Faktor-Faktor Produksi: Pengertian, Jenis, Contoh, dan Tujuannya

Faktor-faktor produksi merupakan hal yang penting di dalam aktivitas ekonomi. Berbagai faktor ini tentu akan mempengaruhi kegiatan produksi itu sendiri dan sekaligus menjadi pondasi penting di dalam sebuah kegiatan bisnis. 

Kegiatan produksi akan dijalankan oleh para pelaku bisnis. Saat pelaku bisnis memahami dengan baik pengertian produksi dan faktor-faktor produksi yang akan berpengaruh di dalamnya, maka aktivitas bisnis tentu akan bisa berjalan dengan lancar. 

Baca Juga: Manajemen Sumber Daya Manusia Sebagai Upaya Mencapai Target Organisasi

Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Apa itu Faktor-Faktor Produksi? 

loader

Proses Produksi

Di dalam prakteknya, aktivitas ekonomi mencakup 3 hal penting, yakni: kegiatan produksi, konsumsi, dan juga distribusi. Kegiatan produksi akan menjadi cara manusia untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidupnya, itulah mengapa hal ini begitu penting. 

Faktor produksi terdiri dari beberapa hal yang berbeda, sedangkan kegiatan produksi itu sendiri akan menghasilkan produk dalam bentuk barang maupun jasa. Kegiatan produksi ini harus dilakukan secara berkesinambungan, sebab kebutuhan manusia akan berbagai hasil produksi ini juga tidak pernah habis. 

Pengertian faktor produksi adalah segala macam kebutuhan yang diperlukan untuk memperlancar proses produksi. Berbagai faktor-faktor produksi ini pada umumnya memiliki pengaruh yang besar, sehingga harus selalu tersedia. 

Meski belum sebutkan faktor-faktor produksi itu apa saja, pengertian faktor produksi adalah sesuatu yang penting dan harus disediakan dengan baik, agar aktivitas produksi bisa berjalan lancar. Inilah alasan mengapa para pelaku bisnis kerap berupaya keras untuk menyediakan berbagai faktor produksi tersebut. 

Contoh: 

Pebisnis “A” tidak bisa melakukan kegiatan produksi dengan baik, sebab faktor produksi terdiri dari bahan baku utama mengalami kenaikan harga yang tinggi. Pebisnis tersebut harus memahami dengan baik pengertian produksi dan faktor-faktor produksi lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai pengganti.

Dalam hal tersebut di atas, pengertian faktor produksi adalah poin wajib yang harus dipahami dengan baik oleh pebisnis, sehingga jika terjadi kendala tertentu dalam faktor produksi, yang bersangkutan bisa mengatasinya dengan baik dan tetap mengupayakan agar kegiatan produksi bisa berjalan dengan lancar. 

Meski tujuan utama pebisnis adalah mencari keuntungan yang maksimal dari aktivitas bisnis yang dilakukannya, namun yang bersangkutan juga memiliki peran penting dalam memenuhi berbagai kebutuhan konsumen dengan baik sepanjang waktu. 

Jenis Faktor-Faktor Produksi dan Contohnya

Jika diminta sebutkan faktor-faktor produksi, maka perlu dipahami bahwa faktor produksi terdiri dari berbagai jenis yang berbeda. Pebisnis sendiri dituntut untuk bisa sebutkan faktor produksi yang digunakan di dalam kegiatan operasional bisnis yang dijalankannya secara lengkap.

Kemampuan pebisnis dalam memahami dan sebutkan faktor-faktor produksi dengan baik, akan menunjukkan bahwa yang bersangkutan memiliki pemahaman dan kemampuan yang baik untuk mengelola bisnis yang dijalankannya secara maksimal, termasuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi di dalam bisnis tersebut, 

Berikut ini adalah beberapa jenis faktor-faktor produksi dan juga masing-masing contohnya: 

  1. Sumber Daya Alam

    Sumber daya alam juga kerap di sebutkan faktor-faktor produksi alam. Jika diminta sebutkan faktor produksi yang satu ini, maka ini adalah berbagai bahan baku mentah yang dipakai dalam kegiatan produksi itu sendiri. 

    Berbagai bahan mentah ini biasanya akan diproduksi menjadi berbagai produk barang maupun jasa, di mana berbagai produk ini akan didistribusikan kepada para konsumen untuk memenuhi kebutuhan mereka terhadap produk tertentu. 

    Terkait penggunaan sumber daya alam, pebisnis wajib memenuhi semua regulasi pemerintah dengan baik. Hal ini untuk mencegah terjadinya eksploitasi dan juga berbagai hal lainnya yang bisa merugikan negara maupun orang lain yang berhubungan dengan sumber daya alam tersebut. 

    Contoh faktor produksi sumber daya alam ini adalah hewan, tanaman, air, udara, dan yang lainnya. Jadi jika diminta untuk sebutkan faktor produksi sumber daya alam, maka hal ini tentu sudah bukan hal yang rumit lagi, bukan?

  2. Sumber Daya Manusia

    Pengertian produksi dan faktor-faktor produksi lainnya yang perlu dipahami adalah sumber daya manusia. Faktor produksi yang satu ini juga sangat dibutuhkan dan biasa disebut sebagai tenaga kerja.

    Kegiatan produksi yang dilakukan oleh pebisnis akan membutuhkan tenaga kerja yang tepat, sehingga semua bahan baku bisa diolah menjadi berbagai produk yang dibutuhkan oleh konsumen dan dipasarkan secara luas. 

    Tenaga kerja yang digunakan pada umumnya adalah tenaga kerja yang sudah terdidik dan memiliki kemampuan yang baik untuk melakukan kegiatan produksi. Hal ini akan dibuktikan dengan upaya yang mereka lakukan untuk memenuhi berbagai permintaan para pebisnis terkait dengan kegiatan produksi itu sendiri. 

    Sebagai imbalannya, pebisnis akan memberikan sejumlah upah/ gaji yang layak dan sesuai dengan kinerja para pekerja tersebut. Upah yang layak seperti ini akan membuat para pekerja menjadi lebih maksimal dalam bekerja dan menyelesaikan setiap tugasnya.

  3. Modal

    Masih berkaitan dengan poin di atas, tenaga kerja dan juga modal merupakan faktor produk yang sulit untuk dipisahkan. Jika diminta sebutkan faktor produksi yang utama, maka keduanya adalah termasuk yang wajib didahulukan. 

    Pebisnis harus memiliki modal dalam jumlah yang memadai, sebab modal inilah yang akan digunakan untuk pengadaan bahan baku dan juga membayar tenaga kerja yang dibutuhkan dalam kegiatan produksi. 

    Jika modal tidak memadai, kegiatan produksi atau pengadaan bahan baku bisa saja tersendat. Hal ini tentu akan secara langsung menghambat kegiatan produksi, termasuk kegiatan bisnis secara keseluruhan. 

    Jika faktor produksi terdiri dari uang ini tidak tersedia dalam jumlah yang mencukupi, maka pebisnis perlu mengerjakannya terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara, termasuk dengan mengajukan pinjaman atau bahkan mencari investor yang bisa bekerja sama dan mendanai bisnis tersebut. 

  4. Faktor Kewirausahaan

    Kesuksesan aktivitas produksi akan dipengaruhi oleh kemampuan pebisnis dalam mengelola usahanya. Pebisnis wajib memiliki jiwa dan kemampuan untuk berwirausaha yang baik sejak awal, termasuk untuk menghadapi berbagai tantangan yang mungkin akan hadir dalam bisnis tersebut. 

    Pebisnis juga harus memiliki kemampuan yang baik dalam mengambil keputusan, sebab berbagai keputusan yang diambil akan mempengaruhi tenaga kerja dan juga orang-orang yang terlibat di dalam kegiatan bisnis yang sedang dijalankan tersebut. 

    Memahami manajemen waktu dan pengertian faktor produksi adalah salah satu kunci sukses dalam berbisnis. Selain itu, pebisnis pemula harus memiliki kemampuan yang baik untuk belajar dan menyesuaikan diri dengan cepat terhadap kondisi bisnis yang dijalankan. 

  5. Sumber Daya Teknologi 

    Jika diminta sebutkan faktor produksi lainnya yang tak kalah penting, maka jawabannya adalah sumber daya teknologi. Sebuah bisnis akan berkembang dengan pesat, jika melibatkan teknologi yang tepat di dalamnya. 

    Pebisnis harus memiliki keberanian untuk menerapkan teknologi di dalam bisnis yang dijalankan. Hal ini akan mempermudah banyak hal di dalam bisnis tersebut, terutama di dalam kegiatan produksi yang dilakukan oleh pebisnis. 

    Baca Juga: Pentingnya Pendelegasian Tugas di Sebuah Perusahaan

Tujuan Faktor-Faktor Produksi

Faktor produksi terdiri dari beberapa jenis dan memiliki sejumlah tujuan, antara lain: 

  1. Memperlancar Proses Produksi

    Pengertian produksi dan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh perusahaan akan membantu untuk membuat kegiatan produksi menjadi lebih lancar, di mana semua rencana bisnis bisa dieksekusi dengan tepat dan baik.

  2. Meningkatkan Jumlah Keuntungan 

    Jika di sebutkan faktor-faktor produksi dan dimiliki dalam jumlah yang tepat, maka perusahaan akan mampu mencapai target produksi dengan baik. Hal ini juga akan secara otomatis membantu perusahaan mendapatkan keuntungan maksimal dari bisnis yang dijalankan.  

  3. Memenuhi Kebutuhan Konsumen

    Faktor produksi juga bertujuan untuk memberikan layanan terbaik bagi konsumen. Kegiatan produksi yang dilakukan perusahaan akan membantu untuk memenuhi kebutuhan konsumen dengan baik, di mana perusahaan juga akan mendapatkan sejumlah keuntungan atas hal tersebut. 

  4. Menjaga Kualitas Produk 

    Tujuan terakhir dari faktor produksi adalah untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Jika berbagai faktor produksi ini terpenuhi dengan baik, maka produk yang dihasilkan juga akan berkualitas baik dan bisa memenuhi permintaan pasar dengan baik. 

Faktor-faktor Produksi Penting Bagi Bisnis 

Pengertian faktor produksi adalah segala macam kebutuhan yang diperlukan untuk memperlancar kegiatan produksi. Hal ini sangat penting untuk dipahami dengan baik oleh para pebisnis. Jika berbagai faktor produksi terpenuhi dengan baik, maka tujuan bisnis dan keuntungan maksimal bisa didapatkan.

Baca Juga: Mengenal Forklift: Jenis, Fungsi, dan Bagian-bagiannya