Tak hanya menjajal mobil varian hatchback, MPV, dan sedan, Nissan juga turut meramaikan pangsa pasar mobil SUV Indonesia. Melalui PT. Nissan Motor Indonesia (NMI), Nissan berhasil meluncurkan mobil SUV mereka pada ajang pameran Indonesia International Motor Show di Kemayoran, Jakarta. Mobil SUV milik Nissan ini di beri nama Nissan X Trail dan lebih di khususkan untuk menjajal jajaran mobil SUV medium dibawah Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner. Mobil SUV medium milik Nissan ini pertama kali hadir di Indonesia pada akhir tahun 2014. Waktu demi waktu, Nissan terus mengembangkan teknologi serta fitur yang di miliki oleh Nissan X Trail hingga kini telah hadir generasi terbarunya. Seperti apakah generasi terbaru dari Nissan X Trail ini ? Untuk mengenal lebih dalam mengenai mobil SUV medium milik Nissan ini, mari simak ulasan berikut.

Desain Nissan X Trail

Desain Nissan X Trail   Desain Nissan X Trail

Nissan telah berkali – kali memperbarui spesifikasi mobil SUV medium ini hingga akhirnya telah mencapai generasi ke tiganya. Pada generasi ini terdapat berbagai macam perubahan yang lebih spesifik. Generasi ke tiga Nissan X Trail tampil lebih gagah dan tampak lebih kokoh dari generasi terdahulunya.

Desain Nissan X Trail   Desain Nissan X Trail

Hal ini dapat kita lihat pada bagian Front Grille yang mana di desain menyatu dengan Headlamp yang telah mendukung teknologi LED Headlight dengan bentuk sudut melengkung tajam. Selain itu, pada bagian body samping akan kita temukan Roof Rail, Side Skirt, seta velg berukuran 18 inci yang menghiasi tampilan mobil SUV medium ini. untuk bagian body belakang, Nissan mempertajam tampilan mobil SUV medium miliknya ini dengan Tail Light berukuran jumbo sehingga semakin membuat mobil ini tampil sangat gagah.

Desain Nissan X Trail   Desain Nissan X Trail

Interior Nissan X Trail

Interior Nissan X Trail

Mungkin perubahan pada bagian eksterior tak sebanyak perubahan pada desain interior. Jika di lihat dari ukurannya, ruang kabin Nissan X Trail tampil sangat lega yang mana ukuran Head Room mobil ini mencapai 140 mm pada bagian pengemudi dan 120 mm pada bagian penumpang. Sementara itu, pada ukuran Leg Room nya pun cukup lebar yaitu mencapai 200 mm dengan total panjang ruang kabin mencapai 2.750 mm. Dengan ukuran yang sangat lebar ini dapat dipastikan seluruh penumpang akan merasakan kenyamanan tingkat tinggi ketika berada pada ruang kabin mobil SUV medium ini.

Interior Nissan X Trail

Tak hanya itu saja, rasa nyaman pada ruang kabin semakin terasar berkat fitur – fitur seperti Spinal Support Technology, 4 buah AC, Audio Unit with touchscreen 7 inci yang telah terintegrasi dengan bluetooth, AUX, dan USB serta material pembangun jok yang berkualitas tinggi dengan bahan kulit.

Warna Nissan X Trail

Warna Nissan X Trail

Sebagai mobil SUV yang menjajal kelas menengah, Nissan X Trail tampil gagah serta sporty dengan pilihan warna yang sangat menawan ala mobil sport elegan. Pilihan warna tersebut berupa :

  • Diamond Silver Metallic
  • Floral White
  • Phantom Black
  • Premium Bronze Metallic
  • Smokey Grey Metallic

Fitur Nissan X Trail

Fitur Nissan X Trail  

Fitur – fitur yang di miliki Nissan X Trail pun cukup lengkap yang mana telah tersedia fitur keamanan dan kenyamanan tinggkat tinggi dari Dual SRS AirBag, 4 titik sensor parkir, Seat Belt, ABS, EBD, BA, hingga I-Key. Keberadaan fitur – fitur ini akan membuat pengemudi maupun penumpang merasa aman.

Fitur Nissan X Trail   Fitur Nissan X Trail

Tipe / Jenis Nissan X Trail

Seperti yang telah di singgung pada bagian pendahuluan tersebut di atas, PT. Nissan Motor Indonesia (NMI) sebagai pemegang licency dari mobil pabrikan Nissan pertama kali meluncurkan mobil SUV kelas menengah ini pada bulan September 2014. Seiring berjalannya waktu, Nissan selalu memberikan update terbaru pada mobil SUV medium miliknya ini. Untuk generasi terbaru nya, Nissan X Trail hadir dengan 3 pilihan tipe yaitu tipe 2.0 M/T, 2.0 CVT, dan 2.5 CVT. Untuk kita ketahui bersama, Nissan X Trail termasuk sebagai mobil yang telah mendunia. Di berbagai penghujung dunia kita dapat menemukan mobil SUV medium ini. Selain itu, di berbagai negara pun Nissan menghadirkan mobil SUV medium ini dengan berbagai kelengkapan serta fitur yang berbeda – beda. Khusus di Indonesia, setiap tipe Nissan X Trail pun memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan nya masing – masing. Namun, secara keseluruhan Nissan X Trail 2.0 M/T menduduki peringkat terbawah dari tipe – tipe Nissan X Trail. Sedangkan tipe 2.5 CVT menduduki peringkat teratas.

Perbedaan yang paling mencolok dari ke tiga tipe Nissan X Trail ini dapat terasa dari mesin yang di gunakan. Untuk tipe 2.0 M/T, Nissan menyematkan mesin 2.0L Petrol dengan transmisi manual 6 percepatan yang mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 144 PS. Sedangkan tipe 2.0 CVT menggunakan mesin yang memiliki oleh tipe 2.0 M/T namun menggunakan transmisi Xtronic CVT with Manual Mode. Dan tipe yang tertinggi dari Nissan X Trail yaitu 2.5 CVT tampil lebih unggul dengan mesin 2.5 Petrol dengan transmisi Xtronic CVT with Manual Mode yang mampu menghasilkan tenaga yang besar mencapai 171 PS.

Tak hanya memiliki perbedaan pada sektor jantung pacu, tipe – tipe Nissan X Trail juga tampil berbeda pada bagian fitur – fitur nya yang mana tipe 2.0 M/T memiliki fitur kelengkapan dan keselamatan yang cukup lengkap seperti ABS + EBD, Dual AirBags, Zone body construction, Pretensioner front seat belts, Immobilizer + Alarm, Active Ride Control, Hill Start Assist, Active Trace Control, Active Engine Braking, Rear Parking Sensor (4 point), dan Rear Parking Camera. Sedangkan tipe 2.0 CVT memiliki fitur keselamatan dan keamanan yang sama dengan tipe 2.0 M/T namun telah di tambahkan 1 fitur terbaru yaitu I-Key dengan Push Start Button. Yang terakhir tipe Nissan X Trail 2.5 CVT. Tipe ini memiliki fitur keamanan dan keselamatan yang paling lengkap di bandingkan ke dua tipe lainnya. Nissan X Trail 2.5 CVT memiliki semua fitur keamanan dan keselamatan milik tipe 2.0 CVT dan telah di sempurnakan dengan tambahan fitur terbaru yaitu fitur keamanan yang mampu memantau area blind sport dengan membuka pintu bagian bagasi secara otomatis. Fitur ini sangat unik sekali, yang mana Nissan telah menyematkan tombol khusus pada bagian dashboard. Dan tak hanya itu, pengemudi semakin dimudahkan untuk mengakses fitur ini. Cukup hanya menggerakan kaki kebagian kolong mobil pada body belakang maka secara otomatis pintu bagasi akan terbuka.

Sekarang kita lirik bagian desain eksterior mobil SUV medium milik Nissan ini. pada bagian ini akan kita temukan perbedaan yang cukup signifikan sehingga tak heran bila harga setiap tipe mobil ini berbeda – beda. Untuk tipe 2.0 M/T memiliki desain eksterior yang sangat elegan dengan adanya LED Daytime Running Lights, Auto on/off Headlamps, Manual Levelizer Headlamps, Follow Me Home & Welcome Light, Foglamp with Chrome Ring, Intermittent Wipers, Roof Rail, Roof Spoiler, LED High Mounted Stop Lamp, dan 17 inch Alloy Wheels. Sedangkan desain eksterior tipe 2.0 CVT tampil lebih sporty dengan adanya tambahan Headlamp yang telah menggunakan LED, Projector Headlamp, dan Rain Sensing Wiper. Tipe menengah ini memiliki semua spesifikasi desain eksterior milik tipe terbawah dari Nissan X Trail. Yang terakhir tipe 2.5 CVT. Untuk tipe ini kita akan menemukan perbedaan pada bagian body samping yang mana Nissan telah menyematkan Side Body Moulding untuk mempertajam kesan macho dan gagah serta di sempurnakan dengan velg yang lebih lebar yaitu berukuran 18 inchi Alloy Wheels.

Perbedaan terkahir antara tipe – tipe Nissan X Trail akan terlihat pada bagian ruang kabin. Di sini, tipe 2.0 M/T memiliki ruang kabin yang telah di desain dengan bahan material yang bagus serta di hiasi dengan fitur – fitur canggih seperti, Electric adjustable door mirrors, Electric folding door mirrors, LED turn signal in door mirror, Advanced Driver Assist Display MID, Leather steering wheel, Tilt & telescopic steering wheel, Steering Audio Switches, Leather gear shifter knob, Center console cupholder cooler, Rear arm rest with cup holder, dan Rear AC ventilation. Sementara itu, tipe 2.0 CVT memiliki ruang kabih yang telah di sematkan fitur – fitur serta kelengkapan sama seperti tipe 2.0 M/T. Akan tetapi, perbedaan antara tipe 2.0 M/T dan tipe 2.0 CVT terlihat jelas bahwa tipe 2.0 CVT memiliki tambahan fitur dan kelengkapan ruang kabin seperti Power tailgate with no touch sensor, 6 way power adjustable seat (Driver), 4 way power adjustable seat (Assistant), Seat Lumbar Support (Driver), Tweeters, ECO mode, dan  Heated door mirrors. Untuk tipe yang tertinggi memiliki fitur dan kelengkapan yang lebih baik di sektor interior yang mana Nissan telah menyematkan semua fitur dan kelengkapan ruang kabin milik tipe 2.0 CVT dan di tambahkan dengan Leather seats, Dual zone auto A/C, dan Cruise Control. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan tipe – tipe Nissan X Trail, mari simak tabel perbedaan di bawah ini :

Perbedaan Tipe – tipe Nissan X Trail

Pembeda

Tipe

2.0 M/T

2.0 CVT

2.5 CVT

Mesin

MR20DD 1997cc

QR25DE 2.488 cc

Power Maksimal

144 PS/6,000 rpm

171 PS/6,000 rpm

Torsi Maksimal

20.4 Kg-m/4,400 rpm

23.8 Kg-m/4,000 rpm

Transmisi

Manual 6 percepatan

Xtronic CVT with manual mode

Velg

17 inch alloy wheels

18 inch alloy wheels

Headlamp

Ya, LED, Auto On/Off

Ya, LED, Projector with auto levelizer

Rain sensing wipers

-

Ya

Side body moulding

-

Ya

Power adjustable

-

6 Seat (Driver), 4 Seat (Assistant)

Seat lumbar support

-

Ya (Driver)

Tweeters

-

Ya

ECO mode

-

Ya

Heated door mirrors

-

Ya

Leather seats

-

Ya

AC

Ya

Dual zone auto A/C

Cruise Control

-

Ya

I-key

-

Ya, with  push start button

 

 

Spesifikasi Nissan X Trail

Jika pada point Tipe / Jenis Nissan X Trail telah kita kupas tuntas mengenai perbedaan Nissan X Trail, maka pada point ini kita akan menyelami lebih dalam lagi mengenai fitur, desain (eksterior & interior) serta kelengkapan yang sama terdapat pada setiap tipe – tipe Nissan X Trail. Seperti apakah spesifikasi mobil SUV medium ini ? Untuk lebih jelasnya mari simak tabel spesifikasi Nissan X Trail yang telah kami sediakan di bawah ini :

Spesifikasi Nissan X Trail

Mesin

 

  • Engine type : MR20DD 2.0 litre DOHC 16 valve, Dual CVTCS
  • No. of cylinders : 4
  • Engine size / Displacement : 1997 cc / 2488 cc
  • Maximum Power : 144 PS / 6000 rpm
  • Maximum Torque : 20.4 kg.m / 4400rpm
  • Transmission Type : 6 speed manual transmission
  • Drive System Type : Front Wheel Drive
  • Fuel Supply System : Direct Injection
  • Bore x Stroke : 84 x 90.1

 

Dimensi

  • Min. Turning Radius : 5.6 m
  • Fuel Capacity : 60 litres
  • Curb Weight : 1501 kg
  • Overall Length : 4640 mm
  • Overall Width : 1820 mm
  • Overall Height : 1720 mm
  • Wheelbase : 2705 mm
  • Ground Clearance : 210 mm

Suspensi / Kaki-Kaki

  • Front Suspensions Type : Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar
  • Rear Suspensions Type : Independent Multi-link with Stabilizer Bar
  • Tire Size : 225/65 R17
  • Wheels : Alloy 17″ x 7J
  • Front Brakes Type : Ventilated Disc
  • Rear Brakes Type : Disc

Eksterior

  • LED Daytime Running Light
  • Electric Door Mirror with Folding Function
  • LED Turn Signal Lamp on Outside Rear View Mirror
  • Headlamp Auto On/Off
  • Follow Me Home Headlamp Function
  • Welcome Light (lock/unlock) Function

Interior

  • Tilt and Telescopic Steering
  • Steering Switch Audio Control
  • Fabric Seat
  • Integrated 2DIN AM/FM CD Player (MP3 Compatible)

Fitur Keselamatan

  • Variable Intermittent Windshield Wiper with Mist and Drip Wipe Function
  • Intermittent Rear Window Wiper with Reverse Interlock Function
  • Active Ride Control
  • Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), Brake Assist (BA)
  • Vehicle Dynamic Control
  • Hill Start Assist
  • Active Trace Control
  • Seat Belt – ELR 3 Point (x2) with Pretensioner & Load Limiter
  • ISOFIX Child Seat Anchor (for rar seat)
  • Dual SRS Airbag
  • Immobilizer + Vehicle Security System
  • Rear Parking Sensor (4 points)

 

Teknologi Mesin Nissan X Trail

Seperti yang telah kita bahas pada point Tipe / Jenis Nissan X Trail, mobil SUV medium ini memiliki 3 tipe dengan 2 pilihan mesin yang berbeda. Mesin yang pertama yaitu 2.0L dengan tipe MR20DD dengan 16 katup pada 4 silinder berteknologi DOHC Dual CVTCS. Mesin yang pertama ini memiliki kapasitas mencapai 1997cc dan mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 144 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal mecapai 20.4 Kg-m pada putaran mesin 4.400 rpm. Mesin yang kedua yaitu 2.5L yang memiliki serial tipe mesin QR25DE berkapasitas 2.488 cc yang memiliki 16 katup pada 4 silinder berteknologi DOHC Dual CVTCS. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga yang lebih besar yaitu mencapai 171 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dengan torsi maksimal mecapai 23.8 Kg-m pada putaran mesin 4.000 rpm.

 

Pahami syarat-syarat berikut sebelum Anda mengajukan kredit nissan x-trail : 

Syarat Kredit Nissan X-Trail

  • Data Konsumen*
    • FC KTP Pemohon & Pasangan
    • FC Cover Tabungan
    • FC Mutasi Tabungan (3 Bulan Terakhir)
    • FC Slip Gaji Terbaru/Bukti Usaha
    • FC Kartu Keluarga
    • FC Bukti kepemilikan Rumah

*Berlaku untuk pengajuan individu/perorangan, dan semua data merupakan data yang masih berlaku

Sebelum Anda mengambil kredit mobil x-trail, Anda bisa melakukan penghitungan simulasi kredit mobil untuk mendapatkan penawaran kredit mobil murah dengan cicilan ringan dan tidak memberatkan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.