5 Skill yang Bisa Diasah di Rumah selama Masa Pandemi

Setahun lebih kita ada di masa pandemi Covid-19, berbagai perubahan tentu sudah cukup banyak dialami. Bukan hanya terkait pekerjaan, pada dasarnya hampir seluruh rutinitas juga mengalami perubahan yang besar. 

Jika dulu kamu leluasa beraktifitas di luar rumah, maka selama setahun belakangan hal tersebut tentu sudah sulit dilakukan. Menghabiskan jauh lebih banyak waktu di rumah, kamu mungkin saja kerap merasa jenuh dengan berbagai rutinitas. Pastikan kamu memiliki cara yang tepat untuk memanfaatkan waktu kamu dengan lebih berguna.

Jangan buang waktu di rumah dengan percuma, sebab hal ini justru bisa memicu kamu mengalami stres di masa pandemi ini. Jika kamu memiliki cukup banyak waktu luang, maka manfaatkan hal tersebut untuk mengasah skill kamu. 

Ada banyak keterampilan yang bisa dikuasai dengan mudah, bahkan tanpa perlu keluar rumah atau terhubung dengan orang lain kamu bisa mempelajari banyak hal secara online, sehingga kamu bisa memiliki berbagai skill yang baru. 

Bukan hanya memberikan kepuasan tersendiri, skill ini bahkan kelak bisa memberikan peluang untuk mendapatkan uang. 

Berikut ini adalah beberapa skill yang bisa diasah di rumah selama masa pandemi:  

Bingung cari Kartu Kredit Terbaik? Cermati punya solusinya!

Bandingkan Produk Kartu Kredit Terbaik!  

1. Memasak

loader

Di masa pandemi ini, kesehatan kamu menjadi poin penting yang tak bisa kamu abaikan. Kamu perlu mengkonsumsi berbagai makanan yang bergizi dan tentunya bersih. Ini akan menjadi waktu yang tepat bagi kamu untuk menyiapkan sendiri berbagai makanan yang kamu santap. 

Jika selama ini kamu merasa kemampuan memasak masih kurang maksimal, maka segera asah skill di bidang yang satu ini. 

Ada banyak kelas memasak yang bisa ditemukan secara online, bahkan gratis dan tidak dipungut biaya. Kamu juga bisa bereksperimen dengan berbagai menu yang menarik dan lezat, sehingga setiap harinya bisa menyiapkan menu-menu pilihan yang sesuai dengan selera sendiri. 

Hal ini tentu akan jauh lebih baik dan sehat, jika dibandingkan dengan ketika membeli makanan jadi dari luar. Selain itu, kamu juga bisa menghemat banyak uang keluar dan bisa mengalokasikan lebih banyak penghasilan ke dalam rekening tabungan. 

Baca Juga: 8 Tips Ngopi Hemat di Starbucks

2. Berkebun

loader

Tinggal di kawasan perkotaan atau tidak memiliki lahan yang luas, hal ini bukan lagi menjadi alasan untuk tidak memulai aktifitas yang satu ini. Saat ini kamu bisa menerapkan metode urban farming, yaitu metode pertanian yang dilakukan dengan cara berkebun pada area terbatas. 

Kamu bisa berkebun dengan menggunakan media tanam yang tidak menghabiskan banyak tempat, seperti pot bersusun atau bahkan media tanam hidroponik yang simpel. 

Meski terlihat sederhana, berkebun menjadi begitu populer dan banyak diminati selama setahun belakangan ini. Aktivitas yang satu ini akan menjadi hal menyenangkan, bahkan bisa mengurangi tingkat stres kamu selama masa pandemi. 

Asah skill di bidang yang satu ini secara maksimal, kamu bisa mempelajari banyak hal terkait berkebun ini secara online atau bahkan secara otodidak.   

3. Do It Yourself (DIY)

loader

Jika kamu senang dengan berbagai pernak-pernik yang lucu dan unik, maka aktivitas yang satu ini akan menjadi pilihan yang tepat. Kamu bisa mengasah keterampilan dalam berbagai hal, mulai dari melukis, membuat kerajinan dari kertas, dan yang lainnya. 

Kamu bisa mempelajari semua ini dengan mudah, sebab ada banyak video tutorial tentang DIY yang bisa ditemukan secara online. Selain mengisi waktu luang, skill yang satu ini juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan berbagai karya unik untuk mempercantik rumah.

4. Bahasa asing

loader

Belajar bahasa asing menjadi salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan selama masa pandemi. Kamu tak perlu keluar rumah, sebab ada banyak kelas online yang bisa kamu ikuti dengan mudah. 

Jika ingin cara yang lebih santai dan menyenangkan, kamu bahkan bisa belajar bahasa asing dengan cara menonton berbagai tayangan berbahasa asing. Pilih bahasa asing yang tepat dan tentunya kelak akan berguna, agar aktifitas yang satu ini lebih menantang dan bermanfaat untuk dinikmati. 

Baca Juga: 7 Hal yang Anda Butuhkan Saat Dilanda Kebosanan

5. Editing dan juga desain 

loader

Ini khusus untuk yang senang nge-vlog, membuat podcast atau bahkan aktif di media sosial. Asah kemampuan dalam editing dan juga desain, sehingga bisa menghasilkan video maupun audio yang berkualitas untuk konten-konten kamu tersebut. 

Saat ini kamu bisa mempelajari skill ini dengan cepat melalui berbagai video tutorial yang mudah ditemukan di YouTube. Selain itu, kamu juga akan dimudahkan dengan berbagai aplikasi yang kini sudah bisa diunduh dan digunakan dengan leluasa. 

Dapatkan Skill yang Baru selama Masa Pandemi

Masa pandemi tentu membuat kamu lebih banyak di rumah dan memiliki lebih banyak waktu luang. Jangan khawatir, kamu bisa memanfaatkan waktu dengan mengasah skill kamu menjadi lebih baik lagi.  Nikmati waktu kamu dengan lebih bermanfaat dan asah skill kamu, agar bisa memiliki berbagai keterampilan berguna yang kelak bisa kamu manfaatkan tentunya. 

Baca Juga:  Ingin Menekuni Bisnis Sesuai Hobi? Simak Kiatnya