5 Nasehat dari Tokoh Dunia untuk Anak Muda yang Ingin Sukses

Setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda mengenai kesuksesan. Bahkan cara meraih sukses yang dilakukan setiap orang pun berbeda. Meski begitu, kita tidak boleh menutup diri pada nasehat yang diberikan oleh orang-orang yang sudah menikmati kesuksesan itu terlebih dahulu.

Nasehat ini justru menjadi suatu keuntungan tersendiri yang dapat kita jadikan sebagai motivasi untuk meraih kesuksesan diri sendiri di masa mendatang.

Di antara sekian banyak nama orang sukses yang ada di dunia, 5 nama ini punya nasehat bagus bagi kita, kaum milenial. Semoga nasehatnya bisa kita jadikan sebagai bahan introspeksi diri yang senantiasa akan menuntun kita pada kesuksesan, ya!

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Oprah Winfrey

oprah winfrey

Popularitas Oprah Winfrey tidak didapatkannya dalam semalam saja. Butuh waktu berpuluh-puluh tahun agar dirinya bisa sukses seperti sekarang. Lahir dari latar belakang keluarga yang kurang mampu tidak menjadikan Oprah putus asa. Justru kondisinya itu memberinya semangat untuk terus maju menggapai mimpi-mimpinya. 

Kuncinya adalah lakukan sesuatu yang sesuai dengan passion. Ketika kita menyukai apa yang dikerjakan, kita tidak akan pernah merasa capek apalagi putus asa saat apa yang dikerjakan itu tidak mendatangkan hasil maksimal. Justru itu akan semakin menambah rasa penasaran kita untuk semakin mengetahui keterbatasan yang membuat apa yang dikerjakan gagal.

Selain kesuksesan materi, bekerja dengan passion juga akan mengantarkan kita pada kebahagiaan dan kecukupan dalam hidup. Kita tidak akan pernah merasa kekurangan karena kita sudah punya semuanya.

Baca Juga: Jadi Inspirasi, ini Kisah 6 Anak Muda Indonesia yang Sukses Sebelum 20 Tahun

2. Gary Vaynerchuk

gary vaynerchuk

Bagi yang belum mengenal sosoknya, Gary adalah seorang wirausaha, penulis, sekaligus pembicara yang cukup outspoken. Perjalanan karirnya dimulai dari keinginannya untuk mengambil alih usaha wine milik ayahnya. Lewat kemampuannya di bidang advertising, usaha ini berkembang pesat dan berhasil meraup keuntungan 20 kali lipat lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. 

Bagi Gary, ada dua kunci utama yang akan membawa kita pada kesuksesan, yaitu selfishness dan gratitude. Selfish menurut versi Gary bukan mengarah pada ketamakan materi ataupun hal-hal yang bisa merugikan orang lain, melainkan selfish pada waktu yang kita miliki saat ini. Dimana kita tidak boleh menyia-nyiakan waktu, melainkan memanfaatkan waktu ini untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Di samping itu, kita juga tak boleh lupa bersyukur atas apa yang kita miliki saat ini. Meskipun situasi dan kondisi membuat kita merasa terpuruk, tetaplah bersyukur. Dengan bersyukur, jiwa dan raga kita terasa tenang dan damai. Kita pun akan segera melupakan keterpurukan ini dan terus melangkah.

3. Ellen Degeneres

Ellen Degeners

Ellen mengawali karier-nya lewat perannya dalam film yang dibintanginya tahun 90-an silam. Setelah itu, dia melebarkan sayap menjadi seorang comedian sekaligus pembawa acara. Perjalanan karier Ellen tidak semulus apa yang diharapkan. Pada tahun 1997, karier-nya mulai meredup karena pengakuannya sendiri yang mengatakan kalau dia menyukai sesama jenis. Rasa takut dan stress pun dialami Ellen kala itu, namun dirinya tak berhenti berkarya hingga bisa sukses seperti sekarang.

Ellen mengaku kalau kesuksesan yang dicapainya ini berasal dari kemauannya untuk jujur pada diri sendiri dan selalu bersikap positif. Jujur disini tidak hanya berani mengatakan apa yang kita inginkan, tetapi juga berani menerima diri kita apa adanya.

Baca Juga: Kisah Sukses Itzy, Girlband KPop Terkini yang Dongkrak Pendapatan JYP Entertainment 

4. Ashley Graham

ashley graham

Untuk bisa menjadi model, seseorang harus memiliki bentuk badan yang proporsional. Namun, hal ini tidak berlaku bagi Ashley Graham. Kehadirannya di dunia fashion berhasil membuat gebrakan terbaru, dimana seorang model tidak lagi harus kurus, tinggi semampai, dan memiliki kaki yang jenjang. Kini siapapun bisa menjalani profesi ini tanpa harus memperdulikan bentuk badan.

Menurut Ashley Graham, ketidaksempurnaan yang dimilikinya lah yang berhasil membuat dirinya sukses seperti sekarang. Selain berprofesi sebagai model plus size, Ashley Graham juga berprofesi sebagai seorang Youtuber, aktris, dan aktivis. 

Dalam sebuah wawancara, Ashley berpesan untuk tidak membiarkan orang lain mengatakan kalau kita tidak bisa. Kita bisa menjadi apapun yang kita inginkan asal kita mau menerima diri kita yang sebenarnya, dan tentunya menjadi autentik. Cukup sederhana, bukan? 

5. Nick Vujicic

nick vujicic

Lahir dengan keterbatasan fisik bukan menjadi suatu penghambat untuk berkarya, setidaknya bagi pria asal Australia yang satu ini.

Meski dirinya kerap kali diejek bahkan ditertawai karena dirinya lahir tanpa tangan dan kaki, dia tak pernah malu apalagi mencoba melakukan hal-hal konyol, seperti bunuh diri. Justru sebaliknya, Nick tetap bersyukur karena telah diberi kesempatan untuk menikmati alam ciptaan ini.

Nick selalu berpesan agar kita tidak mudah menyerah pada keadaan. Kita bisa melakukan apapun yang kita mau dan menjadi apapun yang kita inginkan. Kita hanya perlu mengubah mindset atau cara pikir agar hal itu bisa terwujud. 

Selain itu, Nick juga meminta kita untuk saling menghargai satu sama lain. Sebab, tidak ada seorang pun yang ingin dilahirkan dengan ketidaksempurnaan. 

Jangan Mengabaikan Nasehat

Sejatinya, kita memang tidak boleh mengabaikan nasehat yang disampaikan kepada kita. Karena setiap kalimat yang ada dalam nasehat ini bukan sekedar omong kosong, tetapi memiliki makna yang bisa membawa kita ke jalan terang menuju kesuksesan.

Baca Juga: Inspiring! Sering Dikomentari, Begini Kisah Perjuangan Panjang Lisa Blackpink Meraih Kesuksesan