3 Jenis Digital Marketing Ini Bikin Bisnis Berkembang Pesat

Penerapan digital marketing di dalam bisnis tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Sistem pemasaran yang satu ini terbukti bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan tepat sasaran, sehingga wajar saja jika layanan ini semakin populer di kalangan pebisnis. 

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam menerapkan digital marketing, mulai dari email, situs perusahaan, bahkan hingga media sosial yang memiliki jumlah pengguna sangat tinggi saat ini. 

Sebagai seorang pebisnis, Anda harus bisa memilih jenis digital marketing yang tepat untuk bisnis Anda. Hal ini penting, untuk memastikan bahwa sistem yang Anda pilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan kedepannya bisa membawa bisnis tersebut sukses. 

Berikut jenis digital marketing yang bisa Anda jadikan sebagai pilihan pemasaran bisnis: 

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Search Engine Optimization (SEO)

loader
SEO

SEO merupakan salah satu sistem digital marketing yang paling banyak digunakan oleh para pebisnis. Di dalam sistem ini, situs Anda akan dioptimasi dengan sedemikian rupa, sehingga bisa berada pada peringkat teratas di  Search Engine Result Page (SERP). Posisi ini akan memungkinkan situs Anda mendapatkan jumlah kunjungan organik yang jauh lebih banyak, sehingga potensi perkembangan bisnis Anda kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi. 

 Terdapat beberapa cara yang lazim digunakan di dalam sistem SEO ini, antara lain:

  • On Page SEO

Sistem SEO yang satu ini menggunakan artikel (konten) yang berfokus pada keyword tertentu. Untuk menerapkan sistem ini, Anda harus meriset keywordnya terlebih dahulu, sehingga Anda bisa mendapatkan keyword yang tepat dan memiliki peringkat yang tinggi. Selanjutnya, Anda menerapkan keyword tersebut di dalam konten yang menarik dan sesuai dengan tujuan digital marketing bisnis Anda tersebut.

  • Off Page SEO

Sistem SEO ini terbilang unik dan tidak dilakukan di dalam situs bisnis Anda. Anda perlu bekerjasama dengan situs lain dan menggunakan backlink untuk menuju situs bisnis Anda tentunya. SEO yang satu ini biasanya diterapkan dengan cara membuat guest post pada situs tertentu dan sekaligus menyisipkan link situs bisnis Anda di artikel tersebut. Link inilah yang akhirnya akan di-klik dan membawa pengunjung ke situs Anda.

  • Technical SEO

Technical SEO akan difokuskan pada coding situs bisnis Anda. Hal ini dilakukan dengan menangani beberapa faktor sekaligus, mulai dari optimasi file CSS, kompresi gambar, dan yang lainnya. Tujuan SEO yang satu ini adalah untuk meningkatkan performa situs bisnis Anda.

Baca Juga: Jangan Sepelekan, ini 3 Keuntungan Menggunakan Digital Marketing dalam Perusahaan

2. Content Marketing

loader
Content marketing

Content marketing merupakan istilah yang lazim digunakan dalam pemasaran digital dan berkaitan dengan pembuatan dan juga distribusi konten. Tujuan ini adalah untuk membangun brand yang lebih baik, meningkatkan kunjungan ke situs Anda, dan bahkan mendatangkan konsumen baru di dalam bisnis tersebut. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan dalam menerapkan sistem ini, antara lain:

  • Membuat postingan blog

Menulis artikel di situs bisnis Anda merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. Anda perlu membuat konten yang berkualitas baik dan tentunya berkaitan dengan bisnis yang Anda jalankan.

  • Membuat ebook dan whitepapers

Anda juga bisa membuat ebook atau whitepapers yang berguna bagi pengunjung situs bisnis Anda. Melalui cara ini Anda bisa memperoleh kontak pengunjung, sehingga Anda bisa mengarahkan mereka lebih mudah menjadi konsumen bisnis Anda.

  • Infografis

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan konten visual untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. Infografis seperti ini akan membantu Anda memenuhi keinginan pengunjung yang lebih menyukai konsep visual dan sekaligus mengajak mereka menjadi konsumen yang baru.

Baca Juga: Sebelum Memutuskan Pakai, Tengok Dulu Jenis dan Biaya Layanan Jasa Digital Marketing

3. Pay Per Click (PPC)

loader
PPC

PPC merupakan salah satu cara pemasaran digital yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Sistem ini akan memungkinkan pengunjung melihat iklan Anda ketika yang bersangkutan meng-klik iklan tersebut. 

Saat menggunakan layanan ini, Anda akan membayar pihak penyedia iklan untuk setiap kunjungan yang datang melalui layanan tersebut. Ada banyak cara yang dapat Anda pilih dalam sistem PPC ini, antara lain:

  • Facebook Ads

Layanan ini memungkinkan Anda menggunakan semua ruang milik Facebook, mulai dari masseger hingga Instagram sekalipun. Anda bisa membayar dan menggunakan konten yang tepat, seperti gambar, video, dan yang lainnya untuk memasarkan produk Anda.

  • Twitter Ads

Di dalam layanan ini, Anda bisa membayar untuk setiap tweet ataupun profil badge yang Anda bagikan. Sistem ini mengandalkan traffic untuk meningkatkan follower yang kelak bisa menjadi konsumen baru di dalam  bisnis Anda.

  • Sponsored messages di LinkedIn

Di dalam layanan ini, Anda akan membayar untuk setiap pesan yang dikirim langsung kepada pengguna LinkedIn, yang Anda anggap tepat dan sesuai untuk menjadi konsumen bisnis Anda.

Pilih Sistem Digital Marketing yang Tepat 

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan bisnis, salah satunya dengan menggunakan layanan digital marketing. Jika Anda berniat menggunakan layanan ini, pastikan Anda memilih sistem yang tepat sejak awal. Hal ini penting, untuk memastikan bahwa sistem digital marketing tersebut benar-benar tepat dan bisa meningkatkan angka penjualan bisnis Anda.

Baca Juga: Kisah Andik Veris Dapat Miliaran Rupiah Dari Bisnis Digital Marketing