10 Ciri Orang yang Susah Berhasil dalam Hidupnya

Banyak orang yang ingin berhasil. Persepsi tiap-tiap orang mengenai keberhasilan itu sendiri berbeda-beda. Ya, apa pun persepsinya keberhasilan menjadi acuan atau keinginan yang harus dicapai demi kehidupan yang lebih baik dan lebih layak.

Ada yang menginginkan karirnya berhasil. Ada yang berpandangan berhasil itu jika banyak uang. Atau berpendapat berhasil itu kalau telah menaklukkan tantangan. Perbedaan ini tidak bisa dipertentangkan karena kebutuhan atau keinginan tiap-tiap orang bermacam-macam.

Nyatanya, orang yang sulit berhasil rata-rata memiliki kesamaan. Walaupun tidak sama persis, Anda tetap bisa melihat dan menilainya. Kebiasaan, karakter, atau pencapaian orang-orang yang sulit berhasil bila diamati tampak sama satu sama lain. Apa saja itu? Berikut ini beberapa ciri yang sebaiknya Anda hindari kalau ingin berhasil.

Baca Juga: 15 Kata-kata Motivasi di Pagi Hari

1. Tidak Menghargai Waktu

Cara Memaksimalkan Waktu

Gunakan Waktu Sebaik Mungkin via blogs.discovermagazine.com

 

Rasanya semua orang tahu bahwa waktu adalah salah satu hal yang sangat berharga. Dikatakan seperti itu karena waktu yang telah lalu tidak bisa diputar kembali. Dan inilah yang terdapat pada banyak orang gagal yang tidak menghargai waktu.

Bisa saja beberapa waktu yang lalu ada kesempatan datang menghampiri. Namun, karena sikap mereka yang tampak tidak menghargai waktu, hilanglah kesempatan tersebut seiring berlalunya waktu.

Uang mungkin bisa dicari meskipun hilang. Lain halnya dengan waktu yang tidak bisa dicari dan didapatkan kembali ketika sudah lewat. Karena itu, mulai dari sekarang hindari sifat membuang-buang waktu agar tidak ada penyesalan nantinya.

2. Bersikap Arogan

Ciri Orang Arogan

Jauhkan Diri dari Sikap Arogan via eqpower.ch

 

Saking merasa paling bisa tanpa disadari sikap arogan muncul dengan sendirinya. Orang-orang yang arogan ogah untuk belajar atau menerima kritik. Dibiarkan terus-menerus hanya menjadikan mereka tampak bodoh di hadapan orang lain.

Untuk itu, selidikilah apakah kegagalan yang terjadi karena Anda terlalu arogan. Menutup telinga dan mata dan hanya peduli dengan pandangan sendiri yang sudah jelas-jelas salah sudah dipastikan keberhasilan akan jauh dari orang yang bersikap seperti itu.

Perlu diketahui, tidak selamanya masukan atau kritik atau saran itu bertujuan untuk menjatuhkan. Justru di sisi lain itu membangun dan membentuk diri Anda menjadi lebih baik daripada sebelumnya.

3. Sensitif

Tanda Orang Sensitif

Janganlah Menjadi Orang yang Terlalu Sensitif via huffingtonpost.com

 

Realitanya, orang yang sensitif atau bahasa gaulnya baper (bawa perasaan) hidupnya terus-terusan galau. Tak heran mereka sulit berhasil atau berkembang karena mereka hanya berkutat di satu masalah tanpa ada penyelesaiannya.

Apabila sifat seperti ini terdapat pada diri Anda, sudah saatnya membuang semuanya itu. Janganlah terlalu sensitif atau berlama-lama menghadapi situasi yang menurut Anda dilematis. Terlebih masalah tersebut hanya dijadikan bahan mengeluh tiap waktu. Jadikan diri Anda sosok yang dinamis dan tak mau terus terkungkung dalam satu situasi.

 

4. Pasrah dan Menyerah

Cara agar Tidak Menyerah

Berusaha Terus dan Pantang Menyerah via lineschfirm.com

 

Tentu keberhasilan tidak seperti layaknya hujan yang datang tiba-tiba. Hujan sendiri ada prosesnya yang terjadi menurut hukum alam. Begitu juga dengan keberhasilan. Sebaiknya jangan pernah sesekali mengendorkan usaha Anda dalam mencapai tujuan. Terlebih memutuskan untuk pasrah kemudian menyerah.

Sifat ini cenderung menyebabkan sebagian orang gagal dan sulit berhasil. Suntikkan diri Anda dengan motivasi-motivasi yang menciptakan daya juang dalam diri. Persoalan hidup adalah seberapa kuat bertahan dan berjuang berhadapan dengan situasi yang terkadang absurd. Berhasil atau tidak itu urusan nanti. Yang penting usahanya.

5. Menyepelekan

Sikap Sepele

Bersikap Sepele Menyulitkan Anda untuk Berhasil via dailymail.co.uk

 

Orang yang sering menganggap remeh atau sepele sudah bisa ditebak akan jauh dari keberhasilan. Hal kecil kenyataannya bisa membawa Anda menjadi seseorang yang berhasil. Banyak yang berhasil karena dari bawah atau memulainya dari hal kecil.

Seperti berhasil karena menjual makanan ringan atau karena pekerjaan yang dimulai dari level terbawah. Sifat menyepelekan akan membawa Anda menjadi arogan. Hasilnya, seperti yang diterangkan di atas, keberhasilan jadi hal yang sulit diraih.

6. Pandai Berkelit

Orang yang Pandai Berkelit

Terus Berkelit Membuat Keberhasilan Sulit Terwujud via computing.ece.vt.edu

 

Pandai berkelit ternyata bisa menghambat Anda untuk berhasil. Dengan berkelit, Anda menyangkal kesalahan yang telah Anda perbuat. Anda terus saja berkelit dan berpendapat itu tidaklah salah. Atau tidak mengakui bahwa itu kesalahan Anda.

Setiap kesalahan adalah bahan pembelajaran yang penting untuk berubah menjadi lebih baik. Beberapa orang menganggap kesalahan adalah aib yang membuat citra menjadi buruk. Karena itu, sedikit yang mau mengakui kesalahannya.

Keberhasilan bisa Anda raih dengan tidak lagi menyimpan pemikiran seperti itu dalam diri. Akuilah bila itu adalah kesalahan Anda. Tidak semua orang akan memvonis Anda itu buruk dalam bertindak. Orang-orang sekeliling Anda yang baik akan membantu Anda dengan memberikan masukan agar kesalahan tersebut diperbaiki dan tak terulang kembali.

7. Tidak Suka Bersosialisasi

Sosialisasi

Kurangnya Bersosialisasi Menjadikan Diri Tampak Tidak Punya Teman via verywell.com

 

Beberapa orang yang tidak bersosialisasi memang sulit untuk berhasil. Dan ini berpengaruh dalam pencapaian mereka, terutama karir. Ingatlah, hidup di dunia tidak berasa hidup jika satu sama lain tidak saling peduli.

Bersosialisasi jangan karena ingin berhasil saja. Namun, bersosialisasi merupakan esensi manusia yang mesti terpelihara. Sebab dunia ini bukan tempat untuk satu orang, melainkan untuk banyak orang yang saling membutuhkan satu sama lain.

8. Apatis

Apatis

Melulu Tidak Peduli Menjadikan Diri Tampak Buruk via geneticliteracyproject.org

 

Apatis merupakan wujud dari sikap seseorang yang "masa bodo" dengan kejadian atau yang ada di lingkungan sekitarnya. Terkadang punya sikap cuek sah-sah saja asalkan itu diterapkan untuk hal-hal yang tak terlalu menuntut perhatian.

Amat disayangkan kalau sikap cuek ini menyasar ke mana-mana, bahkan sampai ke hal yang penting. Karena itu, bersikap apatis tentu tidak benar. Sebab bisa membawa Anda ke ambang kegagalan.

9. Enggan Bersyukur

Mengeluh

Sesekali Bersyukurlah Ketimbang Mengeluh Terus via cache-blog.credit.com

 

Pusing kan rasanya karena terus-terusan mengeluh? Hal seperti ini bisa jadi akan menghambat Anda untuk berhasil. Meskipun kecil, tidak ada salahnya menghargai apa yang sudah Anda kerjakan. Enggan bersyukur lama-lama bisa berubah menjadi pupuk yang menyuburkan sifat jelek lainnya, seperti cepat menyerah dan malas.

10. Dendam dan Pemarah

Marah

Satu atau Dua Kali Masih, tapi Terus-Terusan Marah, Apa Gunanya? via chiswickherald.co.uk

 

Menjadi pendendam dan pemarah ternyata bisa mempersulit Anda untuk berhasil. Emosi memang hal yang manusiawi. Namun, kesabaran bisa menuntun Anda untuk lebih baik dan lebih mudah meraih keberhasilan. Sulit rasanya dengan sifat dan ciri karakter pendendam dan pemarah bisa mencapai keberhasilan.

Baca Juga: 5 Prinsip ala Bill Gates Ini Bisa Membuat Anda Kaya Raya

Kenali Diri dan Berubahlah Jadi Lebih Baik

Hanya Anda yang tahu siapa diri Anda. Bukanlah keluarga sekalipun hidup bersama dengan Anda. Bukan teman sekalipun sering berkumpul. Jika Anda sendiri tidak mengenal diri Anda, lalu apa yang mesti diubah?

Karena itu, mulai sekarang kenalilah diri Anda. Cari tahu apakah ciri-ciri di atas terdapat pada diri Anda atau tidak. Misalkan, salah satu dari ciri-ciri di atas melekat pada diri Anda, ubahlah itu demi perubahan yang menjadikan Anda lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: Kisah Pengusaha Sukses dan Cara Mengikuti Jejak Mereka