupakan produk MPV yang menggunakan mesin SUV dan menjadi andalan produk Daihatsu setelah Xenia. Selain mengandalkan daya tampung yang maksimal namun secara dimensi tetap ramping, Daihatsu Grand Max terbilang sangat ekonomis, dibanderol mulai dari Rp 100 Juta an tentunya tetap menjadi primadona keluarga. Mulai dirilis pada tahun 2007 , Grand Max hadir dengan harapan dapat mengatasi permasalahan yang ada di masyarakat yang menginginkan performa mobil yang handal namun terjangkau. Kecendrungan masyarakat yang enggan memilih mobil karena harganya yang terlalu tinggi. Dirilis lagi di Tokyo – Japan, akhir tahun 2011, Daihatsu Grandmax menjadi alternatif terbaik minibus dengan harga murah. Namun meskipun murah, Daihatsu Grand Max tetap menjamin kehandalan mesinnya.

Kekuatan mesin SUV dengan suspensi yang empuk dan performa bertenaga tetap dipentingkan dari desain minibus ini, karena mengingat tujuan utama nya yaitu mengakomodasi dan mampu menampung beban atau penumpang dengan beban maksimal sesuai dengan kapasitas mesinnya yang mencapai 88 ps/6000 rpm. Ditambah lagi dengan keunggulan konsumsi bahan bakarnya yang irit menjadikan Daihatsu Grand Max tetap bertahan di segmen pasarnya. Ingin tahu ulasan lengkap mengenai mobil minibus handal ini?, simak ulasan spesifikasi, desain interior dan eksterior, mesin, performa dan harganya dibawah ini.

Desain Daihatsu Gran Max MB

Desain Daihatsu Gran Max MB   Desain Daihatsu Gran Max MB

Desain Eksterior Daihatsu Grand Max sekilas hampir mirip dengan mobil satu pabrikannya yaitu Daihatsu Luxio. Mengusung mobil berkonsep minibus, Grand Max mampu menampung muatan 9 hingga 11 penumpang, sehingga cocok sebagai alternatif mobil untuk anggota keluarga yang banyak. Meski menampung banyak muatan, Daihatsu Gran Max Minibus ini memiliki ukuran yang tidak terlalu besar bahkan bisa dibilang mini untuk sebuah mobil . Dari sektor wajah Daihatsu Grand Max Minibus memiliki lampu utama yang besar dan dipadukan dengan grill yang berukuran kecil, dan front bumper berukuran sedang dan ditambah aksen garis chrome yang membuat mobil ini tidak kehilangan sisi elegannya.

Desain Daihatsu Gran Max MB   Desain Daihatsu Gran Max MB

Beralih ke bagian samping, pintu gran max minibus menggunakan sliding door pada dua sisinya sehingga memudahkan keluar masuk barang. Dari sektor kaki – kaki Minibus Grand Max dibekali ban yang berukuran besar membuat mobil ini akan semakin terasa nyaman serta keunggulan eksterior grand max minibus yang lain adalah memiliki intake air diatas hingga mobil ini mampu menembus genangan air setinggi setengah meter atau 50 cm (sangat tinggi), dengan jarak terendah diatas tanah sekitar 165 mm. Pada bagian belakan minibus Grand Max terlihat cukup sederhana dengan belakang dan bumper yang menyatu dengan bodi mobil ini. Serta Fitur Monocoque Body dan  sistem aerodinamis akan menambah laju mobil dan akan memberikan perlindungan yang cukup baik dalam terjadinya kecelakaan sehingga penumpang dan pengemudi akan terjamin keamanan dan keselamatannya. Secara Lengkap Desain Eksterior Daihatsu Grand Max akan disajikan pada tabel dibawah ini  

Desain Eksterior

Panjang x Lebar x Tinggi keseluruhan (mm)

4405 x 1665 x 1900

Jarak sumbu roda (mm)

2650

Jarak pijak roda depan/belakang (mm)

1460/1440

Tinggi dari tanah (mm)

165

Berat kosong kendaraan (kg)

1840

Ukuran Ban Depan

165 R13 - C Velg standard

Ukuran Ban Belakang

165 R13 - C Velg standard

Lampu Kabut

-

Lampu HID

-

Spion dengan lampu belok

No

Spion Otomatis

No

Spion dapat di lipat

Yes

Interior Daihatsu Gran Max MB

Beralih ke sektor kabin, desain kabin Grand Max tebilang cukup mewah, Pada bagian dashboardnya, Daihatsu Gran Max Minibus memiliki desain yang modern dan ergonomis sehingga memudahkan pengemudi dan penumpang untuk mengatur kebutuhan yang diinginkan saat dalam perjalanan menggunakan mini bus ini, ditambah ruangan yang luas sesuai dengan konsepnya yaitu Mini Bus.

Interior Daihatsu Gran Max MB  

Dengan desain jok yang dilengkapi fitur Sliding Seat akan semakin memberikan kenyamanan dan keleluasaan maksimal pada saat mengemudi. Daihatsu Gran Max Minibus juga memiliki 3 Poit ELR Seat Belt yang memberikan keamanan dan kenyamanan untuk pengemudi dan beberapa penumpang pada bagian baris depan. Di depan kursi baris pertama terdapat sistem Air Conditioner dengan distribusi kesejukan yang merata.

Interior Daihatsu Gran Max MB  

Daihatsu Grand Max juga dibekali dengan tangki penampungan bahan bakar yang cukup besar serta Molded Head lining yang membuat atap lebih rapi dan lebih tahan lama. Berikut detail desain interior akan disajikan pada tabel dibawah ini

Desain Interior

AC Dual Zone Control Autoclimate

-

Belakang Ventilasi AC

-

Paddle Shift

No

Sensor Hujan + Auto Wiper

-

Kerai

No

Audio

-

Cruise Control

-

Kemudi Audio Kontrol

No

Panel Kayu

No

Leather Seat

-

Atur Kemudi Otomatis

No

Sunroof

No

Warna Daihatsu Gran Max MB

Warna Daihatsu Gran Max MB

Daihatsu Grand Max Minibus tersedia dalam 4 pilihan warna, adapaun varian warnanya adalah sebagai berikut

  • Grey
  • Black 
  • Blue
  • White

Fitur Daihatsu Gran Max MB

Meski tergolong murah, mobil Daihatsu Grand Max minibus tidak menyepelekan soal keamanan pengendarannya. Hal ini terbukti hadirnya fitur – fitur keamanan seperti sistem pengereman dengan jenis Cakram (Disc) berpentilasi dengan booster untuk bagian depannya dan rem cakram yan berjenis Drumsleading & trailing untuk sektor belakangnya yang mengoptimalkan sistem pengereman, meski dalam keadaan mendadak. Selain itu mobil ini dilengkapi juga dengan rem parking yang berjenis Mekanik pada roda belakang yang akan memudahkan kita untuk pengereman saat mobil diparkir. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Daihatsu Grand Max Minibus disesain dengan fitur Monocoque Body yang mampu menjamin keselamatan pengendara dan penumpangnya.

Tak hanya sampai disana Daihatsu Gran Max Minibus ini dilengkapi fitur Fuel Lid Opener akan memberikan kemudahan dan kepraktisan membuka tutup bensin dari dalam mobil yang menyebabkan Anda tidak harus keluar mobil saat mengisi bahan bakar. Power stering yang di desain untuk merespon sentuhan tangan dengan baik ditambah posisi transmisi yang diletakan didekat setir kemudi dan sejajajr membuat pengemudi lebih nyaman dalam melakukan operan gigi.

Spesifikasi Daihatsu Gran Max MB

Soal performa mesin, Daihatsu Grand Max memberikan 2 pilihan mesin yang berbeda yaitu mesin 3SZ-VE yang berkapasitas 1.5 liter dengan 4 silinder segaris, 16 katup DOHC dengan VVT-i dapat memberikan tenaga maksimal kepada Daihatsu Gran Max Minibus yaitu 97 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dan 13.7 Kgm pada putaran mesin 4.400 RPM. Pada mesin jenis kedua yaitu mesin K3-DE yang berkapasitas 1.3 liter dengan 4 silinder segaris, 16 katup DOHC dapat menghasilkan tenaga maksimal mencapai  88 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 11.7 Kgm pada putaran mesin  4.400 RPM. Dengan spesifikasi tangguh tersebut, Anda tak perlu khawatir untuk melaju dengan kecepatan yang relatif tinggi.

Teknologi EFI (Electronic Fuel Injection) juga ikut dihadirkan untuk mengoptimalkan suplai bahan bakarnya, sehingga penggunaan Daihatsu Grand Max lebih terasa irit dan nyaman dikantong, serta aman untuk lingkungan. Tak sampai disana, Daihatsu Grand max juga dibekali dengan suspensi yang nyaman dengan sistem mac pherson strust  dengan per keong yang dilengkapi 5 link dan rigid axle sehingga memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara dan penumpangnya. Untuk Mesin dan performa akan selengkapnya diulas pada tabel dibawah ini

Spesifikasi Mesin

Tipe Mesin

K3 - DE, DOHC berpendingin air

Isi Silinder

1298 cc 4 Silinder segaris

Daya Maximum

88/6000 PS/rpm

Torsi Maksimum

11,7/4400 Kg.m/rpm

Kapasitas Tangki

43 L

Tipe

Manual, 5 Kecepatan, 1 Mundur

Sistem Kemudi

Rack & Pinion

Suspensi Depan

Mac Pherson Struts dengan per keong

Suspensi Belakang

5 link, rigid-axle dengan per keong

Rem Depan

Tipe disc (cakram berventilasi) dengan booster

Rem Belakang

Tipe drums, leading & trailing

Bedasarkan ulasan lengkap diatas Daihatsu Gran Max Minibus ini layak menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki anggota keluarga yang cukup banyak ataupun dengan kebutuhan yang menuntut daya tampung yang besar. Dibekali mesin 3SZ-VE yang berkapasitas 1.5 liter dengan 4 silinder segaris, 16 katup DOHC dengan VVT-i  dan tenaga97 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dan 13.7 Kgm pada putaran mesin 4.400 RPM. Serta mesin K3-DE yang berkapasitas 1.3 liter dengan 4 silinder segaris, 16 katup DOHC dapat menghasilkan tenaga maksimal mencapai  88 Ps pada putaran mesin 6.000 RPM dengan torsi maksimal mencapai 11.7 Kgm pada putaran mesin  4.400 RPM, serta tekhnologi EFI (Electronic Fuel Injection) juga ikut dihadirkan untuk mengoptimalkan suplai bahan bakarnya, sehingga penggunaan Daihatsu Grand Max lebih terasa irit dan nyaman dikantong, serta aman untuk lingkungan. Tak sampai disana, Daihatsu Grand max juga dibekali dengan suspensi yang nyaman dengan sistem mac pherson strust  dengan per keong yang dilengkapi 5 link dan rigid axle sehingga memberikan kenyamanan maksimal bagi pengendara dan penumpangnya. membuat mobil ini handal ditunggangi dengan kecepatan tinggi walaupun bermuatan banyak.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit daihatsu gran max : 

Syarat Kredit Daihatsu Gran Max

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil gran max, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.