10 Tanda Keuangan Anda Sedang Bermasalah Serius

Berbicara masalah keuangan memang tidak ada habisnya. Di dalamnya selalu dibahas antara kebutuhan prioritas dengan kebutuhan yang tidak terlalu penting. Kemudian, kita juga harus belajar untuk mengelola keuangan pribadi dengan lebih baik agar di masa depan nanti kita bisa hidup lebih sejahtera.

Namun, sebagian besar orang malah sedang mengalami masalah yang cukup serius dalam keuangannya, mulai dari terlalu banyak utang, hingga akhirnya mengalami kebangkrutan. Memiliki gaji setiap bulannya juga tidak menjadi jaminan seseorang tersebut bisa hidup lebih mapan, karena semua tergantung dari pola keuangan yang dia jalankan.

Adanya gaya hidup yang konsumtif, serta terlalu mudah untuk berutang, akan membuat Anda mudah bermasalah dalam keuangan. Gejala utama saat bermasalah dalam finansial, yaitu keuangan memang sedang gawat atau perlu segera dibenahi. Apa saja gejalanya? Simak ulasan berikut.

1. Utang Lebih Dari 30 Persen Penghasilan

Kita boleh untuk berutang, namun ada batasannya. Jika bisa, utang tidak boleh melebihi 30 persen dari pendapatan per bulan. Jika yang terjadi malah sebaliknya, artinya keadaan keuangan Anda sebenarnya sedang gawat.