10 Tips Menjadi Wanita Karir yang Sukses di Masa Depan

Dunia modern adalah dunia di mana bias gender tak lagi menjadi satu hal yang penting. Artinya, baik pria maupun wanita sangat punya peluang untuk bisa sama-sama sukses berkarir serta meraih cita-citanya. Modal utamanya tentu saja kerja keras serta pantang menyerah.

Apalagi saat ini kesempatan karir baik di dunia bisnis, lingkup pemerintahan maupun politik juga sangat terbuka bagi pria maupun wanita. Bagi wanita karir yang ingin sukses, ada beberapa hal-hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah rangkuman tips untuk wanita yang ingin sukses berkarir.

1. Percaya Diri

percaya diri

Percaya Diri via shutterstock.com

 

Wanita karir tidak perlu takut untuk bersaing dengan pria sekalipun. Modal pertama bagi wanita yang ingin sukses adalah percaya diri. Seorang wanita karir sukses yang penuh rasa percaya diri biasanya adalah juga orang yang punya pikiran positif pada berbagai hal. Sikap positif yang terpancar ini biasanya mendapatkan respon positif dari relasi kerja dan pastinya banyak urusan akan berjalan lancar.

2. Terus Belajar, Kembangkan Diri

Kunci sukses baik pria maupun wanita karir adalah terus belajar. Seseorang yang tekun serta fokus pada hasil juga adalah mereka dengan passion yang tinggi. Hasilnya, tak ada kata menyerah, belajar dan belajar hingga berkembang sesuai dengan apa yang dicita-citakan. Belajar bisa dari pengalaman sendiri, otodidak atau belajar dari pengalaman orang lain.

3. Kreatif dan Proaktif

Bisnis selalu berkembang, begitupun dengan wanita karir juga harus bisa mengikuti perkembangan yang terjadi. Inspirasi, ide serta aspirasi adalah sesuatu yang berharga, ditopang dengan kreatifitas menjadi ciri orang dengan kinerja yang baik untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi. Jangan lupa untuk proaktif, sebab apa artinya ide kreatif yang tidak disampaikan. Dengan cara ini, kemungkinan mendapat apresiasi di berbagai bidang menjadi lebih tinggi.

4Menguasai Bidang Pekerjaan

menguasai bidang pekerjaan

Menguasai Bidang Pekerjaan via shutterstock.com

 

Tidaklah mudah menguasai bidang pekerjaan, karenanya, mereka yang paham betul dengan apa yang dikerjakan punya peluang sukses lebih tinggi. Dalami dan fokus pada satu bidang keahlian, hingga menguasai bidang tersebut. Ini adalah nilai tambah tersendiri di mata klien atau atasan.

5. Teruslah Introspeksi Diri

Orang sukses adalah mereka yang tak pernah berhenti mengintrospeksi diri, analisa setiap pekerjaan, bagaimana cara menjalani pekerjaan jangan sampai membuang waktu berharga dengan mengulang kesalahan karena lupa introspeksi diri.

Baca Juga8 Orang Wanita Inspiratif di Dunia

6. Bertindak Cepat, Berpikir Matang

Terlalu lama kamu mengambil tindakan akan membuang waktu kita yang berharga. Ini sangat tidak baik, cobalah untuk bertindak cepat, tentunya harus disertai kemauan untuk berpikir matang agar tak salah langkah. Pengalaman dan keterampilan akan melatih anda untuk bisa bertindak cepat.

7. Bergabung dengan Komunitas

bergabung dengan komunitas

Bergabung dengan Komunitas via shutterstock.com

 

Bergabung dengan para komunitas bertemu dengan banyak orang yang mempunyai kesamaan tujuan, akan melahirkan dukungan yang meningkatkan rasa percaya diri. Tak hanya itu, wawasan juga akan lebih luas.

8. Bangunlah Citra yang Baik dan Harmonis di Mata Banyak Orang

Sebagai seorang profesional citra yang baik tak ternilai harganya. Selain itu, hubungan harmonis saat bekerja dalam tim mesti pula diperhatikan, dengan demikian suasana kerja kondusif akan mendukung produktivitas.

Baca Juga : Perempuan Berkarir di Bidang IT, Kenapa Tidak?

9. Memisahkan Urusan Pribadi dan Pekerjaan

Kebiasaan membawa masalah pribadi ke dalam pekerjaan adalah hal yang tak baik. Sebaiknya  selesaikan masalah pribadi di rumah, temukan penyelesaiannya secepat mungkin. Jangan sampai terlihat kurang menyenangkan saat datang ke pekerjaan hanya karena masih memikirkan masalah pribadi, ini bukan ciri seseorang yang profesional.  

10. Selalu Optimis

optimis

Selalu Optimis via shutterstock.com

 

Wanita mungkin cenderung dikenal emosional dan sensitif. Tapi cobalah untuk tetap optimis, teruslah belajar. Nikmati kegagalan sebagai satu jembatan menuju kesuksesan, karena tidak ada seseorang yang bisa sukses dengan sekali jalan.

Konsisten sebagai Kunci Utama

Dengan tetap konsisten dan yakin bahwa kesuksesan akan bisa diraih, maka tidak ada yang tidak mungkin. Walaupun wanita secara kodrat adalah seorang ibu rumah tangga, namun tetap bisa berperan ganda menjadi wanita karir yang sukses tanpa meninggalkan kodratnya sebagai wanita. Intinya tetap mencoba dan pastinya, selalu iringi dengan doa.

Baca Juga : 7 Kartini Indonesia Masa Kini, Siapa Saja Mereka?