Jangan Panik Saat Lupa, Ini Cara Cek ID Pelanggan PLN secara Online

Pelanggan PLN pasti sudah tidak asing lagi dengan nomor ID pelanggan. Baik pengguna listrik pascabayar maupun prabayar akan mendapatkan nomor ini untuk melakukan transaksi. Lalu bagaimana jika kamu lupa dengan nomor tersebut? Jangan khawatir, kini kamu bisa dengan mudah cek ID pelanggan PLN secara manual maupun online.

Perlu diketahui, ID pelanggan PLN merupakan sejumlah nomor yang dimiliki oleh masing-masing pengguna listrik. Pihak PLN akan memberi tahu nomor ID ini di awal saat pemasangan meteran baru. Setiap pelanggan memiliki nomor ID yang berbeda.

Nomor tersebut biasanya tertera pada meteran listrik yang terpasang sehingga kamu bisa mengeceknya secara manual saat dibutuhkan. Begitu pula saat lupa, cara manual pertama yang paling mudah adalah mengecek di meteran.

Beli pulsa murah dan anti ribet, hanya di Cermati!

Beli Pulsa Termurah Sekarang!  

Manfaat ID Pelanggan PLN

loader

Sebagai informasi, ID Pelanggan PLN digunakanan untuk melakukan pembayaran listrik. Pada jenis listrik pascabayar, nomor ini digunakan untuk membayar tagihan setiap bulan sesuai tanggal yang ditentukan.

Sementara, pada listrik prabayar, ID pelanggan PLN berfungsi untuk membeli token listrik. Oleh sebab itu, kamu perlu mengingat nomor ID pelanggan PLN atau mengeceknya secara berkala. Pasalnya, nomor ini dibutuhkan hampir setiap bulan untuk melakukan transaksi.

Selain itu, nomor ID pelanggan PLN juga berfungsi untuk mengecek informasi pelanggan PLN, seperti nama, daya listrik yang terpasang, jumlah kwh, dan lain sebagainya. 

Kamu juga akan diminta menyebutkan nomor ID pelanggan jika melakukan permohonan atau pengaduan ke pihak PLN. Contohnya, pengurangan dan penambahan daya, perbaikan kerusakan, terjadinya error, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana sih cara cek ID pelanggan PLN selain dengan cara manual? Nah, kini kamu bisa dengan mudah dan praktis mengecek nomor ID pelanggan secara online. Yuk, ketahui informasi cek ID pelanggan PLN online!

Cara Cek ID Pelanggan PLN Online

Jangan panik saat kamu lupa nomor ID pelanggan PLN di luar rumah. Kamu tidak hanya bisa cek ID pelanggan PLN melalui meteran saja. Kini kamu bisa mengecek dengan mudah kapan saja dan dimana saja cukup menggunakan smartphone.

Cara tersebut tentu lebih praktis, terutama saat kamu berada di luar rumah dan harus membayar atau membeli token listrik. Berikut adalah cara cek ID pelanggan PLN secara online yang bisa kamu ikuti.

1. Cek ID Pelanggan PLN Melalui Website

PLN merupakan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang energi listrik. Sebagai perusahaan penyedia listrik terbesar di Indonesia, PLN memiliki laman atau website resmi yang menjadi acuan berbagai informasi.

Salah satu informasi yang bisa kamu dapatkan melalui website resmi PLN adalah nomor ID pelanggan. Berikut cara cek ID pelanggan PLN melalui website resminya.

  1. Buka laman https://portal.pln.co.id/.
  2. Lakukan "Login" dengan akun email dan kata sandi.
  3. Jika belum punya akun, lakukan daftar terlebih dahulu.
  4. Kemudian, pilih menu dan cek ID pelanggan PLN dengan nama pemilik meteran.
  5. Maka akan muncul nomor ID pelanggan.

Itulah cara cek ID pelanggan PLN melalui website resmi PLN. Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk membantu teman atau saudara yang ingin mengecek nomor ID pelanggannya.

2. Cek ID Pelanggan PLN Lewat Aplikasi

PLN juga menyediakan aplikasi PLN Mobile yang memudahkan pelanggan untuk melakukan berbagai transaksi, pengajuan, serta pelaporan kelistrikan. Di aplikasi PLN Mobile, kamu juga bisa cek ID pelanggan PLN dengan mudah dan cepat.

Berikut cara cek ID pelanggan PLN melalui aplikasi.

  1. Unduh PLN Mobile melalui App Store maupun Play Store.
  2. Buka Aplikasi dan Login atau Daftar
  3. Kemudian, pilih menu "Pelanggan".
  4. Lalu, cek nomor ID pelanggan kamu.

Di aplikasi PLN Mobile, kamu juga bisa melihat informasi terkait listrik yang digunakan, seperti jumlah pemakaian listrik, nama pemilik rekening, dan biaya tagihan listrik.

3. Cek ID Pelanggan PLN dari Pembayaran E-Commerce

Kini, pembayaran tagihan atau pembelian token listrik juga sudah tersedia di beberapa e-Commerce. Pada transaksi ini biasanya akan muncul struk bukti pembayaran listrik yang dilampirkan secara online. 

Struk tersebut berisikan informasi pelanggan PLN, di antaranya nomor ID pelanggan. Nah, mamu bisa cek ID pelanggan PLN di struk tersebut di kemudian hari saat lupa.

Baca Juga: Meteran Listrik Prabayar di Rumah Mati Total? Cari Tahu Penyebabnya di Sini

4. Cek ID Pelanggan PLN melalui Media Sosial

Mengecek ID pelanggan PLN secara online juga bisa melalui media sosial resmi PLN seperti, Twitter. Sudah menjadi hal yang umum bahwa pelanggan PLN mengajukan permohonan cek ID melalui media sosial karena respons yang cepat.

Berikut langkah cek ID Pelanggan PLN melalui Twitter.

  1. Buka Twitter PLN @pln_123.
  2. Sampaikan permohonan cek ID pelanggan via direct message (DM).
  3. Tuliskan nama, alamat rumah, dan nomor telepon.
  4. Sebutkan jelas keperluan nomor ID pelanggan.
  5. Tunggu admin membalas permohonan cek ID pelanggan yang diajukan.

Itulah beberapa cara cek ID pelanggan PLN online yang mudah dilakukan. Kamu tidak perlu repot-repot datang ke kantor PLN untuk mendapatkan informasi tersebut. 

Namun, ada juga cara cek ID pelanggan offline tanpa harus ke kantor PLN. Cara ini juga cukup mudah dilakukan.

Cara cek ID Pelanggan PLN Offline

loader

Bagi kamu yang belum melek digital mungkin merasa sedikit repot mengecek ID pelanggan dengan cara-cara online. Tidak perlu bingung, kamu masih bisa cek ID pelanggan PLN dengan cara berikut.

1. Cara Cek ID Pelanggan PLN Lewat Struk PLN

Pada setiap pembayaran tagihan pascabayar maupun pembelian token listrik prabayar secara offline, kamu akan mendapat sebuah struk. Nah, di struk ini tertulis dengan jelas informasi pelanggan listrik, mulai dari nama serta ID pelanggan.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan buang struk ini begitu saja. Kamu bisa menyimpan salah satu di dompet untuk mengecek ID pelanggan bilamana sewaktu-waktu lupa dan dibutuhkan.

2. Cek ID Pelanggan PLN melalui Call Center

Opsi lain mengecek nomor ID pelanggan PLN adalah melalui call center. Kamu bisa menghubungi PLN di 123 untuk mendapatkan nomor ID pelanggan dengan cepat.

Call center PLN tersedia 24 jam setiap hari untuk melayani kebutuhan dan keluhan pelanggan. Akan tetapi, cara ini tidak gratis. Kamu dikenakan sejumlah pulsa saat menelpon dengan ponsel. 

Besaran biaya tergantung jenis operator seluler dan lama waktu menelpon. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki pulsa yang cukup ketika menghubungi call center PLN 123.

Baca Juga: Mengenal Panel Surya sebagai Pembangkit Listrik Ramah Lingkungan

Tips agar Tidak Lupa ID Pelanggan PLN

Perlu diketahui, ID pelanggan memang menjadi bagian penting yang dibutuhkan hampir setiap bulan untuk pembayaran atau pengisian token.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika kamu sudah hafal nomor ID pelanggan PLN agar memudahkan pembayaran. Nah, ada beberapa cara atau tips yang bisa kamu terapkan agar tidak lupa ID Pelanggan PLN.

Pertama, mencatat dan menyimpannya pada beberapa tempat, seperti di kulkas rumah, meja kerja, dan dompet. Kedua, menyimpan nomor ID pelanggan PLN di memo ponsel. Sebab, kamu pasti membawa ponsel kemana pun saat pergi.

Ketiga, menyimpan riwayat transaksi mobile banking. Kamu bisa memilih untuk membayar tagihan atau membeli token listrik dengan mobile banking agar bisa menyimpan nomor ID pelanggan.

Keempat, menyimpan foto nomor ID pelanggan PLN pada meteran listrik. Cara ini juga mudah kamu lakukan, hanya dengan memfoto meteran yang bertuliskan ID pelanggan dan akan otomatis tersimpan di galeri ponsel.

Yuk, Cek ID Pelanggan PLN dan Informasi Lainnya

Demikianlah informasi seputar cek ID pelanggan PLN secara online maupun offline yang bisa kamu lakukan. Lupa akan suatu nomor adalah hal wajar, termasuk ID pelanggan PLN. Sebab, kamu pasti sudah mengingat sangat banyak data pribadi sehingga seringkali lupa pada beberapa hal.

Namun, jangan lagi panik jika lupa ID pelanggan PLN saat kamu harus membayar tagihan listrik atau membeli token. Ikuti cara-cara yang dijelaskan pada artikel ini. Kamu mungkin bisa memilih satu di antaranya.

Kemudian, kamu juga bisa menerapkan tips yang diberikan agar tidak perlu lagi repot cek ID pelanggan PLN saat dibutuhkan. Sebagai informasi, kamu juga bisa mengecek tagihan  listrik menggunakan nomor ID pelanggan.

Baca Juga: Cek Tagihan Listrik Melalui Berbagai Cara, Bisa Lewat Shopee!