Jadi Inspirasi, ini Kisah 6 Anak Muda Indonesia yang Sukses Sebelum 20 Tahun

Saat ini, usia bukan lagi patokan untuk menilai kesuksesan seseorang. Dari hari ke hari, semakin banyak anak muda yang berhasil mewujudkan sukses di berbagai bidang, padahal usianya terbilang masih seumur biji jagung.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa nama anak muda yang sudah mendulang sukses dan ini tentunya bisa menjadi inspirasi untuk anak muda lainnya. Siapa sajakah orang-orang tersebut? Simak ulasannya berikut ini yang telah Cermati.com dari berbagai sumber.

Anda Bingung Cari Produk Kredit Tanpa Agunan Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk KTA Terbaik! 

1. Putri Tanjung

View this post on Instagram

A post shared by Putri Indahsari Tanjung (@putri_tanjung) on

Peribahasa yang berbunyi buah jatuh tidak akan jauh dari pohonnya benar-benar terjadi pada sosok Putri Tanjung. Anak perempuan dari Chairul Tanjung ini berhasil menuai sukses dari bisnis Event Organizer (EO) saat usianya masih 15 tahun. Kecintaannya pada proses pembuatan acara menjadi daya tarik yang mendorong putri untuk membuka bisnis EO. 

Bisnis EO yang digeluti Putri saat ini diberi nama Creativepreneur Event Creator, dan telah sukses bekerjasama dengan banyak pengusaha dalam menggelar acara. Pada tahun 2018, Putri memutuskan untuk melakukan ekspansi bisnis yang targetnya adalah anak milenial.

2. Almeyda Nayara Alzier

View this post on Instagram

A post shared by Official Acc Of ALMEYDA NAYARA (@nayaslime18) on

Darah cantik kelahiran Tangerang, 18 April 2007 ini tidak boleh dipandang sebelah mata. Saat usianya masih 9 tahun, Naya mampu menghasilkan pundi-pundi sebesar puluhan juta per bulan melalui bisnis slime miliknya. 

Kesuksesannya dalam bisnis ini bermula dari acara entrepreneur day yang diadakan di sekolahnya. Kala itu, Naya memilih untuk menjual slime yang dikreasikan dalam berbagai bentuk. Siapa sangka, slime buatan gadis cantik ini langsung ludes dalam acara tersebut.

Pada tahun 2019, Naya juga sukses menerbitkan sebuah buku yang berjudul Think Happy, Stay Happy. Buku ini berisi tentang mimpi kebanyakan anak kecil, termasuk Naya di dalamnya. Buku ini juga mengajarkan agar anak-anak tetap semangat dalam menggapai mimpinya.

Baca Juga: Anak Muda Perlu Tahu! ini Mitos, Fakta hingga Kunci Raih Kesuksesan

3. Valerie Thomas

View this post on Instagram

A post shared by Valerie (@valerieethomas) on

Putri dari Jeremy dan Ina Thomas ini juga tak kalah hebat dalam dunia bisnis. Gadis yang akan memasuki usia 21 pada tahun 2020 ini telah sukses dengan bisnis lipstiknya yang diberi label VAL. Lipstik matte buatannya cukup diminati oleh kalangan muda, karena sesuai dengan tren saat ini. Warna-warnanya juga sangat menggoda dan up to date.

Menariknya lagi, produk lipstik VAL tidak hanya dipakai oleh kaum awam saja, tetapi juga oleh kalangan artis. Tak heran kalau penjualannya terus meningkat, begitu juga dengan keuntungan yang diperoleh Valerie selaku pemiliknya. 

4. Hamzah Izzulhaq 

Hamzah Izzulhaq
Hamzah Izzulhaq via warta ekonomi

Jiwa wirausaha yang dimiliki oleh Hamzah Izzulhaq sejak kecil ternyata membawa sukses baginya di usia muda. Usaha bimbingan belajar (bimbel) yang didirikannya tahun 2011 silam berkembang dengan pesat. Bahkan sekarang, usaha yang dimilikinya tidak hanya bimbel saja, tetapi juga usaha kerajinan sofa dengan merek Pikanto, dan beberapa usaha kecil-kecilan lain di Jawa Barat.

Pria kelahiran Jakarta, 26 April 1993 mengaku kalau wirausaha sudah menjadi bagian dari gaya hidup semua orang, termasuk dirinya sendiri. Hal ini lah yang membuat Hamzah selalu pede saat mengerjakan apapun.

5. Dea Valencia

View this post on Instagram

A post shared by Dea Valencia (@deavalencia) on

Banyak yang berkata kalau batik membuat penampilan terlihat tua. Statement ini lah yang akhirnya mendorong seorang Dea Valencia untuk membuka bisnis batik yang disebut Batik Kultur. Tidak seperti batik pada umumnya, Batik Kultur menawarkan desain yang sesuai dengan jiwa anak muda. Jadi, anak muda tidak perlu takut penampilannya kelihatan tua atau berumur saat memakainya.

Kesuksesan usaha batik milik Dea bisa dilihat dari banyaknya permintaan batik dan outlet yang sudah berhasil didirikannya. Begitu juga dengan omzet yang dihasilkan Batik Kultur yang bisa mencapai ratusan juta per bulan.

Baca Juga: Rahasia Nyata Dibalik Cara Hidup Sukses di Usia Muda

6. Wirda Mansur

View this post on Instagram

A post shared by 𝐖 𝐢 𝐫 𝐝 𝐚 𝐌 𝐚 𝐧 𝐬 𝐮 𝐫 (@wirda_mansur) on

Setelah sukses membantu bisnis milik sang ayah, Ustadz Yusuf Mansur, Wirda pun memutuskan untuk membuka bisnisnya sendiri. Tidak tanggung-tanggung, bisnis yang didirikannya juga sudah berbentuk PT yang diberi nama PT Wirdamae Grup Indonesia. Wirda juga membuka bisnis kosmetik yang diberi nama Wake Up Make Up yang menyosor pasar kaum muda.

Selain sukses berbisnis, Wirda juga mempunyai prestasi pendidikan yang tak kalah hebat. Saat ini, dirinya dikabarkan sedang menempuh Pendidikan Ekonomi di Oxford University, London. 

Ciptakan Karya Sejak Dini

Kisah anak muda di atas menjadi bukti kalau sukses itu tak perlu menunggu saat usia sudah tua. Justru di usia muda seperti ini adalah waktu yang paling tepat bagi anak muda untuk berkarya dan melihat peluang. Karena sesuatu yang dimulai sejak dini, tentunya akan mendatangkan hasil sangat bagus di masa mendatang. Yang terpenting, ciptakan karya sesuai dengan passion agar hasilnya bisa lebih maksimal.

Baca Juga: Orang Tionghoa Selalu Sukses Berbisnis, Simak Rahasianya!