5 Langkah Mudah Memulai Bisnis Kebaya Wisuda dengan Sukses

KOMPAS.com - Kebaya menjadi salah satu jenis busana yang sangat banyak diminati di tanah air. Bukan hanya ibu-ibu dan orang tua saja, kebaya juga kini sudah sangat diminati oleh anak muda.

Ada banyak jenis kebaya yang hadir dalam tampilan yang lebih moderen dan sederhana, salah satunya kebaya wisuda. Jenis kebaya yang satu ini biasanya secara khusus memang dibuat untuk anak muda yang selalu ingin tampil anggun dan elegan.

Permintaan akan kebaya wisuda terus meningkat setiap tahunnya dan ini tentu menjadi peluang bisnis yang sangat baik. Jika kamu ingin segera terjun ke dunia bisnis fashion, maka tidak ada salahnya menjadikan kebaya wisuda sebagai pilihan.

Bukan hanya menarik, bisnis yang satu ini bisa memberikan banyak keuntungan untukmu. Segera rencanakan dan bangun bisnis kebaya wisuda ini dengan langkah yang tepat. Berikut ini adalah beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk membangun bisnis kebaya wisuda dengan sukses, seperti dikutip dari cermati.com:

1. Pilih sumber kabaya yang tepat

Hal pertama yang wajib dipikirkan untuk membangun bisnis ini adalah dari mana dan bagaimana kamu akan mendapatkan produk tersebut. Jika memiliki kemampuan yang baik dalam mendesain dan menjahit, maka membuat kebaya sendiri bisa menjadi pertimbangan yang tepat.

Cara ini akan memungkinkan kamu lebih leluasa untuk berkreasi dan menghasilkan berbagai kebaya yang unik dan cantik. Namun jika dirasa langkah di atas tidak mungkin dilakukan, maka bekerjasama dengan pihak lain bisa menjadi pertimbangan.

Carilah supplier yang bisa membuat kebaya, tentunya yang sesuai dengan pesanan darimu. Lakukan riset dan temukan supplier terbaik dan bisa diajak bekerjasama secara profesional. Ada banyak hal yang perlu didiskusikan pertama sejak awal, seperti, harga, jenis bahan, proses pengerjaan, dan yang lainnya.

2. Gunakan media penjualan yang tepat

Hal selanjutnya yang harus dipertimbangkan adalah di mana dan bagaimana kamu akan menjual kebaya wisuda tersebut. Jika berniat membuka toko kebaya konvensional, maka mencari lokasi yang tepat tentu menjadi kebutuhan tersendiri.

Selain membuat desain toko yang menarik dan nyaman juga tak kalah pentingnya. Hal ini tentu membutuhkan proses dan budget yang tidak sedikit.

Namun jika tertarik melakukan penjualan secara online, maka pilih media penjualan yang paling tepat untuk bisnis tersebut. Menggunakan Instagram bisa menjadi pertimbangan, sebab kebanyakan anak muda senang mengakses media sosial yang satu ini.

Selain itu, membangun website bisnis yang profesional juga tak ada salahnya, agar bisnis kebaya wisusa ini bisa dijalakan dengan lebih maksimal.

3. Pajang produk dan berikan deskripsi yang jelas

Mulai aktivitas bisnis dengan memajang produk kebaya yang akan ditawarkan pada pelanggan. Kamu bisa memanfaatkan media sosial dan melakukan launching bisnis secara profesional di sana. Buatlah konten yang berkualitas dan suguhkan di waktu yang tepat, ada banyak audiens yang melihatnya.

Pada tahap awal ini, sangat penting untuk menawarkan produk kebaya yang berkualitas dan menarik. Selain di media sosial, pajang juga produk berupa katalog di website bisnismu tersebut.

Jangan lupa untuk membuat deskripsi produk dengan jelas, agar calon pelanggan bisa memahami detail setiap produk dengan tepat. Setidaknya ada beberapa poin penting yang wajib dijelaskan, seperti ukuran kebaya, jenis bahan dan yang lainnya.

Jika ingin mendapatkan respon dari audiens, maka tidak ada salahnya untuk menyembunyikan harga produk terlebih dahulu, agar mereka mengirimkan DM dan memulai komunikasi terkait harga tersebut.

Baca juga : 4 Ide Bisnis Fashion Wanita yang Laku di Pasaran

4. Tawarkan kepada konsumen yang tepat

Jika prouk dan katalognya sudah siap, maka sudah saatnya menawarkan kebaya tersebut kepada calon konsumen. Pastikan kamu menyasar calon konsumen yang tepat dan berpotensi menghasilkan penjualan.

Lakukan penawaran ini kepada orang-orang terdekat terlebih dahulu, seperti teman dan juga keluarga dekat lainnya. Promosikan bisnismu dengan cara tepat kepada mereka.

Jika memungkinkan, tidak ada salahnya untuk memberi potongan harga atau bahkan sample gratis. Hal ini akan memungkinkan bisnis tersebut mendapatkan review baik pada website atau media sosial. Ini bisa menjadi salah satu langkah mendapatkan respon positif dari para calon pelanggan lainnya di luar sana.

5. Gunakan kemasan yang baik dan unik

Kemasan selalu menjadi poin penting dalam bisnis, begitu juga dalam bisnis kebaya wisuda ini. Hindari untuk menggunakan kemasan yang apa adanya saja, seperti kantong plastik yang biasa digunakan pedagang sayur.

Bukan hanya tidak kelihatan estetik, kemasan yang seperti ini juga bisa membuat kebaya berantakan atau bahkan rusak dalam pengiriman. Gunakan kemasan yang layak dan tepat, agar produk tetap terlihat bagus ketika tiba di tangan pelanggan.

Jika tidak mugkin menggunakan kemasan kotak, maka setidaknya gunakanlah paper bag. Pesan dan sablon kemasan ini sesuai dengan nama bisnismu, agar terlihat cantik dan berkesan profesional. Membuka bisnis kebaya wisuda bisa menjadi pilihan untuk kamu yang tertarik terjun ke bisnis fashion.

Permintaan produk ini terbilang sangat tinggi, bahkan meningkat setiap tahunnya. Segera rencanakan dan mulai bisnis ini dengan langkah yang tepat, agar bisa berjalan sukses ke depannya.