Tak Ada Kata Terlambat, Begini 3 Cara Cepat Branding Bisnis Kopi Agar Laris

Bisnis kopi menjadi salah satu yang paling menjanjikan belakangan ini. Hal ini tentu sangat dipengaruhi oleh tren ngopi yang semakin banyak diminati, terutama oleh kaum muda. 

Namun di lain sisi, luasnya pangsa pasar dalam bisnis kopi juga melahirkan persaingan yang terbilang sangat ketat. Di luar sana, ada ribuan pelaku bisnis kopi yang akan menjadi saingan, tentunya lengkap dengan beragam konsep bisnis yang berbeda. Jika ingin memenangkan persaingan ini, maka kopi kamu harus memiliki ciri khas tersendiri. 

Orang-orang akan mudah tertarik dan mengingat sesuatu yang unik dan berbeda, ini adalah fakta di dalam dunia bisnis. Branding menjadi cara tepat bagi untuk bisa tetap eksis di dalam bisnis kopi yang dijalankan. 

Hal ini tidak hanya terkait tentang logo atau brand bisnis saja, namun jauh lebih dalam lagi. Branding yang dilakukan di dalam bisnis kopi ini akan menjadi salah satu cara untuk membuat pelanggan tetap loyal dan sekaligus bisa mendatangkan calon pelanggan baru.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

Tentukan Strategi Branding dengan Tepat

loader
Strategi branding

Untuk mengembangkan bisnis kopi menjadi lebih maksimal dari sebelumnya, maka pastikan kamu melakukan penguatan terhadap brand bisnis tersebut. Jika brand bisnis semakin kuat, maka secara otomatis skala bisnis kamu juga akan semakin meningkat dan menjadi besar. 

Hal ini tentu tidak bisa dicapai dengan cara instan, apalagi di dalam bisnis ini kamu memiliki banyak kompetitor juga. Pilih cara yang tepat dan sesuai dengan kondisi bisnis, agar branding yang dilakukan bisa memberikan dampak positif yang signifikan.

Berikut ini adalah beberapa cara jitu yang bisa dilakukan untuk branding bisnis kopi: 

1. Tentukan Target Bisnis yang Baru 

Di dalam bisnis, sudah pasti kamu memiliki target yang akan dicapai. Target ini bisa saja berupa target bulanan, bahkan target tahunan untuk jangka yang lebih panjang. 

Akan tetapi, jika ingin melakukan branding pada bisnis kopi, kamu wajib menentukan target yang baru. Apa yang hendak dicapai dalam branding ini dan bagaimana cara mencapainya?

Penentuan target baru ini bisa saja berkaitan dengan banyak hal di dalam bisnis kopimu. Misalnya, menambah jumlah pelanggan, mengubah segmen pasar, memperluas jangkauan bisnis, dan yang lainnya. 

Berbagai alasan ini bisa menjadi salah satu kesempatanmu untuk memperkuat brand itu sendiri. Hal ini tentu harus disesuaikan dengan kondisi terkini dari bisnis yang dijalankan. 

Misalnya: 

Jika ingin memperkenalkan bisnis kopimu di sebuah lokasi yang baru, maka kamu bisa melakukan branding di tempat tersebut dengan cara mengadakan sebuah event yang menarik. 

Atau, jika kamu ingin mengembangkan bisnis kopi dengan menciptakan beberapa varian kopi yang baru, kamu bisa memanfaatkan berbagai media untuk melakukan promosi secara besar-besaran. 

Baca Juga: Suka Minum Kopi Tuku? Inilah Perjalanan Bisnisnya yang Menginspirasi

2. Tentukan Karakteristik dari Brand Kopi

Karakter juga menjadi poin penting dalam proses branding. Hal ini berlaku dalam semua bisnis, termasuk bisnis kopi. Cara untuk menentukan karakter ini juga akan berpengaruh langsung pada target bisnis, yakni pelanggan yang dituju. 

Hal ini bisa dilihat pada beberapa produk yang identik dengan wilayah (kota) tertentu atau bahkan dengan sosok tokoh tertentu. Kamu tidak akan sulit untuk menentukan karakter ini, jika sejak awal kamu sudah menentukan segmen pasar yang tepat.

Misalnya: 

Jika segmen pasar kamu adalah para anak muda yang aktif dan produktif, maka kamu harus menciptakan branding yang identik dengan hal tersebut. Kamu perlu menampilkan brand ini melalui hal-hal yang disukai anak muda, terutama hal-hal yang bersifat positif. Ini akan menimbulkan penguatan karakter pada brand bisnis. 

3. Tentukan Konten Branding yang Tepat

Kesuksesan branding juga akan sangat ditentukan oleh konten yang dipakai. Hal ini berkaitan dengan pemilihan merek, logo, dan yang lainnya. Pada dasarnya, semakin menarik sebuah brand, maka akan semakin mudah juga orang menyukainya. 

Buat logo atau brand yang simpel dan mudah diingat. Pemilihan ukuran dan jenis font, warna dan hal lainnya tentu akan sangat berperan dalam urusan yang satu ini. Selain itu, juga perlu membuat brand dengan menggunakan kombinasi kata yang tepat dan sesuai untuk bisnis tersebut.

Baca Juga: Daftar Minuman Kekinian yang Bisa Ubah Bad Mood Jadi Good Mood, Cobain Yuk!

Tingkatkan Cara Branding Sesuai Zamannya

Bagi kamu yang memiliki bisnis kopi, tentu paham betul bagaimana ketatnya persaingan dalam bisnis yang satu ini. Pastikan kamu terus meningkatkan branding dengan maksimal, agar bisnis kopi tetap bisa bertahan. Lakukan branding dengan cara yang tepat dan sesuai zamannya seperti memanfaatkan sosial media dengan video-video menarik, challenge dan sebagainya. Dengan begitu, penjualan bisnis kopi bisa selalu meningkat dan mendatangkan banyak keuntungan.

Baca Juga: 6 Bisnis Franchise Es Kopi Susu yang Lagi Hits, Modal Mulai dari Rp 5 Jutaan