5 Strategi Bisnis Ampuh untuk Hadapi Persaingan Era Digital

KOMPAS.com - Era digital memang memberikan banyak sekali peluang dan keuntungan yang bisa diperoleh. Salah satunya yaitu terbukanya potensi perdagangan berskala nasional hingga internasional.

Meskipun memberikan banyak peluang, namun ada tantangan baru yang perlu diantisipasi di era saat ini, salah satunya soal persaingan. Di era seperti sekarang ini, persaingan menjadi lebih berat karena jumlah kompetitor semakin banyak.

Oleh sebab itu, Anda membutuhkan strategi bisnis yang jitu agar mampu menghadapi persaingan dan memenangkannya. Berikut ini beberapa strategi bisnis yang cukup efektif dalam menghadapi persaingan bisnis era digital dilansir dari Cermati.com:

1. Manfaatkan Kemajuan Teknologi

Kemajuan teknologi yang begitu pesat menjadi salah satu tanda masuknya kita ke era digital. Jika ingin bersaing dengan kompetitor, maka Anda harus memanfaatkan teknologi dan digitalisasi. Apalagi jika kompetitor sudah memakai kecanggihan teknologi informasi, sulit untuk mengalahkannya jika tidak menggunakannya juga.

Teknologi diciptakan untuk mempermudah segala pekerjaan manusia, sehingga, sudah sepatutnya teknologi dimanfaatkan dalam bidang bekerja. Contoh penerapan teknologi di bidang bisnis cukup banyak. Mulai dari menggunakan internet untuk melakukan pemasaran, memakai aplikasi komputer untuk pembukuan, dan lain sebagainya.

2. Gunakan Media Sosial

Media sosial merupakan platform yang sangat populer, bukan hanya di Indonesia tapi juga berskala dunia. Bahkan sebagian besar masyarakat dunia sudah menggunakan internet untuk mengakses media sosial. Mulai dari Twitter, Facebook, Instagram, TikTok, dan lain sebagainya.

Hal tersebut harus dimanfaatkan untuk mendukung perkembangan bisnis, terutama dalam hal pemasaran secara online. Banyak keuntungan pemasaran di media sosial, mulai dari murah, mudah, dan efektif. Tidak harus punya keahlian khusus ketika ingin memakai media sosial untuk kepentingan bisnis. Semua orang bisa memakainya untuk memasarkan produk.

Kunci utama pemasaran melalui media sosial adalah rajin dan konsisten. Jangan lupa manfaatkan fitur-fiturnya agar lebih efektif dan efisien.

3. Lakukan Pemasaran Digital

Pemasaran bisnis tidak cukup hanya melalui media sosial saja. Anda perlu melakukan pemasaran digital atau digital marketing secara lebih luas. Dengan begitu, perkembangan bisnis akan lebih pesat dibandingkan hanya memanfaatkan media sosial saja.

Digital marketing ada banyak jenisnya mulai dari menerapkan SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing), content production, email marketing, dan masih banyak yang lainnya. Pemasaran media sosial sebenarnya juga termasuk dari pemasaran digital.

Tidak harus semua jenis pemasaran dilakukan. Pilih pemasaran yang sekiranya sesuai dengan target pasar. Pasalnya jika semuanya dilakukan, maka budget yang dibutuhkan juga sangat besar.

Apabila masih belum bisa melakukan pemasaran digital sendiri, Anda bisa bekerja sama dengan agensi digital. Agensi satu ini bertugas memberikan layanan yang berhubungan dengan digital marketing.

4. Gunakan Aplikasi atau Software

Sekarang ada banyak sekali aplikasi yang bisa membantu pekerjaan dan bisnis. Mulai dari aplikasi akuntansi, aplikasi administrasi, aplikasi editing, dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut berhubungan dengan proses bisnis.

Jika ingin bersaing, maka Anda juga harus mampu menggunakan beberapa aplikasi tersebut untuk kepentingan bisnis. Jadi manfaatkan aplikasi untuk membantu proses bisnis. Keuntungan memakai aplikasi yaitu hemat waktu, biaya, dan tentunya hemat tenaga. Cari aplikasi terbaik yang bisa mengoptimalkan bisnis meskipun harus berlangganan.

5. Berikan Pelayanan Terbaik

Cara terbaik untuk bertahan di dunia bisnis adalah memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Walaupun sudah masuk ke era digital yang serba online, namun Anda tetap wajib memberikan layanan dan pelayanan terbaik. Contohnya jika pengiriman produk dilakukan secara online, maka Anda harus mengemasnya dengan baik agar barang aman sampai tujuan. Selain itu, jangan lupa untuk selalu fast respond dalam membalas chat maupun komplain dari pelanggan.

Jika pelanggan memiliki pengalaman belanja yang menyenangkan, maka mereka akan merekomendasikannya kepada orang lain. Bukankah, ini baik untuk perkembangan bisnis di masa mendatang?

Baca juga: 7 Strategi Pemasaran agar Bisnis Kesehatan Berkembang Pesat

6. Pertimbangkan Soal Mobile Friendly

Apakah berniat membuka toko online untuk bersaing di era digital? Jangan lupa untuk mempertimbangkan pengguna smartphone. Pasalnya pengguna smartphone lebih banyak dibandingkan dengan jenis device lainnya.

Ketika membuat aplikasi atau toko online yang mobile friendly, maka mereka akan senang berbelanja karena tidak terganggu oleh tampilannya. Jangan lupa buat website yang nyaman dibuka di berbagai device, selalu update, memiliki tampilan fresh, dan tentu saja menarik dilihat.

7. Selalu Suguhkan Inovasi

Dunia bisnis selalu berkembang sehingga perubahan terjadi dengan sangat cepat. Setiap hari selalu ada trend terbaru yang perlu Anda ikuti. Jika terpaku pada hal-hal jadul, maka Anda akan ketinggalan. Anda harus selalu update pada tren terbaru.

Selanjutnya lakukan inovasi agar pelanggan tidak merasa bosan. Mengembangkan bisnis juga harus diimbangi dengan strategi yang tepat sesuai niche bisnis yang dijalankan. Terutama di era digital yang persaingannya terbilang cukup ketat. Beberapa strategi di atas bisa jadi referensi untuk diterapkan dalam bisnis.

Namun sebelum itu, Anda harus memperhatikan keadaan atau kondisi bisnis saat ini dengan analisis SWOT yang terdiri dari Strength atau kekuatan, Weakness atau kelemahan, Opportunities atau peluang, serta Threats atau ancaman, untuk hasil yang jauh lebih efektif dan efisien.