5 Tips Menjalankan Bisnis Bersama Pasangan agar Berjalan Lancar

KOMPAS.com - Menggandeng rekan bisnis menjadi sebuah pilihan untuk belajar membangun kerja sama dan berbagi tugas sesuai kemampuan demi mencapai tujuan usaha. Tak sedikit rekan bisnis yang dipilih adalah pasangan Anda sendiri, bukan lagi mitra seprofesi atau teman yang sudah lebih dulu dipercaya dalam bekerja.

Keputusan memilih pasangan menjadi rekan bisnis bisa jadi keputusan yang tepat. Namun, dibutuhkan beberapa hal agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar. Apalagi, bagi pasangan suami istri. Perlu memperhatikan beberapa hal agar urusan rumah tangga tidak terlibat dalam bisnis, begitu pula sebaliknya.

Simak ulasan tipsnya berikut ini, dilansir dari Cermati.com:

1. Pahami prioritas

Saat menjalankan bisnis bersama pasangan, sangat perlu untuk memahami hal mana yang dijadikan prioritas. Apakah hal yang dilakukan cukup diperlukan dalam bisnis atau hanya untuk kesenangan pribadi. Jika tak perlu atau bisa menimbulkan masalah di kemudian hari, akan lebih untuk dihindari terlebih dahulu.

2. Hilangkan ego

Karena menjalankan bisnis bersama pasangan, artinya akan ada dua pendapat yang perlu disatukan. Untuk menghindari pertengkaran, maka sangat perlu untuk menghilangkan ego masing-masing. Hargai pendapat dan diskusikan secara terbuka agar tidak terjadi kesalahpahaman yang bisa memicu permasalahan dalam bisnis maupun hubungan rumah tangga.

3. Pembagian tugas

Agar bisnis bersama pasangan berjalan lancar, sangat perlu untuk mengerti tugas dan peran masing-masing dalam pengelolaan bisnis. Pembagian tugas harus dilakukan secara adil dan sesuai dengan kemampuan. Ini perlu dilakukan agar tak timbul kecemburuan yang bisa memicu terjadinya hal yang tak diinginkan.

Baca juga: 5 Pilihan Bisnis yang Bisa Dicoba Bareng Pasangan

4. Disiplin

Meskipun dijalankan bersama pasangan, bisnis antara suami istri harus dijalankan secara disiplin dan penuh tanggung jawab. Pasalnya, kedua sikap tersebut akan berpengaruh pada berjalan atau tidaknya bisnis yang dilakukan. Jika dilakukan dengan seenaknya, maka tujuan bisnis pun tak akan bisa dicapai dengan mudah.

5. Saling menghargai

Selanjutnya, untuk membuat bisnis bersama pasangan berjalan lancar adalah harus memiliki sikap saling menghargai. Berikan apresiasi pada setiap usaha dan pencapaian yang dilakukan pasangan. Dengarkan pula pendapat maupun ide dari pasangan agar semakin memperkuat kekompakan.

Saat berperan sebagai rekan bisnis, pasangan suami istri bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus. Selain sebagai rekan kerja yang ingin menjalankan usaha dan meraup keuntungan melimpah, menjalankan bisnis bersama pasangan juga bisa membentuk kekompakan dan memperkuat ikatan. Pasalnya, ada banyak komunikasi yang dijalin dan tentunya akan berpengaruh pada kualitas dan keharmonisan hubungan.