Jika mendengar nama Nissan, mungkin kita langsung mengingat mobil MPV milik meraka yaitu Nissan Grand Livina. Rupanya Nissan tak hanya memiliki Grand Livina pada segmen mobil MPV. Nissan melalui PT Nissan Motor Indonesia telah meluncurkan mobil low MPV milik mereka yaitu Nissan Evalia. Mobil ini meluncur pertama kali pada tahun 2012 silam dan menjajal pangsa pasar mobil berdimensi besar. Nissan Evalia hadir sebagai salah satu kompetitor dari Daihatsu Luxio dan Gran Max. Sejalan dengan mobil MPV high class milik nya, Nissan Evalia pun meraih kejayaan dengan tingkat penjualan yang mencapai 2.217 unit sampai 3 tahun selama 1 tahun penuh. Tak heran bila Nissa Evalia mampu mencapai angka penjualan yang tinggi, mobil low MPV ini memberikan segudang fitur dengan desain yang apik serta kemampuan jantung pacu yang mumpuni. Mungkin kita sediki bertanya – tanya mengenai kemampuan mobil low MPV milik Nissan ini. Untuk mengenal lebih dalam akan mobil low MPV milik Nissan ini, mari simak ulasan berikut.

Desain Nissan Evalia

Desain Nissan Evalia   Desain Nissan Evalia

Dilihat dari sisi eksterior, Nissan Evalia memiliki aura seperti Nissan Grand Livina yang terkesan sangat eksklusif. Hal ini dapat kita lihat pada bagian headlampnya  yang di rancang dengan bentuk heksagonal nan dinamis dan selaras dengan alur body. Selain itu, front grille mobil low MPV milik Nissan ini pun terlihat elegan dengan konsep “V Shape” mengarah kebawah. Pada bagian body samping, Nissan Evalia tampil sangat stylis berkat garis – garis body yang halus miliknya dengan di padukan bersama flat window. Selain itu, Nissan Evalia terlihat sangat elegan berkat desain pintu sliding yang di milikinya pada pintu penumpang. Yang terakhir pada bagian body belakang. Pada bagian ini Nissan mendesain body belakang dengan tema Boxy.

Desain Nissan Evalia   Desain Nissan Evalia

Secara keseluruhan, tampilan eksterior mobil low MPV milik Nissan ini sangat menawan. Disamping itu, para pengguna pun akan di mudahkan dengan adanya aksesoris yang di jual terpisah seperti aerokit set, foglamp, door visor, lower grill chrome ornament, door edge protector, roof spoiler, mud guard, hingga back door finisher.

Desain Nissan Evalia   Desain Nissan Evalia

Interior Nissan Evalia

Interior Nissan Evalia

Tak berbeda jauh dengan desain eksterior, ruang kabin milik Nissan Evalia pun terkesan mewah ala mobil MPV high class. Hal ini dapat dirasakan berkat adanya fitur – fitur canggih pada ruang kabin. Pada bagian dashboard kita akan menemukan berbagai panel – panel yang tersusun rapi dan enak di pandang seperti Indikator Speedometer, Tuas Perseneling, Monitor LCD, Tombol Audio hingga Tombol AC.

Interior Nissan Evalia   Interior Nissan Evalia

Selain itu, ruang kabin Nissan Evalia mampu menghadirkan rasa nyaman ala mobil MPV premium berkat material jok yang menggunakan bahan leather & fabric. Yang terakhir, pada jok baris ke dua telah di lengkapi dengan arm rest yang memungkinkan pengguna melipat kursi baris ke dua untuk mengakses jok baris ke tiga. Secara keseluruhan ruang kabin Nissan Evalia mampu menghadirkan rasa nyaman tingkat tinggi.

Desain Nissan Evalia   Desain Nissan Evalia

Warna Nissan Evalia

Warna Nissan Evalia

Sebagai pabrikan kelas dunia, Nissan menghadirkan 6 pilihan warna pada setiap tipe mobil low MPV miliknya ini. Pilihan warna tersebut adalah :

  • Black
  • Blue Green Metallic
  • Grey
  • Red
  • Silver
  • White

Fitur Nissan Evalia

Fitur Nissan Evalia   Fitur Nissan Evalia

Nissan Evalia merupakan mobil keluarga yang kaya akan fitur – fitur canggih. Mobil low MPV milik Nissan ini memiliki fitur keselamatan dan keamanan berupa rangka Monocoque, Airbags (with driver), Seatbelt 3 Point ELR with Pretensioner & Load Limiter, Keuless Entry with Alarm, I-Key System, Parking Sensor, ABS, EBD dan BA. Sedangkan untuk meningkatkan rasa nyaman para pengguna, Nissan telah menyematkan berbagai fitur kenyamanan berupa 1 DIN Audio Roof Monitor 10 inchi with 4 speakers.

Fitur Nissan Evalia   Fitur Nissan Evalia

Tipe / Jenis Nissan Evalia

Dengan menjajal pangsa pasar mobil Low MPV, Nissan menawarkan 5 tipe mobil Evalia ini yaitu tipe 1.5 St M/T, 1.5 SV M/T, 1.5 SV A/T, 1.5 XV M/T, dan 1.5 XV A/T. Seperti tipe – tipe mobil yang beredar pada umumnya, setiap tipe Nissan Evalia tidak serta merta memiliki fitur dan kelengkapan yang sama persis. Tipe 1.5 St M/T merupakan tipe terendah dari mobil low MPV milik Nissan ini. Sedangkan tipe podium utama pada tipe – tipe Nissan Evalia ini di duduki oleh tipe 1.5 XV A/T. Perbedaan pertama dapat kita lihat pada jantung pacu. Secara umum, mesin yang di gunakan pada setiap tipe Nissan Evalia sama saja yaitu mesin bertipe HR15DE 1.5L yang memiliki 16 katup pada 4 cylinder segaris. Mesin ini telah mendukung teknologi DOHC Dual CVTC. Namun pembeda utama pada sektor jantung pacu dari setiap tipe Nissan Evalia hanya terdapat pada tipe transmisi yang mana tipe 1.5 St hanya tersedia dalam 1 pilihan transmisi yaitu manual sedangkan tipe 1.5 SV dan 1.5 XV tersedia dalam 2 pilihan transmisi yaitu manual dan otomatis.

Sekarang kita lirik perbedaan pada bagian dimensi kendaraan ini. Setiap tipe yang menggunakan transmisi manual memiliki bobot yang sama yaitu seberat 1.350 kg. Sedangkan tipe yang menggunakan transmisi manual memiliki bobot 25 kg lebih berat yaitu seberat 1.375 kg. Untuk bagian kaki – kakinya, Nissan turut menyertakan pembeda dari setiap tipe mobil low MPV miliknya ini. Pada tipe 1.5 St M/T menggunakan Wheel Steel Full Cover berukuran 14 inchi dengan 5JJ. Sedangkan ke empat tipe lainnya menggunakan Velg Alloy berukuran 14 inchi dengan 5JJ.

Perbedaan selanjutnya dapat kita rasakan pada tampilan eksterior yang mana terdapat 4 perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan pertama terlihat pada bagian grille yang mana tipe 1.5 St M/T memiliki grille berwarna hitam dengan perpaduan warna Silver pada bagian Finishernya. Sedangkan ke empat tipe lainnya membalut grille mereka dengan warna abu – abu yang dipadukan dengan warna Chrome pada bagian finishernya. Selanjutnya juga terlihat perbedaan pada lampu kabut yang mana tipe 1.5 St M/T, 1.5 SV M/T, dan 1.5 SV A/T tidak memiliki foglamp sedangkan tipe 1.5 XV M/T dan 1.5 XV M/T telah menggunakan foglamp. Beralih kebagian body samping, Nissan turut memberikan perbedaan pada bagian kaca pintu yang mana tipe 1.5 St M/T memiliki Door Mirror dengan tipe Electric Adjustable yang di balut dengan warna black. Sedangkan ke empat tipe lainnya menggunakan Door Mirro Electric Adjustable dengan warna yang mengikuti warna body mobil. Perbedaan ke empat pada bagian eksterior juga terasa pada bagian Back Door Finisher yang mana tipe 1.5 St M/T sebagai tipe terendah dari Nissan Evalia tidak memiliki aksesoris ini sedangkan ke empat tipe lainnya telah disematkan aksesoris tersebut.

Sekarang kita menyusup kebagian ruang kabin. Di sini kembali kita rasakan perbedaan yang cukup kental antara tipe – tipe Nissan Evalia. Perbedaan pertama pada ruang kabin terlihat pada fitur Combi Motor yang mana tipe 1.5 St M/T, 1.5 SV M/T, dan 1.5 SV A/T menggunakan sistem Analog Speedometer & MID yang terdiri dari Techometer, Fuel Economy, Tripmeter, shif Indocator dan Clock, sedangkan tipe 1.5 XV M/T dan 1.5 XV A/T menggunakan Combi Meter Analog Speedometer & Color MID yang lebih lengkap, terdiri dari Rear View Camera, Techometer, Fuel Economy, Tripmeter, Shif Indikator dan Clock.

Pada bagian dashboard pun dapat kita lihat perbedaan yang sangat mencolok. Di sisi fitur entertaiment, Nissan Evalia 1.5 St M/T masih menggunakan audio unit 1 DIN with AM/FM, USB, AUX dan di bantu oleh 2 Speakers. Sedangkan tipe 1.5 SV M/T dan 1.5 SV A/T menggunakan audio unit yang sama dengan tipe 1.5 St M/T namun menggunakan speakers yang lebih banyak yaitu 4 buah. Dan terakhir tipe 1.5 XV M/T dan 1.5 XV A/T menggunakan audio unit yang sama pula dengan tipe 1.5 SV M/T namun memiliki fitur yang lebih lengkap yaitu berkat adanya Roof Monitor 10 inchi. Beranjak kebagian kabin penumpang, Nissan telah menyematkan fitur Center Console Box pada 2 tipe tertinggi yaitu 1.5 XV M/T dan 1.5 XV A/T yang mana fitur ini tidak terdapat pada tipe di bawahnya. Disamping itu, tipe 1.5 St M/T belum memiliki fitur Folding Tray Table (Picnic Table) dan Sliding Side Window (2nd Row) sedangkan ke empat tipe lainnya telah memiliki fitur ini. Perbedaan yang terakhir pada bagian ruang kabin terlihat pada Seat Material yang di gunakan. Untuk tipe 1.5 St M/T, 1.5 SV M/T, dan 1.5 SV A/T menggunakan Seat Material berbahan Fabric, sedangkan 2 tipe teratas yaitu 1.5 XV M/T dan 1.5 XV A/T menggunakan Seat Material berbahan Leather.

Nissan tak pernah main – main dalam menghadirkan mobil – mobil miliknya. Hal ini dapat kita lihat pada perbedaan – perbedaan pada setiap tipe. Hal ini lebih bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang berbeda – beda. Tak hanya memiliki perbedaan pada bagian jantung pacu, dimensi, desain eksterior dan interior, tipe – tipe Nissan Evalia juga memiliki perbedaan pada fitur keamanan dan kenyamanan. Hal ini dapat kita lihat pada beberapa fitur yang hanya di sematkan untuk 2 tipe tertinggi (1.5 XV M/T & 1.5 XV A/T) yaitu berupa fitur I-Key System, Parking Sensor, dan Airbag (driver only). Selain itu, perbedaan kembali terasa pada fitur Seat Belt Point yang mana tipe 1.5 St M/T, 1.5 SV M/T, dan 1.5 SV A/T memiliki Seat Belt 3 point ELR (x2), sedangkan 2 tipe teratas memiliki 3 Point ELR (x2) with Protensioner and Load Limiter. Untuk tipe 1.5 St M/T belum di sertakan fitur ABS, EBD, dan BA. Sedangkan ke empat tipe lainnya telah mendukung teknologi tersebut.

Berdasarkan ulasan tersebut di atas dapat kita lihat perbedaan tipe – tipe Nissan Evalia cukup banyak. Terutama tipe 1.5 St M/T yang hanya memiliki sedikit fitur – fitur canggih. Mungkin sedikit sulit melihat perbedaan mobil ini pada ulasan tersebut. Untuk lebih jelasnya, kami telah menyediakan tabel perbedaan tipe – tipe Nissan Evalia di bawah ini :

Perbedaan Tipe – tipe Nissan Evalia

Pembeda

Tipe

St M/T

SV M/T

SV A/T

XV M/T

XV A/T

Bobot (kg)

1.350

1.375

1.350

1375

Wheel

Steel Full Cover 14”

Alloy 14”

Grille

Black Radiator Grille with Silver Finisher

Grey Radiator Grille with Chrome Finisher

Foglamp

-

Ya

Door Mirror Type

Black, Electric Adjustable

Body Color, Electric Adjustable

Back Door Finisher

-

Ya

Combi Meter

Analog Speedometer & MID (Techometer, Fuel Economy, Tripmeter, Shift Indicator, Clock)

Analog Speedometer & MID (Rear View Camera Techometer, Fuel Economy, Tripmeter, Shift Indicator, Clock)

Audio Unit

1 DIN with AM/FM, USB, AUX, 2 Speakers

1 DIN with AM/FM, USB, AUX, 4 Speakers

1 DIN with AM/FM, USB, AUX, Roof Monitor 10”, 4 Speakers

Center Console Box

-

Ya

Sliding Side Window (2nd Row)

-

Ya

Seat Material

Fabric

Leather

Seat Belt Front

3 Point ELR (x2)

3 Point ELR (x2) with Protensioner and Load Limiter

AirBags

-

Ya

I-Key

-

Ya

Parking Sensor

-

Ya

ABS+EBD+BA

-

Ya

 

Spesifikasi Nissan Evalia

Pada point Tipe/Jenis Nissan Evalia tersebut di atas telah kita bahas mengenai perbedaan dari setiap tipe – tipe Nissan Evalia. Namun, pada point ini kita akan menelusuk lebih dalam mengenai spesifikasi Nissan Evalia. Untuk lebih jelasnya, mari simak tabel spesifikasi Nissan Evalia di bawah ini :

Spesifikasi Nissan Evalia

Mesin

 

  • Kode : New HR15DE
  • Tipe : 4 Cylinder Inline, 16 valve,Dual CVTC
  • Isi silinder : 1.498cc
  • Bore x Stroke : 78.0 x 78.4 mm
  • Daya Maksimum : 109 PS / 5600 rpm
  • Torsi Maksimum : 14.6 kgm / 4000 rpm
  • Kapasitas Tangki : 55 L

 

Dimensi

  • Jenis Rangka : Monocoque
  • P X L X T : 4000 x 1695 x 1850 mm
  • Jarak Poros Roda : 2725 mm
  • Berat : 1350 kg
  • Jarak Terendah : 175 mm
  • Radius Putar Minimum : 5.2 m

Suspensi / Kaki-Kaki

  • Sistem Kemudi : Rack & pinion with electric power steering
  • Suspensi Depan : MacPherson strut with stabilizer
  • Suspensi Belakang : Smart Comfort Suspension System
  • Rem Depan : Disc Brake
  • Rem Belakang : Drum Brake
  • Ukuran Ban : 165/ R14
  • Velg : Stell Full Cover 14″x5"

Eksterior

  • Black Radiator Grile With Silver Finisher
  • Front And Rear Bumper Body Color
  • Mud Guard
  • Rear Wiper
  • High-Mounted Stop Lamp
  • Door Outside Handle Body Color
  • Door Mirror Type Body Color
  • Electric Adjustable

Interior

  • Combi Meter Analog Speedometer and Mid
  • Power Door lock
  • Front Power Window
  • Rear Cooler
  • Cup Holder 2 in Front
  • 1st Row Seat Slide And Full Reclining

Fitur Keselamatan

  • Seat belt front row 3 point Elr
  • Seat belt 2nd front row 3 point
  • Seat belt 3rd front row 3 point
  • Keyless Entry With Alarm

 

Teknologi Mesin Nissan Evalia

Untuk mendongkrak laju kendaraan, Nissan menggunakan mesin dengan kode HR15DE yang memiliki kapasitas 1.498 cc dengan 16 katup pada 4 silinder yang berteknologi DOHC Dual CVTC. Mesin ini di klaim mampu menghasilkan tenaga maksimum mencapai 109 PS / 5.600 rpm dengan torsi maksimal mencapai 143 Nm / 4.000 rpm. Selain itu, Nissan mendesain mesin milik Evalia ini dengan konsep Front-mounted Engine sehingga mampu menghasilkan performa yang powerfull serta memudahkan para pengguna dalam melakukan perewatan mesin mobil low MPV ini. Yang terakhir, jantung pacu milik Nissan Evalia telah di lengkapi dengan teknologi Electronic Power Steering sehingga semakin memudahkan pengemudi dalam mengendalikan mobil low MPV ini.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit nissan evalia : 

Syarat Kredit Nissan Evalia

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil evalia, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.