17 Startup Sukses Milik Generasi Millenial Indonesia ini Punya 5 Tips yang Bisa Ditiru

Tak bisa dipungkiri, sebelumnya memang generasi millenial di Indonesia hanya tau menyoal menghamburkan uang saja demi memenuhi tren gaya hidup yang semakin tinggi, seperti sering belanja barang yang diinginkan walau tidak digunakan, belanja barang mahal, hangout bareng teman dan sebagainya.

Namun, bagi sebagian generasi millenial sudah mulai mengurangi bahkan meninggalkan kegiatan tersebut dan beralih ke kegiatan yang positif untuk masa depan. Mereka sadar atas apa yang dilakukan sebelumnya hanya membuat hidupnya buruk, bahkan bisa dibilang sulit mencapai sukses.

Bisa dilihat, kian kemari banyak startup bermunculan di Indonesia. Nah, itulah yang sekarang ini dilakukan para generasi millenial, yaitu berlomba-lomba mencapai kesuksesan dengan merintis perusahaan di berbagai bidang yang dikuasainya, seperti fintech, media dan sebagainya.

Banyaknya pesaing, tentulah bukan menjadi hal yang mudah dihadapi bagi setiap startup. Hal ini terlihat sangat jelas, melakukan berbagai macam strategi serta tips jitu agar startup terus berjalan dan semakin berkembang.

Berkat kerja sama yang kuat antara CEO dengan timnya, tak sedikit startup milik millenial Indonesia ini terbilang semakin sukses, bahkan hampir semua startup di Indonesia dilirik investor dari luar negeri. Anda yang baru saja mulai merintis perusahaan tentu ingin juga sukses seperti mereka, kan? Yuk, pelajari tips-tips dari mereka agar startup bisa terus maju dan berkembang

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

17 Startup Sukses Milik Generasi Millenia

Men's Republic e-Commerce khusus fashion pria Yasa Paramita Singgih, 23 tahun
Reblood Aplikasi donor darah Leonika Sari Njoto, 25 tahun
Crowde Platform untuk permodalan petani Yohanes Sugihtononugroho, 25 tahun dan Muhammad Risyad Ganis, 25 tahun
Taralite Situs pinjaman untuk merchant online tanpa agunan Abraham Viktor, 25 tahun
Puyo Desserts Hidangan dessert berupa puding dengan beraneka rasa Adrian, 26 tahun dan Eugenie Patricia Agus, 24 tahun
PayAccess Platform pembayaran secara mobile untuk transaksi online atau offline Rorian Pratyaksa, 26 tahun
Kitabisa.com Situs donasi dan penggalangan dana Muhammad Alfatih Timur, 27 tahun
Ruang Guru Layanan dan konten pendidikan berbasis teknologi Muhammad Iman Usman, 27 tahun
Burgreens Restoran yang menyediakan menu sehat dengan menggunakan bahan organik lokal Helga Angelina Tjahjadi, 27 tahun
Sale Stock e-Commerce fashion Stanislaus Mahesworo Christandito Tandelilin, 27 tahun
Karta.id Usaha yang bergerak di bidang jasa periklanan di pengendara motor Jeff Hendrata, 27 tahun dan Andrew Tanner Setiawan, 23 tahun
Qlapa e-Commerce khusus produk handmade dan kerajinan tangan Benny Fajarai, 27 tahun
WeCare.id Situs pengumpulan dana khusus pasien-pasien di daerah terpencil Mesty Ariotedjo, 28 tahun
Fabelio e-Commerce khus penjualan furniture Marshall Utoyo 28 tahun dan Khrishnan Menon, 28 tahun
AugMI Biomedical Fransiska Hadiwidjana, 28 tahun
e-Fishery Sistem khusus peternak ikan pemberian makan secara otomatis, mendeteksi nafsu makan ikan, dan mencatat serta melaporkan performa pemberian makan. Gibran Chuzaefah Amsi El Farizy, 29 tahun
Modalku Fintech khusus pinjaman modal UKM Reynold Wijaya, 29 tahun dan Iwan Kurniawan 28 tahun

Tips Membangun Startup

start up
Pelajari berbagai tips dari perusahaan lain yang sudah sukses terlebih dahulu

Melihat kesuksesan orang lain, tentunya kita juga ingin sukses dong? Bagi Anda yang sudah memiliki keputusan ingin merintis sebuah perusahaan dari bawah, tak hanya ide bisnis yang kuat tapi pelajari juga tips-tips cerdas dari startup lain yang sudah sukses.

1. Jadilah Founder yang Cerdas

Menjamurnya startup dibidang apapun tentu memiliki pesaing yang bisa dibilang tidak boleh dianggap remeh, sebab satu sama lain bersaing ketat meningkatkan kualitas masing-masing startup. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi founder sebagai pemimpin memajukan bisnis yang dijalani.

Dengan begitu, menjadi founder yang cerdas sangat diperlukan. Artinya, sebagai pemimpin perusahaan haruslah memiliki kemampuan komunikasi yang baik terhadap karyawannya, mampu menganalisa setiap bidang yang ada di dalamnya, paham soal manajemen, memiliki kemauan belajar yang kuat dan sebagainya. Kecerdasan yang dimiliki founder akan sangat berdampak positif terhadap kemajuan dan perkembangan startupnya.

2. Rekrut Orang Jenius

Merintis perusahaan baru memang tidak mudah dan butuh waktu menyoal tumbuh kembangnya perusahaan. Namun, janganlah khawatir, kesuksesan bisa digapai dengan mudah asalkan memiliki tim yang kuat antara founder dan karyawannya.

Demi tercapainya harapan tersebut, sebagai founder tentu harus pandai merekrut orang yang akan bergabung di perusahaan, misalnya saja memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi dalam hal menciptakan ide yang sangat bagus untuk menggaet target pasar, orang yang ahli pemograman, marketing dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Sebab Bisnis Startup Bisa Gagal

3. Visi dan Misi sebagai Landasan Utama

Tanpa adanya landasan yang kuat, startup yang dijalankan pastinya akan berantakan. Agar hal tersebut bisa dihindarkan, maka buatlah rencana yang matang dengan menyusun dan menentukan visi dan misi yang kuat.

Pikirkan dengan matang menyoal apa yang Anda harapkan terhadap bisnis atau perusahaan bisa dijadikan sebagai tujuan atau visi yang harus dicapai. Sementara cara atau strategi atau tahapan mencapai tujuan merupakan misi yang harus disusun dengan tepat. Hal ini menjadikan startup bisa berjalan sesuai dengan harapan.

4. Bangun Sosial Media yang Kuat

Di zaman sekarang ini, media memiliki kekuatan yang tinggi menarik terget perushaan yang sudah ditentukan sebelumnya. Bagaimana tidak, hampir semua orang aktif menggunakan sosial media setiap harinya, mulai dari Facebook, Twitter, dan Instagram. Maka bila sebuah startup memiliki branding yang kuat di sosial media yang digunakan, dapat dipastikan masyrakat yang menjadi sasaran target akan terus berdatangan.

Baca Juga: Cara Ampuh Bikin Investor Kepincut Dengan Bisnis Startup Anda

5. Berani Berinovasi

Salah cara yang ampuh bersaing ketat ditengah maraknya startup adalah adanya inovasi yang dilakukan pada perusahaan. Janganlah takut gagal, justru dengan berani berinovasi akan menunjukan kualitas perusahaan kepada masyarakat luas sehingga bisa menarik taget pasar. Hal tersebut sangat memberikan untung yang lumayan besar di masa mendatang.

Tetap Semangat Capai Startup yang Sukses

Mencapai kesuksesan memang tidak bisa diwujudkan dengan cara yang instan, karena harus ada proses yang harus dilalui untuk menggapainya dan hal ini membutuhkan waktu yang tidak singkat. Percaya dirilah kalau bisnis startup yang Anda miliki akan mencapai sukses di hari yang akan datang. Jangan pernah mudah berpuas diri pada setiap pencapaian, teruslah belajar agar startup semakin maju. Tetap semangat!

Baca Juga: 6 Tips Kembangkan Travel Startup