5 Ide Bisnis Online untuk Mencetak Uang di Masa Pandemi

Cari kerja di masa pandemi Covid-19 tidak mudah. Banyak perusahaan mengurangi karyawan, bahkan gulung tikar alias bangkrut.

Jika kamu punya keahlian khusus, atau sesuatu yang bisa ditukar dengan uang, kenapa harus melamar kerja. Coba mulai bisnis online untuk menghasilkan fulus.

Berikut ide bisnis online menjanjikan di tengah pandemi:

Baca Juga: Tak Ada Kata Terlambat, Begini 3 Cara Cepat Branding Bisnis Kopi Agar Laris

• Jualan aksesoris sepeda

Pamor sepeda memang mulai redup. Tak seterang dua atau tiga tahun lalu. Harga sepeda juga turun, dari yang sebelumnya sempat naik gila-gilaan karena fenomena gowes.

Tetapi jangan salah, peminat atau penggemar olahraga sepeda masih banyak. Jadi, kalau untuk bisnis, rasanya tak pernah padam.

Jualan printilan sepeda saja, seperti aksesoris sepeda. Mulai dari helm, lampu, kunci pengaman, tas, smartphone holder atau tempat menyimpan ponsel, botol minum, sampai rack pannier untuk mengangkut barang bawaan. 

Pasarkan barang dagangan kamu dengan membuka toko online di sejumlah e-commerce terpercaya. Lewat media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter, dan Tiktok juga bisa.

Follow akun komunitas pencinta sepeda di media sosial atau milis, dan tawarkan secara online. Tapi ingat ya, jangan sampai nyampah. Bisa-bisa kamu di blacklist atau di block dari akun tersebut.

Modal untuk bisnis aksesoris sepeda dimulai dari Rp 10 juta. Beli perlengkapan sepeda ini dari distributor atau toko aksesoris sepeda dengan sistem beli putus atau kerja sama titip jual untuk menekan bujet.

• Kursus online

Selagi virus Covid-19 dan teman-temannya masih berkeliaran, kegiatan belajar mengajar maupun pelatihan tetap akan diselenggarakan secara daring.

Tak heran, platform belajar online tumbuh subur. Kalau kamu menguasai keterampilan atau keahlian tertentu, bidang khusus, atau berpengalaman sebagai guru, tak ada salahnya menjajal bisnis kursus online.

Misalnya, kamu fasih Bahasa Inggris. Buka kursus online khusus Bahasa Inggris untuk anak TK, SD, SMP, SMA. Dengan frekuensi belajar, dua kali seminggu.

Lakukan promosi melalui media sosial kamu, atau lewat marketplace. Bisnis kursus online bisa kamu lakoni tanpa merogoh kocek.

Cukup berbekal smartphone, kursus online via zoom atau Google Meeting, dan kuota internet. Selain semakin mengasah ilmu yang kamu miliki, bisnis kursus online juga menjanjikan dan pastinya memberi manfaat bagi banyak orang.

loader
Ilustrasi bisnis online

• Jasa penulisan konten

Kalau lihat di LinkedIn, lowongan kerja sebagai content writer dan copywriter berseliweran. Saat ini, banyak perusahaan membutuhkan jasa profesi tersebut untuk mengisi blognya di website.

Tujuannya untuk membantu menaikkan traffic mereka. Tentunya diiringi dengan penggunaan Search Engine Optimization (SEO) yang benar agar tulisan atau konten yang dibuat berada di urutan teratas mesin pencarian Google.

Nah, kalau kamu punya keahlian menulis dan ilmu SEO, jajal peruntungan di bisnis tersebut. Buka bisnis online jasa penulisan konten.

Kamu yang jadi freelancer-nya. Kamu bisa mendapatkan banyak proyek tulisan dari beberapa perusahaan, apakah itu untuk keperluan konten di website, membuat press release untuk disebar ke media, maupun proyek buku.

Keuntungannya tidak main-main. Misalnya dari satu tulisan atau artikel yang dibuat dihargai Rp 80 ribu. Jika dalam sebulan target 40 artikel, maka uang yang kamu hasilkan sebesar Rp 3,2 juta.

Itu baru dari satu perusahaan. Perusahaan lain, target 30 artikel sebulan dengan tarif Rp 50 ribu per artikel, berarti ada tambahan penghasilan Rp 1,5 juta.

• Ritel online

Bisnis ritel offline memang banyak yang tumbang akibat pandemi. Tetapi coba lihat bisnis ritel online-nya, tak pernah ada sepinya.

Jualan kayak kacang goreng. Ramai terus, setiap hari ada saja yang membeli. Contohnya baju, tas, sepatu, jilbab, obat atau vitamin, perabot rumah tangga, sampai makanan dan minuman.

Kamu bisa memulai bisnis ritel online dengan menjadi reseller atau dropshipper. Modal tipis, tetapi dapat meraup untung besar. 

Virtual assistant

Virtual assistant adalah profesi yang dapat membantu melakukan pekerjaan secara online seperti tugas kesekretariatan, administrasi. Yang menggunakan jasa ini biasanya pengusaha atau perusahaan dari skala kecil hingga besar, kalangan profesional, sampai emak-emak.

Pada dasarnya, kehadiran asisten jarak jauh ini dapat menghemat keuangan. Sebab, klien atau penggunanya karena dapat mengatasi beban kerja berlebih, tidak perlu menyediakan kantor dan mempekerjakan karyawan tetap.

Kamu dapat menjadi asisten virtual dengan keahlian yang dimiliki untuk menghasilan pundi-pundi uang. Membuka layanan online tersebut dari rumah, seperti membimbing anak untuk homeschooling, menjadi personal shopper, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Trik Membuka Usaha Bakso Bakar yang Menguntungkan