5 Kriteria ini Wajib Anda Punya bila Ingin Jadi Pemimpin

Menjadi seorang pemimpin adalah impian banyak orang, Anda mungkin termasuk salah satunya. Setiap orang pun sejatinya mampu untuk bisa menjadi seorang pemimpin.

Sayangnya, tidak semua orang bisa benar-benar jadi pemimpin. Pada kenyataannya, menjadi seorang pemimpin yang baik itu tidak hanya sekadar tekad yang tinggi.

Lebih jauh lagi, seorang pemimpin sejati haruslah didukung sejumlah kriteria tertentu yang didapat dari proses yang panjang dan konsisten. Lalu, apa saja kiranya kriteria ideal bagi seorang pemimpin?

Nah, Anda para calon pemimpin masa depan, wajib memiliki kriteria berikut ini. Apa sajakah itu? Simak ulasannya.

1. Punya Manajemen yang Baik untuk Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Kriteria pertama dari yang harus Anda punya untuk bisa menjadi seorang pemimpin baik adalah bisa mengatur diri sendiri dengan baik. Ya, sebelum bisa memimpin orang lain, tentunya Anda harus bisa memimpin diri Anda sendiri terlebih dahulu, bukan?

Jika untuk memimpin diri sendiri saja sudah gagal, bagaimana memimpin dan mengatur orang lain? Aturlah berbagai aspek fundamental dalam diri Anda, mulai dari waktu, perhatian, hingga emosi diri.

Secara paralel, cari tahu terus apa yang jadi kekuatan, kelemahan, dan potensi yang Anda punya. Dengan begitu, timbul harmoni dalam diri Anda, yang mana tentunya akan sangat berdampak positif bagi upaya untuk sampai di predikat ‘pemimpin ideal’.

Intinya, Anda harus bisa mengontrol dan disiplin terhadap semua tindakan yang dilakukan, di samping Anda juga harus menjauhi yang namanya sifat kaku serta tidak fleksibel, karena itu malah akan tambah menyusahkan Anda.