5 Ide Bisnis Bahan Buah Mangga

KOMPAS.com - Mangga merupakan salah satu jenis buah yang memiliki banyak penggemar dari berbagai kalangan. Apalagi buah mangga juga punya banyak jenis yang cukup beragam dengan rasa manis yang berbeda-beda.

Selain enak dimakan langsung saat sudah matang, mangga yang masih mentah juga enak dibuat rujak. Selain kaya akan vitamin C, mangga bisa juga jadi ide bisnis kuliner unik yang cukup menjanjikan.

Terlebih lagi, buah tropis satu ini termasuk buah yang bisa dijadikan berbagai jenis olahan kuliner yang enak. Buah mangga juga bisa dibuat jadi berbagai jenis olahan kuliner yang menggugah selera.

Dilansir dari Cermati.com, berikut ini beberapa olahan buah mangga yang bisa jadi ide bisnis menarik untuk dicoba.

1. Mango Sago

Rekomendasi olahan mangga yang pertama buat ide bisnis yang cuan banget ada Mango Sago. Terbuat dari perpaduan butiran sagu dengan potongan buah mangga, susu, dan vla ini akan sangat memanjakan lidah.

Dessert yang pertama kali booming di Hongkong ini punya citarasa yang manis dan menyegarkan. Apalagi teksturnya yang kenyal mampu membuat mood siapapun yang menikmatinya jauh lebih baik.

Mango Sago cocok dinikmati saat cuaca cerah di siang hari. Kesegaran dessert ini bukan hanya bisa mengobati dahaga saat cuaca sedang terik. Tapi juga bisa jadi ide jualan yang bakal punya prospek yang cukup menarik, terlebih jika dikembangkan dengan serius.

2. Mango Dessert

Olahan berbahan dasar mangga selanjutnya yang cocok untuk ide bisnis ada Mango Dessert. Meningkatnya referensi menu dari internet membuat berbagai jenis dessert dari bahan buah bukan lagi hal yang asing.

Berbeda dengan Mango Sago yang disajikan bersama pelengkap lainnya, Mango Dessert ini jauh lebih simpel. Buah mangga yang sudah matang cukup dihaluskan dengan blender untuk dibuat smoothie.

Selanjutnya, smoothie buah mangga tadi dicampur dengan sirup rasa mangga dan kental manis. Kemudian dalam penyajiannya dibuat beberapa layer bersama whip cream lalu diberi topping potongan mangga di bagian atasnya.

3. Mango Sticky Rice

Siapa sih yang tak kenal olahan khas 'Negeri Gajah Putih' Thailand satu ini? Mango Sticky Rice ini kini cukup populer dan banyak digemari masyarakat di tanah air.

Olahan buah mangga ini juga bisa jadi ide bisnis kuliner berbahan buah mangga yang cukup menarik untuk dicoba. Perpaduan manisnya buah mangga dengan ketan yang gurih dan legit membuat olahan ini banyak disukai.

Bukan hanya mengenyangkan, cemilan satu ini juga sangat menyehatkan. So, bisa jadi pilihan untuk menu makan siang sehat buat yang sedang diet.

Baca juga: 10 Tips Membuka Usaha Buah - buahan yang Menguntungkan

4. Puding Mangga

Berikutnya ada puding mangga, hidangan berbahan buah mangga selanjutnya yang tak kalah menarik untuk dikembangkan jadi bisnis menghasilkan. Olahan mangga dengan tekstur kenyal ini bisa jadi cemilan yang tak hanya menyegarkan tapi juga menyehatkan.

Proses pembuatannya pun juga terbilang cukup mudah. Tinggal siapkan buah mangga matang, jeli bubuk, gula pasir, kental manis dan bahan tambahan lainnya. Penyajiannya juga bisa menggunakan cup atau jar kaca bening agar tampilannya makin kekinian dan menggoda selera.

5. Pancake Mangga

Satu lagi olahan dari buah mangga yang bisa jadi ide bisnis menjanjikan yakni Pancake mangga. Pancake merupakan kue yang cukup banyak diminati karena isiannya yang bisa disesuaikan dengan selera.

Salah satu yang cukup populer ada pancake dengan isian buah durian. Namun, selain durian ternyata mangga juga bisa dijadikan isian pancake. Rasa manis mangga yang khas juga tak kalah enak, bahkan olahan ini bisa jadi ide MPASI untuk balita. Jadi hidangan ini bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Agar lebih bisa menarik hati calon pembeli, jangan lupa untuk memperhatikan rasa dan juga kemasan pancake mangga tersebut. Karena jarang pembeli yang mau mencoba jika melihat tampilan luarnya kurang menggoda.

Nah, itu tadi beberapa ide olahan buah mangga yang bisa jadi ide bisnis menarik yang bisa menghasilkan cuan. Ternyata ide bisnis dengan olahan mangga bukan cuma rujak saja.

Ada banyak olahan menarik dan unik yang ternyata juga cukup viral dan digemari banyak orang. Agar bisnis kuliner dengan olahan buah mangga berjalan dengan baik, pastikan untuk selalu memperhatikan kualitas bahan, rasa makanan, kemasan produk dan harga. Rasa saja tak cukup jika tampilan makanan kurang menarik, begitu pun jika harganya tidak sesuai. Untuk itu, penting untuk selalu memperhatikan semua aspek dengan seimbang.